Menu
genre film
News and Lifestyle

10 Genre Film buat Kamu Sang Movie-Goers

Ben Small Stars
Author
Ben
2022.03.28

Halo movie-goers! Apakah kamu tahu ada genre apa saja dalam film? Sudah menonton semua genre film tersebut? Yuk, ketahui lebih banyak tentang genre film yang kamu harus tahu!

Yuk, coba kelas demo GRATIS!*

Mau kursus di EF? Coba kelas demo gratis* di EF center terdekatmu!

Incorrect phone number
Daftar Sekarang!

Dengan menekan tombol Daftar Sekarang, Anda menyetujui Kebijakan Privasi EF serta bersedia menerima penawaran dari EF.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Menonton film adalah kegiatan seru yang dapat menjadi sarana hiburan dikala bosan. Selain itu, beberapa jenis film juga bersifat sebagai sarana edukasi untuk menyampaikan pesan atau maksud seperti film dokumenter, film budaya, dan sebagainya.

Di antara banyaknya genre film yang pernah ditonton, apakah kamu tahu genre dari film tersebut? Jika belum, yuk kita kenali 10 genre film di bawah ini!

1. Drama

film drama

Sesuai dengan namanya, genre ini mengisahkan tentang drama yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari, baik itu tentang hubungan romantis, kasih sayang keluarga, dan lain-lain.

Contoh dari film genre drama di antaranya adalah Dua Garis Biru, Bumi Manusia, Forest Gump, The Perks of Being a Wallflower, hingga Endless Love.

2. Comedy

film komedi

Apakah kamu suka genre film yang akan membawamu tertawa karena tingkah aktornya yang lucu? Jika iya, menonton genre film adalah kuncinya!

Genre film comedy adalah film yang paling sering dicari untuk melepas stres. Banyak sekali humor segar dalam film genre komedi. Meskipun sebagian humor tersebut diperlukan cara pikir yang lebih matang, biasanya penonton genre komedi ini sudah tahu maksudnya. Rekomendasi film komedi yang dapat kamu tonton di antaranya adalah The Hangover, Mr. Bean, Rush Hour, Susah Sinyal, dan Warkop DKI Reborn 3.

3. Horror

film horor

Bagi kamu yang ingin menguji nyali, yuk ikut nonton genre film horor!

Genre film horor menantang kamu yang tertarik dengan suasana yang menakutkan. Misalnya adalah film yang bercerita tentang hantu rumah kosong, atau hantu di rumah sakit, dan sebagainya.

Setelah menonton film horor biasanya kita akan ter bayangkan dengan kejadian di film itu. Beberapa contoh film horor yang dapat kamu tonton di antaranya adalah The Whole Truth, Kuntilanak, Danur, IT, hingga Makmum 2.

4. Action

film aksi

Siapa yang tidak pernah menonton film aksi? Ciri-ciri film yang memiliki genre aksi adalah adegan perkelahian antara pahlawan dan penjahat. Biasanya adegan tersebut adalah aksi dari peran utama yang ingin menyelamatkan dunia dengan kekuatannya.

Rekomendasi film genre aksi di antaranya yaitu film Spider-Man, Resident Evil, Fast & Furious, dan Underground.

5. Animation

film animasi

Film genre animasi bukan berarti selalu ditujukan untuk anak-anak saja. Film animasi juga bisa ditonton untuk setiap kalangan, termasuk orang dewasa. Film animasi yang paling keren dan harus kamu tonton di antaranya yaitu Sing 2, Ron’s Gone Wrong, dan Encanto.

6. Documenter

film dokumenter

Film genre dokumenter menyajikan video dokumentasi yang faktual dan diulas secara rinci. Beberapa contoh film dokumenter yaitu Leaving Neverland, Friends: The Reunion, The Art of Killing, American Murder, dan The Social Dilemma.

7. Fantasy

film fantasi

Pernah menonton film sulap, sihir, atau kekuatan supernatural yang sulit dipercaya di dunia nyata? Jika iya, itu berarti kamu sedang menonton film fantasi.

Film bergenre fantasi bukan hanya menyihir sesuatu di dalam cerita tersebut, tapi mampu menyihir penontonnya hingga kamu pun akan terpana dalam dunia fantasi. Contoh film fantasi yang paling terkenal yaitu Harry Potter.

8. Science Fiction (Sci-Fi)

film Science Fiction (sci-fi)

Berbeda dengan film genre fantasi, film sci-fi menyajikan plot cerita berdasarkan hasil penelitian ilmu sains dan teknologi yang sedang berkembang seperti manusia pada film Star Wars, Jurassic Park, Interstellar, Arrival, dan sebagainya.

9. Thriller

film thriller

Apakah kamu tahu apa perbedaan dari film horor dengan film thriller? Keduanya mungkin terlihat sama-sama menakutkan dan membuatmu terkejut karena adegan jumpscare. Akan tetapi pada film thriller ini lebih berfokus pada adegan yang menegangkan daripada sosok menyeramkan pada film horor.

Rekomendasi film thriller di antaranya adalah Breathe, Gone Girl, dan Get Out.

10. Musical

film musikal

Film genre musikal adalah film yang menyajikan banyak adegan menyanyi dan menari. Film musikan merupakan kombinasi dari lagu, tari, musik, dan koreografi yang disatukan menjadi film yang sangat menarik untuk ditonton. Beberapa film musikal yang wajib kamu tonton sekali dalam seumur hidup di antaranya adalah Pitch Perfect dan La La Land.

Berdasarkan 10 genre film di atas, genre film apa yang menjadi favoritmu? Mengisi waktu luang bukan hanya bisa kamu lakukan dengan menonton film saja loh. Kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk belajar bahasa Inggris di kelas demo GRATIS EF.

Penasaran ingin mencoba kelas gratis EF? Daftar sekarang juga! 😉

Ben Small Stars
Author
Ben