Gratis Tes Penempatan

Diskon s.d. 2,4 Juta!

Dan Kelas Percobaan Gratis

Ayo daftar sekarang!

Nama  
Telepon   

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Alamat Email   
Usia  
  • 3-6
  • 7-9
  • 10-14
  • 15-18 (SMA)
  • 18+
Kota
Area
DAFTAR SEKARANG
 
  •  
  •  


Penggunaan Either...Or dalam Bahasa Inggris

Pengertian Either dan Neither

 

Di dalam belajar bahasa Inggris Anda pasti pernah menemukan sebuah kosakata bahasa Inggris yang serupa namun memiliki cara penggunaan yang sangat berbeda satu dan yang lainnya.

Padahal untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sempurna, Anda harus memiliki pemahaman yang baik terhadap seluruh materi yang ada termasuk penggunaan kosakata tertentu dan bagaimana menggunakannya. Belajar bahasa Inggris memang memiliki banyak hal yang harus Anda pelajari, dan memang memiliki materi yang cukup banyak sehingga Anda tidak bisa melakukannya dalam sekejap. Namun, jika Anda belajar bahasa Inggris disertai komitmen, ketekunan dan kesabaran pasti lambat laun Anda akan merasakan hasil yang baik.

Salah satu kata yang sering digunakan dengan keliru adalah kata either dan neither. Banyak yang sering tertukar menggunakannya, padahal kedua kata ini digunakan untuk menjelaskan dua hal yang berbeda. Untuk itu, di sini akan kami bantu dalam membedakan cara menggunakan either dan neither di dalam kalimat bahasa inggris yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Pengertian Either

 

Kata either dalam bahasa Inggris digunakan setelah kata kerja yang berbentuk negatif. Kata ini juga digunakan untuk memberikan persetujuan terhadap sebuah pendapat negatif. Either juga bisa digunakan untuk menunjukkan sebuah pilihan dari dua opsi yang ada atau mengajukan dua pilihan. Jika belum memiliki pilihan dari dua opsi yang diajukan, Anda juga bisa menggunakan kosakata ini. Either jika ditemui oleh dua pilihan maka akan disatukan dengan kata ‘or’. 

Di dalam sebuah kalimat, ada empat bagian yang biasanya bisa menggunakan either, keempat bagian itu adalah sebagai pronoun (kata ganti), conjunction (kata penghubung), adjective (kata sifat), dan adverb (kata keterangan).

Saat digunakan sebagai kalimat adverbial, either memiliki arti ‘juga’. Namun, either memiliki makna yang berbeda digunakan sebagai pronoun, conjuction dan adjective, yaitu ‘salah satu’ atau ‘yang lainnya.’

Contoh :

Either one of the girls would make it to the final.

Kata either di atas berperan sebagai pronoun untuk kata ‘girls’. Kalimat di atas memiliki arti “Salah satu dari para perempuan itu akan masuk ke babak akhir.”

My friend offers me either going to Japan or skiing in Iceland for our graduation trip.

 

 

 

Pada kalimat di atas, either berfungsi sebagai conjunction atau kata penghubung diantara dua kalimat. Kalimat di atas memiliki arti “Temanku menawarkan pergi ke Jepang atau ski di Islandia untuk trip kelulusan kami nanti.”

 

Johnny can take either camera tomorrow.

 

Pada kalimat ini, either berfungsi sebagai adjective untuk menerankan bahwa Johnny dapat membawa kamera besok. Jika diartikan, kalimat diatas memiliki arti “Johnny bisa membawa kamera besok.”

 

Jerry seems not in a good mood, and you are not, either.

 

Jerry seperti sedang tidak dalam perasaan yang baik dan kamu juga tidak. Pada kalimar di atas, either berfungsi sebagai adverb yang memiliki arti ‘juga.’

 

Pengertian Neither

 

Kosakata ini digunakan untuk memberi persetujuan atau kesepakatan atas pernyataan negatif. Kosakata ini ditempatkan sebelum kata positif dan diikuti. Selain itu, kosakata ini bisa digunakan untuk menolak dua kemungkinan. Neither jika dihadapkan atas dua pilihan maka akan digabungkan dengan kata ‘nor’. 

Kebalikan dari either, kata neither digunakan untuk memberi persetujuan atau kesepakatan atas pernyataan negatif. Neither ditempatkan sebelum kata positif dan diikuti oleh kata kerja sebelum subjek.

Sama seperti either, neither di dalam kalimat juga bisa digunakan sebagai pronoun (kata ganti), conjunction (kata penghubung), adjective (kata sifat), dan adverb (kata keterangan). Penggunaan neither sebagai pronoun, conjunction, atau adjective dalam kalimat mengandung makna “bukan salah satu” atau “bukan juga yang lainnya”. Namun dalam kalimat adverbial, neither bermakna “tidak juga/tidak demikian”.

Contoh:

Neither of the football teams has arrived yet.

Dalam kalimat ini neither digunakan sebagai pronoun untuk menunjukkan kata “foods”, jika di artikan, kalimat ini memiliki arti, “tidak ada satupun tim sepak bola yang sudah datang.”

Sasha not coming out from her room since morning, but she neither slept nor study.

 

Kalimat di atas memiliki arti “Sasha tidak keluar dari kamarnya sejak pagi, tapi dia tidak tidur atau belajar.” Kata neither pada kalimat di atas memiliki fungsi sebagai conjuction. Kata neither menjadi penghubung di antara kalimat ‘dia tidak tidur’ dan ‘dia tidak belajar.’

Nayla feels sad after come home from the shopping. It seems neither dress at the mall fit her very well.

Jika melihat contoh kalimat di atas, neither memiliki peran sebagai adjective yang menerangkan bahwa tidak ada baju yang cocok untuk Nayla saat dia pergi belanja di mall. Jika di artikan, kalimat di atas memiliki arti ‘Nayle merasa sedih setelah pulang dari belanja. Sepertinya tidak ada baju yang sesuai dengan ukurannya di mall.’

Aris is not playing basketball, and neither am I.

Kalimat di atas memiliki arti “Aris tidak bermain sepak bola dan aku juga tidak.” Hal ini menunjukkan bahwa di dalam kalimat di atas, neither memiliki fungsi sebagai adverb yang menjelaskan bahwa Aris tidak bermain bola basket, maka saya juga tidak akan bermain.

 

Untuk menambah pemahaman Anda, mari berlatih soal di bawah ini:

  1. I’m not sure where he’s from. He’s …. American or British.
  2. I don’t like …. of the Lord of the Ring movies.
  3. …. of us can go to the party tonight.
  4. …. of them lives here
  5. You don’t like fried chicken, do you? I don’t ….
  6. Glenn didn’t do his homework and …. did Harris.
  7. ‘Do you want spicy food or sweet cakes?’ ‘….. I don’t mind.’
  8. …. Billy nor Doni attend the class yesterday.
  9. Do …. of you have any money I can borrow?
  10. I don’t want …. juice or smoothies

Jawaban:

  1. either
  2. either
  3. neither
  4. neither
  5. either
  6. neither
  7. either
  8. neither
  9. either
  10. either

KURSUS BAHASA INGGRIS EF ENGLISH FIRST

BERITA TERBARU

EF Small Stars
EF Luncurkan Inovasi Metode Belajar Bahasa Inggris Terkini
Jakarta - Pengembangan bahasa merupakan bagian penting dari perkembangan anak. Pada penelitian terba...
BACA LEBIH LANJUT

TEMUI GURU KAMI

ef brand video

 

MENGAPA MEMILIH EF?

Why choose EF
LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TERDEPAN
EF English First merupakan bagian dari EF Education First, sekolah pelatihan bahasa swasta terbesar di dunia, yang didirikan pada tahun 1965 dengan misi membuka dunia melalui pendidikan.
BACA LEBIH LANJUT

SAYA MAU BERTANYA

leave a question
Jika Anda punya pertanyaan, konsultan kursus kami akan dengan senang hati menghubungi Anda. Silahkan klik di sini dan tinggalkan pertanyaan Anda. Seseorang akan menghubungi Anda kembali.
TANYA SEKARANG

DAPATKAN PDF GRATIS

Terima kasih!

Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh "Tips Belajar Bahasa Inggris EF English First".

Mohon isi alamat email yang benar.

Pilih kota tempat Anda tinggal.

     

     

    Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut

    Pertanyaan Populer

    Berapakah biaya kursus di EF English First?

    Harga kursus tergantung pada tingkatan dan durasi kursus. Untuk informasi selengkapnya, silakan konsultasikan dengan konsultan kursus kami di sekolah EF English First terdekat.

    Kualifikasi apakah yang dimiliki guru EF English First?

    ami memiliki guru-guru berkualitas yang berasal dari negara penutur asli Inggris dan bersertifikat TEFL/TESOL/CELTA, serta guru lokal yang berpengalaman – untuk memberikan suasana belajar yang dinamis dan bertaraf internasional.

    Berapa lama durasi kursus di EF English First?

    Lama durasi kursus di EF English First berbeda untuk setiap jenis kursus. Mohon hubungi konsultan kursus kami untuk lebih jelasnya.

    Berapa banyak siswa dalam satu kelasnya?

    Rata-rata jumlah siswa dalam satu kelas adalah 10-12 siswa.

    BOOK A FREE CLASS

    Masukan pertanyaan atau komentar yang ingin Anda sampaikan sehubungan dengan sekolah kami di bawah ini:
    Nama  
    Telepon   

    Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

    Alamat Email   
    Usia  
    • 3-6
    • 7-9
    • 10-14
    • 15-18 (SMA)
    • 18+
    Kota
    Area
    Hubungi Kami
     

     

    BOOK A FREE CLASS

    Nama  
    Telepon   

    Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

    Alamat Email   
    Usia  
    • 3-6
    • 7-9
    • 10-14
    • 15-18 (SMA)
    • 18+
    Kota
    Area
    Hubungi Kami
     

     

    Gratis Tes Penempatan

    Nama  
    Telepon   

    Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

    Alamat Email   
    Usia  
    • 3-6
    • 7-9
    • 10-14
    • 15-18 (SMA)
    • 18+
    Kota
    Area
    DAFTAR SEKARANG