Gratis Tes Penempatan

Diskon s.d. 2,4 Juta!

Dan Kelas Percobaan Gratis

Ayo daftar sekarang!

Nama  
Telepon   

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Alamat Email   
Usia  
  • 18+
  • 15-17
  • 10-14
  • 7-9
  • 3-6
Kota
Area
DAFTAR SEKARANG
 
  •  
  •  


Percakapan Bahasa Inggris

Percakapan Bahasa Inggris Tertulis

 

Ada beberapa aspek yang harus kita kuasai saat belajar bahasa Inggris. Dimulai dari writing atau menulis, listening atau mendengarkan, reading atau membaca dan speaking atau berbicara. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat menguasai keempat aspek ini. Apalagi di masa kini, belajar bahasa Inggris sudah mengalami banyak kemajuan, dan didukung dengan teknologi yang semakin mumpuni. Karena banyaknya cara yang tersedia, dari mulai belajar sendiri, belajar bahasa Inggris online hingga mengikuti kursus bahasa Inggris, maka belajar bahasa Inggris tidak memiliki alasan sulit untuk dipelajari. Dari sini, yang harus Anda miliki adalah niat untuk dapat menguasai bahasa Inggris.

Saat belajar bahasa Inggris, pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana untuk terbiasa atau bagaimana cara untuk melatih pemikiran untuk terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris? Sebetulnya ada banyak cara. Pernah mendengar ucapan the best way to learn a language is to dive right in. Yap betul sekali, cara terbaik dari mempelajari suatu bahasa adalah dengan mempelajarinya secara langsung atau banyak berlatih.

 

 

Tentunya berlatih bahasa Inggris pun memilik banyak cara yang bisa Anda lakukan, salah satu yang paling efektif adalah dengan berlatih percakapan bahasa Inggris secara tertulis. Memangnya ada percakapan bahasa Inggris tertulis? Tentu saja! Dengan semakin banyaknya pengguna internet di dunia, percakapan bahasa Inggris juga semakin banyak. Baik itu dalam jaringan sosial di dunia maya, forum, blog, messenger, tanpa disadari kita telah menggunakan percakapan bahasa Inggris tertulis. Kita saling berkomentar dengan menggunakan gaya bahasa lisan, namun dalam bentuk tulisan. Atau sesederhana Anda yang menulis cuitan di twitter atau update status di facebook dan menulis caption di Instagram dalam bahasa Inggris, bisa menjadi salah satu contoh percakapan yang Anda bangun dengan tulisan.

Percakapan tertulis ini biasanya menggunakan tata bahasa Inggris non-formal yang biasa digunakan oleh penutur asli dalam percakapan sehari-hari. Semakin banyak Anda mengenal percakapan tertulis semacam ini, maka semakin familiar Anda dengan percakapan bahasa Inggris yang biasa digunakan oleh penutur asli yang tentunya akan sangat berguna ketika kita sendiri ingin bercakap-cakap dalam bahasa Inggris. 

Di dalam artikel kali ini, kami akan membahasa mengenai memulai percakapan dalam bahasa Inggris, dan tips yang bisa Anda lakukan saat ingin mencobanya. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Percakapan Bahasa Inggris dengan Topik Umum & Sederhana

 

Banyak orang yang kebingungan untuk memulai suatu percakapan, khususnya dalam bahasa Inggris. Banyak yang mecoba untuk membuka obrolan dengan tema-tema yang terlalu berat atu kuat sehingga percakapan tidak mengalir secara natural dan justru menggantung dan sering menimbulkan situasi yang canggung.

Lalu, bagaimana kita dapat menghindarinya? Dibandingkan memilih topic yang terlau berat dan tidak kita terlalu ketahui, kita dapat melatih percakapan bahasa Inggris dengan percakapan tentang hal-hal sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti cuaca, film favorit, sahabat dekat, dsb.

Topik-topik umum sederhana seperti itu dapat diceritakan dengan menggunakan tata bahasa present tense yang biasanya lebih mudah dan juga kosa-kata yang umumnya kita tahu. Biasanya berangkat dari topik-topik ini, percakapan akan mengalir dengan sendirinya. Namun, jangan takut untuk mencoba topik-topik lainnya terutama jika topik itu merupakan hobi atau kesukaan.

Alasan Sulit Bercakap-Cakap dalam Bahasa Inggris?

 

Hal ini memang masih menjadi masalah utama dalam belajar bahasa Inggris, yaitu kesulitan untuk mencoba berdialog dalam bahasa Inggris. Padahal di Indonesia, pelajaran bahasa Inggris mulai diajarkan di sekolah sejak usia dini. Ada juga sekolah yang mulai mengajarkan bahasa Inggris di tingkat Sekolah Dasar, bahkan ada juga yang mengajarkan mulai dari Taman Kanak-Kanak.

Itu tandanya, sudah ribuan jam kita tempuh untuk belajar bahasa Inggris, lalu kenapa ya kita masih saja merasa sangat sulit untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris? Padahal, kalau mendengar percakapan bahasa Inggris di tempat umum atau mungkin di televisi kita mengerti.

Jika Anda menjadi salah satu orang yang mengalami atau merasakan hal ini, Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya hal ini adalah hal yang sangat wajar. Walaupun kita mengerti bahasa Inggris dengan baik, kemampuan untuk bisa berdialog dengan luwes dan natural memang cukup sulit. Kemampuan ini harus dilatih secara rutin dan memang harus lebih banyak digunakan. Bisa kami akui bahwa melatih kemampuan speaking merupakan proses belajar bahasa Inggris yang memang sedikit lebih menantang dibandingkan dengan kemampuan lainnya seperti mendengar atau menulis.

Ketika kita bercakap-cakap, kita tak memiliki referensi dari kamus ataupun dari catatan, melainkan semuanya diambil langsung dari pemikiran dan langsung diujarkan. Oleh sebab itu, perlu latihan secara rutin untuk membiasakan pemikiran kita untuk mengujarkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Jika kita tak terbiasa untuk berpikir dalam bahasa Inggris, maka kita pun seringkali merasa sulit untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris walaupun kita tahu banyak sekali kosa-kata bahasa Inggris.

Percakapan Bahasa Inggris dengan Native Speaker

 

Salah satu cara yang paling ampuh untuk dapat dengan cepat terbiasa berdialog dalam bahasa Inggris adalah dengan berbicara langsung dengan seorang native speaker. Karena sudah banyaknya teknologi yang semakin canggih, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan hal ini. Misalnya Anda bisa bergabung dengan suatu komunitas tertentu, atau bergabung dengan forum diskusi internasional yang bisa membantu Anda untuk berinteraksi dengan native speaker dari berbagai macam Negara.

Akan lebih baik jika Anda melakukan dialog secara langsung dengan mereka, sehingga Anda bisa mempelajari bagaimana ekspresi satu kata tertentu, intonasi yang tepat dan juga mendengar bagaimana mereka mengucapkan kata-kata yang cukup sulit bagi Anda.

Apalagi, berbicara langsung dengan mereka juga dapat membuat Anda terbiasa dengan mendengar kata-kata atau kalimat dalam bahasa Inggris dan menyesuaikan diri Anda dalam mendengarkan mereka mengucapkan kalimat dalam tempo yang lambat maupun yang cepat.

Native speaker atau penutur asli adalah guru terbaik yang dapat mengajarkan kita cara bercakap-cakap secara natural dan pastinya membantu Anda untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Jika Anda masih kebingungan, Anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris yang memiliki native speaker (penutur asli) sebagai gurunya, misalnya EF English First.

Dengan belajar di EF English First, ada banyak kesempatan untuk bercakap-cakap langsung dengan penutur asli karena sebagian besar guru bahasa Inggris di EF English First adalah penutur asli.

Selain itu, kelas di EF English First dilengkapi dengan teknologi canggih seperti computer dan juga IWB board (papan sentuh interaktif) yang membuat kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan menyenangkan. Dengan guru terbaik dan teknologi canggih, melatih kemampuan bercakap-cakap dalam bahasa Inggris bukanlah sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan.

Segera hubungi sekolah EF English First terdekat untuk informasi lebih lanjut untuk kelas percakapan bahasa Inggris di EF English First.

KURSUS BAHASA INGGRIS EF ENGLISH FIRST

BERITA TERBARU

Spelling Bee 2018
Inilah Para Pemenang Spelling Bee 2018 Tingkat Nasional
Jakarta, 25 November 2018 - Arda A. S. Mudarso, berhasil merebut juara pertama grup C (kategori kel...
BACA LEBIH LANJUT

TEMUI GURU KAMI

ef brand video

 

MENGAPA MEMILIH EF?

Why choose EF
LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TERDEPAN
EF English First merupakan bagian dari EF Education First, sekolah pelatihan bahasa swasta terbesar di dunia, yang didirikan pada tahun 1965 dengan misi membuka dunia melalui pendidikan.
BACA LEBIH LANJUT

SAYA MAU BERTANYA

leave a question
Jika Anda punya pertanyaan, konsultan kursus kami akan dengan senang hati menghubungi Anda. Silahkan klik di sini dan tinggalkan pertanyaan Anda. Seseorang akan menghubungi Anda kembali.
TANYA SEKARANG

DAPATKAN PDF GRATIS

Terima kasih!

Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh "Tips Belajar Bahasa Inggris EF English First".

Mohon isi alamat email yang benar.

Pilih kota tempat Anda tinggal.

     

     

    Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut

    Pertanyaan Populer

    Berapakah biaya kursus di EF English First?

    Harga kursus tergantung pada tingkatan dan durasi kursus. Untuk informasi selengkapnya, silakan konsultasikan dengan konsultan kursus kami di sekolah EF English First terdekat.

    Kualifikasi apakah yang dimiliki guru EF English First?

    ami memiliki guru-guru berkualitas yang berasal dari negara penutur asli Inggris dan bersertifikat TEFL/TESOL/CELTA, serta guru lokal yang berpengalaman – untuk memberikan suasana belajar yang dinamis dan bertaraf internasional.

    Berapa lama durasi kursus di EF English First?

    Lama durasi kursus di EF English First berbeda untuk setiap jenis kursus. Mohon hubungi konsultan kursus kami untuk lebih jelasnya.

    Berapa banyak siswa dalam satu kelasnya?

    Rata-rata jumlah siswa dalam satu kelas adalah 10-12 siswa.

    BOOK A FREE CLASS

    Masukan pertanyaan atau komentar yang ingin Anda sampaikan sehubungan dengan sekolah kami di bawah ini:
    Nama  
    Telepon   

    Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

    Alamat Email   
    Usia  
    • 18+
    • 15-17
    • 10-14
    • 7-9
    • 3-6
    Kota
    Area
    Hubungi Kami
     

     

    BOOK A FREE CLASS

    Nama  
    Telepon   

    Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

    Alamat Email   
    Usia  
    • 18+
    • 15-17
    • 10-14
    • 7-9
    • 3-6
    Kota
    Area
    Hubungi Kami
     

     

    Gratis Tes Penempatan

    Nama  
    Telepon   

    Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

    Alamat Email   
    Usia  
    • 18+
    • 15-17
    • 10-14
    • 7-9
    • 3-6
    Kota
    Area
    DAFTAR SEKARANG