Gratis Tes Penempatan

Diskon s.d. 2,4 Juta!

Dan Kelas Percobaan Gratis

Ayo daftar sekarang!

Nama  
Telepon   

Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

Alamat Email   
Usia  
  • 3-6
  • 7-9
  • 10-14
  • 15-18 (SMA)
  • 18+
Kota
Area
DAFTAR SEKARANG
 
  •  
  •  


Belajar Bahasa Inggris dengan Otodidak

Belajar Inggris Secara Otodidak

 

Belajar bahasa Inggris tidak selalu dapat dilakukan di tempat kursus ataupun online.

Diskon (((Lagi))) s/d 2,4 Juta di EF Kursus Bahasa Inggris, lebih detail klik link biru ini PROMO ▶Extra FunBelajar Bicara Inggris di EF English First makin menyenangkan!

Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris namun tidak memiliki waktu yang cukup luang untuk melakukan kursus, belajar otodidak bisa menjadi solusi yang baik untuk Anda. Agar hasil belajar otodidak Anda dapat optimal, maka Anda harus mengetahui cara-cara belajar yang tepat terlebih dahulu.

Kita semua tahu bahwa belajar bahasa Inggris bukanlah sekedar pengetahuan teori namun juga praktek yang harus dilakukan secara berkelanjutan. Karena itu, sekalipun Anda belajar secara otodidak, kedua unsur ini akan Anda lakukan dengan efektif. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat belajar bahasa Inggris secara otodidak.

TIPS BELAJAR OTODIDAK

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak.

• Materi belajar (tulisan, audio dan visual)

Materi belajar menjadi unsur penting bagi Anda untuk belajar bahasa Inggris. Agar belajar bahasa Inggris secara otodidak menjadi menyenangkan, Anda harus mempersiapkan materi yang menarik sebelum Anda memulai belajar.

Materi belajar yang menyenangkan bisa Anda temukan misalnya melalui tulisan atau buku. Anda bisa membeli buku bahasa Inggris yang menarik misalnya Anda menyukai film Harry Potter, selain menonton filmnya dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris, Anda juga bisa membaca novel bahasa Inggrisnya. Tentunya, hal ini bisa menambah vocabulary Anda sekaligus membiasakan Anda untuk berlatih listening bahasa Inggris. Melalui film, Anda juga bisa membedakan aksen-aksen bahasa Inggris yang berbeda.

Tips Belajar Otodidak

 

Anda juga bisa menggabungkan beberapa unsur untuk materi belajar bahasa Inggris. Anda bisa membeli buku yang dilengkapi dengan fasilitas audio sehingga pada saat melihat materi yang ada di buku, Anda dapat sekaligus mendengarkannya dengan menjalankan audio lesson. Dengan banyak mendengar dan memahami materi yang disampaikan audio, Anda akan lebih mudah membentuk kemampuan berbicara sekaligus mendengarkan.

Jika ingin meningkatkan lagi kemampuan Anda. Anda bisa mencoba untuk mendengarkan podcast dan mencoba mengerti isu atau topik apa yang di bicarakan di dalam podcast tersebut. Dengan mendengarkan podcast, Anda bisa membiasakan diri Anda untuk mendengar percakapan dalam bahasa Inggris.

Anda juga bisa membeli kamus atau mendownload kamu di smartphone Anda. Kamus merupakan buku yang wajib Anda miliki untuk belajar bahasa Inggris. Anda dapat memperbanyak kosakata untuk mempelajari kata-kata dan pola kalimat sederhana dalam bahasa Inggris. Materi juga bisa Anda dapatkan di online, berbagai situs telah menyediakannya.

• Kapanpun dan dimanapun

Kunci dari fasih berbahasa Inggris adalah dengan banyak berlatih. Seperti pepatah mengatakan, “there’s no better way to learn a language than to dive right in.” yang memiliki arti bahwa tidak ada cara yang paling baik dalam mempelajari suatu bahasa dibandingkan untuk mempraktekan langsung. Hal ini berlaku untuk seluruh bahasa, termasuk bahasa Inggris.

 

Salah satu kelebihan dari belajar otodidak adalah Anda dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat, mudah dan efektif. Misalnya, Anda dapat menggunakan jam istirahat kuliah untuk mendengarkan audio lesson.

Isi smartphone Anda dengan modul-modul atau aplikasi belajar bahasa Inggris gratis sehingga Anda bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun. Anda juga bisa membawa novel atau buku bahasa Inggris, sehingga Anda bisa membacanya di waktu senggang.

belajar bahasa inggris otodidak

 

• Praktikkan secara rutin

Belajar bahasa Inggris sama halnya dengan belajar sepeda, walaupun secara teori Anda memahami cara mengendarainya, namun tidak pernah mencoba menaiki dan mengayuh sepeda maka Anda tidak akan pernah bisa. Belajarlah terus menggunakannya walaupun banyak kesalahan yang dibuat. Untuk menguasai bahasa Inggris dibutuhkan keterampilan praktek.

kamus bahasa inggris

Jika Anda sudah menguasai beberapa kata dan pola kalimat bahasa Inggris, maka Anda dapat mencoba percakapan. Anda dapat menggunakan dunia maya sebagai media belajar Anda. Perluas percakapan dari hal biasa menjadi topik pembicaraan yang rumit. Kuncinya adalah Anda harus memiliki komitmen untuk belajar bahasa Inggris. Dengan komitmen, ketekunan dan kesabaran, Anda pasti bisa menguasai bahasa Inggris dengan mudah.

• Berlatih dengan Monolog

Mempraktekkan bahasa Inggris salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan monolog. Anda bisa berlatih bagaimana Anda mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Inggris, bagaimana menunjukkan ekspresi dan bagaimana Anda mengontrol kata-kata yang ingin Anda ucapkan.

Anda bisa berlatih didepan cermin untuk menambah rasa percaya diri Anda. Dengan melakukan monolog, Anda juga bisa lebih sensitive terhadap kesalahan yang mungkin Anda lakukan saat tengah berbicara dalam bahasa Inggris.

 

• Ikut Komunitas Bahasa Inggris

Selain melakukan monolog, Anda juga bisa melakukan dialog. Untuk menemukan lawan bicara, Anda bisa mencari teman yang mahir bahasa Inggris, sehingga dia bisa mengkoreksi Anda saat Anda mengatakan hal yang keliru. Atau, Anda juga bisa berlatih dengan teman yang sedang belajar, agar bisa saling membantu satu sama lain.

Jika masih merasa bingung, Anda juga dapat mencari komunitas-komunitas bahasa Inggris di sekitar Anda. Bergabung dengan komunitas bahasa Inggris bukan hanya membantu Anda untuk terbiasa berbicara bahasa Inggris, tapi juga bisa menambah koneksi Anda. Anda juga bisa mendapatkan ilmu dari anggota lain yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik dari Anda.

• Travel ke Negara Berbahasa Inggris

Anda juga bisa pergi ke Negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai Negara Ibu. Anda bisa melakukan perjalanan disana dan mencoba untuk berbicara langsung dengan native speaker. Dengan melakukan travel, Anda bisa secara langsung mengetahui bagaimana aksen tertentu terdengar, dan bisa melatih Anda untuk terus berbicara dalam bahasa Inggris.

Jika Anda memiliki waktu dan uang yang lebih, Anda juga bisa mendaftarkan diri Anda untuk sekolah di luar negeri. Dengan sekolah di luar negeri, Anda dapat belajar untuk hidup di lingkungan yang multi-kultur dan dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Belajar di luar negeri dapat membiasakan diri Anda untuk menggunakan bahasa Inggris bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga untuk kebutuhan akademik. Hal ini tentu akan memperluas kosakata yang Anda miliki dalam bahasa Inggris.

 

• Banyak Pelajari Kosakata Bahasa Inggris

Hal ini hal yang sangat penting. Kemampuan kita untuk menggunakan kata yang tepat atau pembendaraan kata sangat diperlukan jika kita ingin mahir dalam menggunakan bahasa Inggris. Cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbanyak kosakata sudah tertulis di poin sebelumnya. Dimulai dari membaca, menulis, dan mendengarkan materi belajar yang bisa meningkatkan pengetahuan Anda mengenai kosa kata bahasa Inggris.

Anda juga bisa mencatat untuk mempeluas kosa kata bahasa Inggris Anda. Caranya mudah, setiap Anda mendengar kata yang belum pernah Anda dengar sebelumnya atau kata yang Anda belum tahu artinya, coba catat kata tersebut bersama dengan cara membaca dan arti dari kata tersebut.

Semakin banyak kata yang Anda tulis, akan membantu Anda untuk mengingat arti dari kata tersebut. Anda juga bisa menyimpan catatan kata tersebut jika dibutuhkan di masa depan.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak. Selamat belajar!

KURSUS BAHASA INGGRIS EF ENGLISH FIRST

BERITA TERBARU

EF Small Stars
EF Luncurkan Inovasi Metode Belajar Bahasa Inggris Terkini
Jakarta - Pengembangan bahasa merupakan bagian penting dari perkembangan anak. Pada penelitian terba...
BACA LEBIH LANJUT

TEMUI GURU KAMI

ef brand video

 

MENGAPA MEMILIH EF?

Why choose EF
LEMBAGA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS TERDEPAN
EF English First merupakan bagian dari EF Education First, sekolah pelatihan bahasa swasta terbesar di dunia, yang didirikan pada tahun 1965 dengan misi membuka dunia melalui pendidikan.
BACA LEBIH LANJUT

SAYA MAU BERTANYA

leave a question
Jika Anda punya pertanyaan, konsultan kursus kami akan dengan senang hati menghubungi Anda. Silahkan klik di sini dan tinggalkan pertanyaan Anda. Seseorang akan menghubungi Anda kembali.
TANYA SEKARANG

DAPATKAN PDF GRATIS

Terima kasih!

Anda akan menerima email yang berisi tautan untuk mengunduh "Tips Belajar Bahasa Inggris EF English First".

Mohon isi alamat email yang benar.

Pilih kota tempat Anda tinggal.

     

     

    Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut

    Pertanyaan Populer

    Berapakah biaya kursus di EF English First?

    Harga kursus tergantung pada tingkatan dan durasi kursus. Untuk informasi selengkapnya, silakan konsultasikan dengan konsultan kursus kami di sekolah EF English First terdekat.

    Kualifikasi apakah yang dimiliki guru EF English First?

    ami memiliki guru-guru berkualitas yang berasal dari negara penutur asli Inggris dan bersertifikat TEFL/TESOL/CELTA, serta guru lokal yang berpengalaman – untuk memberikan suasana belajar yang dinamis dan bertaraf internasional.

    Berapa lama durasi kursus di EF English First?

    Lama durasi kursus di EF English First berbeda untuk setiap jenis kursus. Mohon hubungi konsultan kursus kami untuk lebih jelasnya.

    Berapa banyak siswa dalam satu kelasnya?

    Rata-rata jumlah siswa dalam satu kelas adalah 10-12 siswa.

    BOOK A FREE CLASS

    Masukan pertanyaan atau komentar yang ingin Anda sampaikan sehubungan dengan sekolah kami di bawah ini:
    Nama  
    Telepon   

    Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

    Alamat Email   
    Usia  
    • 3-6
    • 7-9
    • 10-14
    • 15-18 (SMA)
    • 18+
    Kota
    Area
    Hubungi Kami
     

     

    BOOK A FREE CLASS

    Nama  
    Telepon   

    Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

    Alamat Email   
    Usia  
    • 3-6
    • 7-9
    • 10-14
    • 15-18 (SMA)
    • 18+
    Kota
    Area
    Hubungi Kami
     

     

    Gratis Tes Penempatan

    Nama  
    Telepon   

    Kami membutuhkan nomor telpon Anda untuk menjadwalkan kelas Anda. Kami tidak akan memberikan informasi Anda kepada pihak lain di luar EF.

    Alamat Email   
    Usia  
    • 3-6
    • 7-9
    • 10-14
    • 15-18 (SMA)
    • 18+
    Kota
    Area
    DAFTAR SEKARANG