Ulasan Buku: The Hobbit oleh J. R. R. Tolkien

2015.09.16
Ulasan Buku: The Hobbit oleh J. R. R. Tolkien

Para hobbit yang tinggal di The Shire menyukai hidup sederhana. Makhluk kecil menyerupai manusia ini pada dasarnya pemalu, tak suka berpetualang, suka makan dan bersosialisasi. Bilbo Baggins, hobbit berusia 50 tahun, tak menyukai petualangan sampai suatu hari seorang penyihir bernama Gandalf tiba di rumahnya dengan 13 orang kerdil dan meyakinkannya untuk berpetualang mencuri harta karun dari seekor naga!

Novel The Hobbit mungkin nampak seperto buku cerita fantasi biasa bagimu. Tapi, penting untuk diketahui bahwa buku inilah yang memberikan pengaruh besar pada genre novel fantasi ketika buku ini diterbitkan pertama kali pada tahun 1937. Si pengarang J. R. R. Tolkien tak hanya menulis cerita tentang makhluk-makhluk aneh, tetapi juga menciptakan sebuat dunia fantasi, lengkap dengan sejarahnya sendiri, geografi, dan bahasa. Dunia yang dinamakannya Middle-earth ini menjadi nampak seperti tempat yang nyata. Ini merupakan gaya cerita baru pada saat itu, dan sampai sekarang The Hobbit masih memiliki kekuatan untuk menggugah imajinasimu.

Ceritanya penuh dengan humor, aksi, dan karakter-karakter yang mudah diingat. Dalam sebuah adegan, para petualang dipimpin oleh seorang kerdil bernama Thorin, ditangkap oleh troll yang ingin memakan mereka. Adegan terkenal lainnya adalah ketika Bilbo bermain teka-teki dengan Gollum, makhluk misterius yang tinggal di bawah tanah.

The Hobbit merupakan cerita tentang kepahlawanan dan pertumbuhan pribadi, tentang manusia yang mengetahui kekuatan mereka sendiri tanpa mengetahui mereka memiliki kekuatan itu sebelumnya. Gaya penulisannya sederhana dan sesuai untuk remaja. Semua orang harus membaca buku yang tak mengenal batas waktu ini.

Ide latihan bahasa Inggris bersama teman, guru, atau orang tua
Untuk memaksimalkan proses belajar bahasa Inggris, cobalah beberapa tips berikut:

• Diskusi tentang cerita di dalam buku. Misalkan, gunakan beberapa pertanyaan berikut: What’s the book about? Who is your favorite character? What was your favorite part?

• Usahakan untuk selalu bertanya jawab dan melakukan diskusi buku dalam bahasa Inggris!

• Buat ulasan buku versimu sendiri! Kamu bisa berbagi ulasanmu di internet, di berbagai platform sosial media ternama. Tak perlu memberikan ulasan kompleks, gunakan kalimat sederhana untuk memberitahu orang lain alasan kamu menyukai buku itu sudah cukup. Misalnya:: This book is about … I like it because …

• Buat kartu kosa kata (flashcards) dengan menggunakan kata-kata yang kamu suka dari dalam buku.