Tips Menulis Ulasan Film

2018.04.09
Tips Menulis Ulasan Film

Ulasan film adalah tulisan yang mengungkapkan opini seseorang tentang film ditontonnya. Ulasan film bisa ditulis untuk diri si penulis sendiri, untuk mengungkapkan pendapatnya setelah menonton suatu film. Ulasan film juga bisa ditulis dengan tujuan untuk dibaca oleh orang lain, untuk merekomendasikan atau mengkritik film tersebut. Mari kita baca bagaimana cara menganalisa film.

I.Pertama-tama, apakah itu opini?

Ulasan film harus menyertakan fakta tentang film serta opini asli si penulis tentang film tersebut. Pertama-tama, penulis harus bisa membedakan antara fakta versus opini.

Fakta adalah suatu hal yang sungguh-sungguh terjadi atau benar secara empiris dan bisa dibuktikan. Opini adalah pertimbangan, pandangan, sikap atau penilaian pribadi seseorang, yang biasanya bersifat subjektif. Mari lihat pernyataan di bawah ini; mana yang fakta, dan mana yang opini?

  1. The movie Life of Pi is directed by Ang Lee.
  2. Life of Pi is the best movie I’ve ever seen.
  3. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri should win Oscar best picture of the year award.
  4. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri presents a story of a mother challenges the local authorities to solve her daughter’s murder.
  5. Jacky Chen is the best actor in China.

Jawaban:

  1. Fakta
  2. Opini
  3. Opini
  4. Fakta
  5. Opini

 

  1. Ulasan film membeberkan fakta tentang film tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kalimat yang bisa kamu tulis untuk membeberkan fakta tentang suatu film:

It’s set in…(Bangkok/ in the 1960’s).
The film’s shot on location in New York.
The main characters are … and they’re played by…
It’s a martial art movie / thriller / love-story.

 

III. Berikan opinimu tentang film tersebut.

Ulasan film yang bagus perlu mengandung fakta-fakta penting, tetapi BUKAN berupa daftar fakta tentang film tersebut. Ulasan film yang bagus harus memberikan opini asli tanpa membocorkan plot cerita. Saat menulis ulasan film, kamu bisa menilai isi cerita dengan bertanya hal-hal berikut: apakah plotnya masuk akal? Apakah alur kisahnya logis? Kamu juga bisa menilai akting si aktor: apakah dia berakting sesuai dengan jalan cerita? Selain itu kamu juga bisa menulis pendapatmu tentang efek khusus atau menganalisa musiknya: apakah efek khusus, pencahayaan, suara dan berbagai komponen lainnya berhasil mendukung film, atau malah merusak film? Apakah musiknya sesuai dan digunakan secara efektif?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengungkapkan opinimu:

  • It seems to me that….
  • In my opinion, …
  • Personally, I think…
  • I’m sure/certain…

Setelah membuat pernyataan tentang suatu film, jangan lupa untuk mendukung pernyataan tersebut dengan memberikan contoh deskriptif. Jelaskan penampilan tiap adegan, penampilan si aktor dalam berakting, sudut pandang kamera, dan sebagainya. Ini adalah bukti-bukti untuk mendukung opinimu. Kamu juga bisa mengutip dialog untuk memperkuat opinimu.

Setelah kamu membaca artikel ini, saatnya kamu mempraktekkan cara membuat sebuah ulasan film dengan bergabung di MOVIE REVIEW COMPETITION dari EF. Tuangkan review kamu dalam bentuk video atau tulisan di caption Facebook/Instagram kamu. Menangkan paket merchandise keren untuk 7 orang dengan review terbaik. Jangan lupa lihat syarat dan ketentuannya di sini https://ef.id/movie-review