Tips Menulis Surat untuk Teman dalam Bahasa Inggris

2018.04.16
Tips Menulis Surat untuk Teman dalam Bahasa Inggris

Kita sering menulis surat atau email kepada teman untuk memberikan ucapan selamat, untuk menanyakan kabar, atau untuk membahas hal-hal di sekolah. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menulis surat dalam bahasa Inggris. Ada beberapa aturan yang perlu kamu ketahui.

Berbeda dengan esai akademis, maka surat bersifat lebih pribadi. Tapi berbeda dengan menulis di buku harian, maka surat bersifat lebih umum, karena kamu menulis untuk orang lain. Ada 5 elemen yang harus terdapat di dalam sebuah surat.

  1. Kepala Surat

Kepala surat bisa berupa tanggal penulisan. Biasanya terletak di pojok kanan atas.

 

  1. Kata Sapaan

Kata sapaan adalah bagaimana cara si penulis surat menyapa si penerima surat. Bentuk kata sapaan yang paling umum dalam surat berbahasa Inggris adalah “Dear” yang diikuti dengan nama atau titel/gelar si penerima. Bentuk kata sapaan formal biasanya ditulis menggunakan jenis kelamin, status pernikahan dan pekerjaan, misalnya “Dear Mr. Jones” “Dear Dr. Pierson”.  Jika kamu menulis surat untuk teman yang usianya setara denganmu, maka kamu bisa menulis kata sapaan dengan langsung menggunakan namanya, misalnya “Dear Matt.”

Jika nama penerima tidak diketahui, maka kata sapaan formal yang biasanya dipakai adalah:

Dear Sir or Madam or “Sir/Madam” (Jika jenis kelamin si penerima tidak diketahui).

To Whom It May Concern (Jika si penerima mungkin perlu meneruskan surat tersebut ke orang lain yang lebih berwenang untuk menerima atau membalas surat tersebut).

Dear Sir (Jika si penerima adalah seorang pria).

Dear Madam (Jika si penerima adalah seorang wanita).

  1. Isi Surat

Isi surat adalah bagian utama dalam sebuah surat, dimana kamu harus mempunyai tujuan menulis yang jelas. Isi surat harus mengikuti aturan 4C: Clarify, Conciseness, Courtesy, Correctness. (Jelas, Ringkas, Sopan, Benar). Isi suratmu harus mengikuti formalitas dan nada yang sama.

 

  1. Penutup

Penutup biasanya bersifat singkat dan padat untuk mengekspresikan ucapan atau harapan. Contohnya:

Looking forward to your reply.  (Saya menunggu balasan Anda)

Best wishes. (Salam hangat)

  1. Tanda tangan

Tanda tangan harus terletak di bagian bawah surat. Saat menulis surat untuk sahabat, maka biasanya dimulai dengan “Yours,”. Jika kamu menulis surat formal, maka kamu bisa menulis “Sincerely” sebelum membubuhkan tanda tanganmu.

Apakah kamu kini mengerti elemen-elemen dasar dalam penulisan surat? Yuk, mari kita coba menulis surat untuk teman.

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_cb5e13f32a9373bafa34155682796297', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_cb5e13f32a9373bafa34155682796297', '1573652541', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)