Tips Menulis Esai yang Baik

2019.07.12
Tips Menulis Esai yang Baik

Esai adalah karya tulis memuat pendapat penulis mengenai fenomena atau permasalahan tertentu. Salah satu yang membedakan esai dengan jenis penulisan lain adalah esai umumnya mengalir mengikuti struktur penulisan seperti pendahuluan, isi dan kesimpulan. EFriends pasti pernah mendapat tugas menulis esai dari guru kaan. Sebenarnya, menulis esai tidak sesulit yang EFriends pikirkan loh, hanya saja kamu perlu kecermatan dalam membangun dan mengembangkan argumentasi yang kamu dapatkan dari riset atau penelitian sederhana. Bagiamana cara menulis esai yang baik? Simak tips berikut ini yaa.

Tips Menulis Esai

1. Memahami topik

Sebelum menulis esai, penting bagi kamu untuk menentukan topik apa yang akan didiskusikan dalam esai yang akan kamu tulis. Namun, terkadang topik esai tidak selalu ditentukan sehingga kamu perlu untuk mencari cara untuk menemukan topik yang dapat kamu tuangkan dalam esai. Kamu dapat menentukan topik esai dari materi-materi pelajaran yang sudah pernah kamu temukan sebelumnya sehingga akan lebih mudah bagi kamu untuk menemukan jawaban dan mengembangkan argumentasinya.

2. Buat kerangka esai

Karena esai memiliki ciri penulisan yang terstruktur, akan lebih baik jika kamu mulai untuk menyusun rancangan kasar sebelum benar-benar menuangkan ide kamu dalam esai. Membuat kerangka esai sangat bermanfaat karena akan membantu kamu dalam memberikan petunjuk mengenai esai yang akan kamu hasilkan. Kamu juga dapat menulis inti dan apa saja dan referensi yang akan kamu tuangkan dalam esai tersebut.

3. Mengikuti struktur penulisan

Penulisan esai sebaiknya mengikuti struktur yang terdiri dari pendahuluan, isi dan kesimpulan. Pendahuluan berisi jawaban dari pertanyaan dan ringkasan dari pendapat penulis. Sedangkan isi mencakup jawaban dari pertanyaan beserta pengembangan dari argumentasi penulis. Pada bagian ini, kamu dapat dengan leluasa menyampaikan pengetahuan dan informasi terkait jawaban yang dipaparkan. Jangan lupa untuk menyertakan sumber seperti dari buku, jurnal maupun bacaan lain yang dapat dipertanggungjawabkan kredibilitasnya dan terhindar dari plagiarisme. Terakhir, bagian kesimpulan yang berisi jawaban yang mengacu pada pertanyaan yang diajukan pada awal esai. Perlu diperhatikan dalam kesimpulan, kamu tidak perlu menuliskan informasi baru.

4. Mengacu pada sumber yang terpercaya

Menulis sebuah esai harus mengacu pada sumber bacaan yang kredibel. Kredibel berarti sumber baik dari buku maupun artikel dalam koran cetak, online maupun jurnal ilmiah yang dijadikan acuan dapat dipertanggungjawabkan baik individu yang menulis maupun institusi yang menaunginya. Dengan menggunakan sumber atau referensi yang kredibel, esai yang kamu buat juga akan lebih lebih berkualitas dan meminimalisir adanya hoaks atau berita bohong yang dapat menurunkan kredibilitas esai.

5. Membangun dan mengembangkan argumentasi

Tahapan membangun dan mengembangkan argumentasi adalah hal yang penting dilakukan saat menulis esai karena dengan argumentasi kamu dapat menuangkan ide dan gagasan serta menjabarkan jawaban dari pertanyaan dalam esai. Kamu dapat memulai dari memahami kata kunci atau inti dari permasalahan ataupun pertanyaan yang dijadikan topik utama esai ini. Selanjutnya, carilah contoh atau fenomena yang sesuai dengan topik dan jadikan contoh tersebut sebagai pelengkap argumentasi kamu. Jangan lupa untuk menggunakan kutipan dari referensi yang mendukung argumentasi kamu agar semakin meyakinkan pembaca dan meningkatkan kredibilitas esai serta menjaga orisinalitas penulisan esai. Kutipan dalam esai dapat membedakan antara ide penulis dan gagasan dari referensi yang dijadikan acuan oleh penulis.

Itu dia lima tips menulis esai yang dapat membantu kamu mengerjakan tugas menulis esai dari gurumu. Yang terpenting adalah jangan lupa untuk mencantumkan narsumber agar tulisan kamu terhindar dari plagiarisme ya. Selamat menulis!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_c7a46e37994b4e65882429a5a090226e', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_c7a46e37994b4e65882429a5a090226e', '1569196413', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)