Pentingnya Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Inggris

2019.01.16
Pentingnya Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang diakui dan digunakan oleh hampir seluruh orang di dunia. Bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi bukan hanya dalam interaksi setiap hari, tapi juga dalam aspek lain seperti melakukan bisnis, ekonomi, politik dan sebagainya. Bahasa Inggris menjadi bahasa utama dalam ilmu pengetahuan, karena itu belajar bahasa Inggris menjadi suatu kewajiban yang harus dipenuhi.

Saat belajar bahasa Inggris ada 4 (empat), kemampuan dasar yang perlu kamu kuasai. Empat kemampuan dasar tersebut adalah reading atau kemampuan membaca, writing atau kemampuan menulis, listening atau kemampuan mendengar dan speaking atau kemampuan berbicara. Untuk dapat berkomunikasi dengan fasih dalam bahasa Inggris, empat kemampuan dasar ini lah yang harus kamu kuasai.

Salah satu kemampuan dasar dalam belajar bahasa Inggris yang penting adalah kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Kemampuan menulis yang baik tidak bisa didapatkan hanya dalam satu kali melakukannya. Kamu harus membiasakan diri untuk berlatih terutama jika menulis tanpa menggunakan bahasa yang bukan merupakan bahasa ibu.

latihan mengetik dalam bahasa inggris

Mengapa kemampuan menulis itu penting? Kemampuan menulis menjadi salah satu indikator yang dilihat untuk menilai sejauh mana kemajuan suatu bangsa. Tinggi rendahnya kemajuan bangsa dapat dinilai dari kebiasaan yang dilakukan masyarakatnya dalam melakukan kebiasaan menulis. Negara-negara maju cenderung memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi karena kebiasaan dan kemampuan menulis masyarakatnya yang tinggi.
Selain itu, di dalam dunia pendidikan, maupun dunia kerja. Kemampuan menulis dilihat sebagai nilai tambahan loh.
Nah, dengan meningkatkan kemampuan menulis, kamu bisa mendapatkan manfaat-manfaat ini untuk diri kamu sendiri.

Manfaat menulis bahasa inggris

1. Menyalurkan kreatifitas

Setiap orang pasti memiliki sisi kreatifnya masing-masing. Beberapa orang bahkan tidak menyadari bahwa sesungguhnya mereka memiliki kreatifitas yang sangat baik. Lalu bagaimana cara memunculkan kreatifitas dalam diri kita?

Menulis bisa menjadi salah satu caranya. Dengan menulis, kamu bisa mengungkapkan pikiran dan bisa mengkomunikasikan gagasan serta pandangan yang kamu miliki kepada orang lain. Kamu bisa menyalurkan kreatifitas dalam bentuk tulisan misalnya untuk membuat blog, membuat sebuah cerita pendek, atau menulis review-review.

Dari sini, kamu bisa membuat sebuah jurnal khusus atau sebuah blog untuk mengumpulkan tulisanmu. Semakin banyak kamu menulis, semakin bagus tulisanmu kedepannya. Jadi, jangan lupa banyak berlatih ya!

2. Mengembangkan imajinasi

Selain kreatifitas, banyak berlatih atau membiasakan diri dalam menulis juga akan mengembangkan imajinasi kamu dalam menjabarkan sesuatu. Disini, kamu bisa terus berlatih untuk terus mengembangkan imajinasi dan membuat sebuah karya yang beda dari yang lain.

Misalnya saja dalam menulis sebuah cerita pendek, kamu dituntut untuk menulis jalan cerita yang menarik, pemilihan kata yang tepat, dan karakter dari tiap tokoh yang ada di ceritamu. Tanpa imajinasi, hal-hal di atas sulit untuk dilakukan bukan? Sama seperti pekerjaan teknikal, seorang sastrawan atau penulis juga harus banyak berlatih untuk menghasilkan karya yang baik.

3. Kemampuan untuk menjelaskan

Dengan banyak berlatih menulis, khususnya dalam bahasa Inggris. Kamu bukan hanya bisa menambah kosakata bahasa Inggris, kamu juga bisa melatih kemampuanmu dalam menjabarkan atau menjelaskan sesuatu.

Dengan terbiasanya kamu dalam menjelaskan sesuatu dalam bahasa Inggris, kamu juga akan terbiasa untuk berpikir dalam bahasa Inggris yang memudahkan kamu dalam berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut.

4. Memperluas pengetahuan

Saat kamu akan menulis sesuatu, kamu pasti harus melakukan riset terlebih dahulu bukan? Nah, dalam proses kamu melakukan riset, kamu bukan hanya bisa mendapatkan informasi yang kamu butuhkan untuk bahan tulisan, tapi juga bisa memperluas pengetahuanmu karena banyak membaca informasi tertentu dan mendapatkan informasi mengenai hal yang belum banyak diketahui sebelumnya.

Kamu juga bisa mengexplore kata-kata dalam bahasa Inggris yang belum pernah diketahui sebelumnya. Kamu bisa mempelajari slang, idioms, atau pepatah-pepatah yang ada di dalam bahasa Inggris.

5. Terbiasa berpikir dalam bahasa inggris

Dengan terbiasa menulis dalam bahasa Inggris, kamu akan terlatih untuk berpikir dalam bahasa Inggris. Apakah hal ini penting? Tentu saja. Dengan terbiasa berpikir dalam bahasa Inggris, akan sangat membantumu khususnya untuk meningkatkan kemampuan berbicara.

Kamu akan terlihat natural saat berbicara dalam bahasa Inggris, karena kamu sudah memiliki rangkaian kata yang akan kamu ucapkan. Kemampuan bahasa Inggrismu akan bisa seperti seorang native jika kamu sudah bisa menguasai hal ini.

Di atas adalah 5 manfaat yang bisa dirasakan jika kamu memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris yang baik. Sebetulnya, masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang bisa kamu rasakan loh. Untuk mengetahuinya, jangan lupa untuk terus berlatih menulis dalam bahasa Inggris ya!

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_92f0cceebebe0fbc02468e77fce43989', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_92f0cceebebe0fbc02468e77fce43989', '1571148877', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)