Cara Menulis Riwayat dengan 5W1H

2018.04.02
Cara Menulis Riwayat dengan 5W1H

Apakah itu riwayat? Riwayat adalah penceritaan kembali suatu pengalaman atau peristiwa yang terjadi di masa lampau. Fungsi riwayat adalah untuk memberi informasi, atau untuk bercermin dan mengevaluasi suatu peristiwa. Jenis tulisan riwayat yang paling umum adalah buku harian pribadi dan laporan berita.

Riwayat bukanlah daftar membosankan tentang segala hal yang terjadi dalam satu hari. Riwayat seharusnya fokus pada satu atau beberapa peristiwa penting. Alih-alih menceritakan, aturan 5 W 1 H dapat membantumu untuk MENGGAMBARKAN suatu peristiwa secara detail di atas kertas.

5 W adalah: when (kapan), where (di mana), who (siapa), what happened (apa yang terjadi), dan why (alasan). 1 H adalah how did it happen (bagaimana hal itu terjadi). Dengan menggunakan 6 elemen ini, maka pembaca akan mendapat gambaran kasar tentang suatu peristiwa. Informasi tambahan yang bisa kamu tuangkan dalam tulisan adalah: apa yang kamu rasakan, apa pendapatmu tentang hal itu, kenapa hal itu penting, apa yang kamu pelajari dari peristiwa tersebut…

Sebuah kisah yang diceritakan dalam urutan kronologis akan lebih mudah untuk dimengerti. Namun penulis harus menghindari penggunaan “and then, and then, and then…” (kemudian, kemudian, kemudian…). Berikut ini adalah daftar kata-kata yang bisa kamu gunakan untuk menggambarkan sebuah peristiwa secara berurutan:

  1. First (Pertama-tama)
  2. Soon (Tak lama kemudian)
  3. Later (Selanjutnya)
  4. Eventually (Akhirnya)

Apa kamu siap menggunakan tips di atas untuk menulis suatu peristiwa? Mari ambil secarik kertas dan ceritakan kembali tentang hari istimewa, prestasi atau aktivitas yang mengesankan.

 

“We all have our time machines. Some take us back, they’re called memories. Some take us forward, they’re called dreams.”

-Jeremy Irons