Strategi Membaca Yang Efektif

2019.07.05
Strategi Membaca Yang Efektif

Salah satu cara untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan membaca. Manfaat membaca antara lain adalah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, menambah tabungan membaca kosakata, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kemampuan untuk berpikir secara kritis dan analitis, serta memperluas wawasan. Karena itu, penting untuk kamu melatih kemampuan membacamu.

Ada banyak bahan bacaan seperti novel, koran, hasil penelitian, atau buku, yang bisa kamu baca untuk melatih kemampuanmu. Agar kamu tidak hanya dapat membaca lebih banyak bahan bacaan dan mengerti secara menyeluruh konten yang kamu baca, cobalah strategi membaca berikut ini.

Bertanya

Sebelum kamu memulai membaca, tanyakan kepada dirimu sendiri:

  • Informasi apa yang sudah kamu ketahui
  • Informasi apa yang ingin kamu dapatkan dari membaca buku/koran/novel

Dengan menjawab pertanyaan di atas, kamu memiliki alasan mengapa kamu harus membaca dan kamu akan mencari informasi apa yang akan kamu dapatkan dari membaca bahan bacaan yang kamu pilih.

Berhenti sejenak


Ketika kamu sedang membaca, kamu perlu berhenti sejenak untuk memastikan kamu mengerti apa yang disampaikan. Kemudian tanyakan beberapa hal lagi kepada dirimu sendiri:

  • Apa yang penulis coba sampaikan tentang……?
  • Apa yang dimaksud oleh…..?

Pertanyaan di atas membantu kamu untuk mengevaluasi apa yang sedang dibicarakan dan kamu terus mencari informasi di kalimat-kalimat berikutnya. Namun, ketika kamu sedang dibagian yang susah dimengerti, ambil jeda yang lebih lama. Jika ada kata-kata yang tidak kamu mengerti, coba untuk cari artinya.

Visualisasikan


Agar kamu mengerti lebih baik apa yang sedang kamu baca, coba untuk membayangkannya secara visual. Coba gambarkan seperti apa rupa …..?

Buat catatan

taking notes
Setelah membaca, catat kosakata yang baru kamu ketahui dan cari artinya. Ini akan membantu kamu untuk ‘menabung’ di bank kosakatamu. Kemudian, cari ide atau gagasan pokok yang disampaikan oleh penulis.

Itu dia strategi membaca yang efektif yang bisa kamu praktekkan sekarang. Dengan membiasakan membaca terutama bacaan berbahasa Inggris, kamu terbiasa untuk melakukan 4 komponen penting dalam bahasa Inggris, yaitu Membaca (Reading), Menulis (Writing), Mendengarkan (Listening), dan Berbicara (Speaking) loh. Selamat membaca EFriends!

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!