Belajar Bahasa Inggris Melalui Buku Cerita

2016.09.14
Belajar Bahasa Inggris Melalui Buku Cerita

Jika Anda punya waktu 10 menit bersama anak-anak, apa yang akan dilakukan? Di antara banyak pilihan, membaca buku bersama mereka dapat menjadi salah satu aktivitas yang bermanfaat. Nggak hanya membantu mengembangkan bahasa tapi juga menciptakan kebiasaan baik buat mereka. Anda dapat melakukan aktivitas ini di mana saja, bahkan di tempat tidur.

 

Membaca buku dengan tujuan menciptakan quality time bersama juga membantu meningkatkan kemampuan bahasa anak bukanlah hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan orangtua untuk menjadikan aktivitas bersama ini bermanfaat:

 

read Establish the habit/ Menciptakan kebiasaan

 

Luangkan waktu dalam sehari atau seminggu secara rutin yang Anda dedikasikan khusus bagi anak-anak. Setiap malam sebelum tidur; atau setiap hari Sabtu sore saat Anda tidak bekerja. Ketika anak-anak terbiasa dengan jadwal yang ada, mereka akan secara alami mendatangi Anda untuk Story Time. Ini membantu menciptakan kebiasaan baik buat mereka di kemudia hari.

 

read Choose a book that your kid is interested in/ Pilih buku yang mereka sukai

 

Sebelum membaca buku, coba luangkan waktu untuk mencari tahu kesukaan mereka atau buku yang mereka sukai. Jika ia suka dongeng, pilihlah buku yang penuh dengan keajaiban; jika ia suka dengan alam, buku mengenai Bumi atau alam semesta dapat menjadi pilihan yang tepat.

 

read Use simple questions to improve reading comprehension/ Gunakan kalimat Tanya sederhana untuk meningkatkan pemahaman bacaan mereka

 

cartoon2Hal yang perlu diingat orangtua adalah Anda harus membaca BERSAMA dengan anak Anda dan bukan membaca UNTUK anak Anda.

Orangtua dapat membantu meningkatkan tingkat partisipasi dengan berinteraksi saat membacakan buku. Anda dapat menanyakan pertanyaan yang berhubungan dengan cerita.

 

Pada awalnya, Anda dapat memulai dengan “What” atau “How”. Contohnya: What do you see on this page? What color is this car? Do you like the yellow bus? How many fish are there in this fish tank?

Saat mereka mulai menunjukkan peningkatan pada kemampuan membaca mereka, orangtua dapat menanyakan hal mengenai jalan cerita. Contohnya: What is going to happen next?

Jangan lupa memberi pujian atau penghargaan jika mereka berhasil memberikan jawaban lengkap atau kreatif.

 

read Don’t focus too much on new vocabulary/ Jangan terlalu fokus pada kosa kata baru

 

Jika ceritanya terlalu sederhana dan anak-anak sudah tahu setiap kata yang ada, Anda akan membuat mereka cepat bosan. Sebaliknya, jika menemukan banyak kosa kata baru coba bantu mereka menemukan artinya dengan menebak sesuai konteks cerita atau kalimat.

 

Nah, sekarang Anda sudah paham cara belajar Bahasa Inggris melalui buku cerita. Jangan tunda lagi, mulailah dari sekarang:

  1.  Pilih buku kesukaan anak Anda dan mulai membaca BERSAMA mereka
  2. Gunakan How/What untuk meningkatkan pemahaman bacaan
  3. Bantu anak bereksplorisasi untuk menstimulasi imajinasi mereka.

Selamat Membaca!

Baca juga tips belajar bahasa Inggris melalui film kartun kesukaan anak Anda DI SINI!