Bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari membaca?

2017.11.27
Bagaimana cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis dari membaca?

Pemikiran Kritis adalah seni menggunakan akal untuk menganalisa gagasan dan menggali lebih dalam untuk mencapai potensi sejati kita. Pemikiran kritis bukan tentang berpikir lebih jauh atau berpikir lebih keras; Ini tentang berpikir lebih baik. Namun perjalanan untuk mengembangkan keterampilan yang penting ini tidaklah sederhana. Mungkin alat kecil, seperti sticky notes, bisa membantu Anda.

Di kelas bahasa Inggris, guru terkadang menggunakan sticky notes untuk memberi inspirasi kepada anak-anak untuk berpikir dalam perjalanan membaca mereka.

Dengan “metode membaca dengan sticky notes“, anak-anak dapat belajar menganalisis bagian-bagian dalam enam perspektif:

  1. Make connections (Menghubungkan)
  • This reminds me of… / Ini mengingatkan saya akan…
  • I can relate this to… / Aku dapat menghubungkan ini dengan…
  • This makes me think of… / Hal ini membuatku teringat akan…
  1. Ask questions  (Memberi pertanyaan)
  • I’m wondering… Aku berpikir…
  • Why did… Mengapa….
  • What does… Apa yang….
  1. Make inferences (Membuat kesimpulan)
  • From the text, I can infer that… / Dari teks tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa…
  • My schema helps me know… / Skema saya membantu saya mengerti…
  • I’m guessing…because… / Saya menebak… karena…
  1. Make predictions  (Membuat perkiraan)
  • I predict… / Saya memperkirakan…
  • I think…will happen because… Saya rasa… Akan terjadi karena…
  1. Monitor comprehension (Memantau pemahaman)
  • I’m thinking… / Saya berpikir…
  • I’m noticing… / Saya memperhatikan…
  • In this section… / Pada bagian ini…
  1. Make evaluations (Memberikan evaluasi)
  • In my opinion… / Menurut pendapat saya….
  • I do/don’t like… / Saya suka/tidak suka
  • I do/don’t agree with…because… / Saya setuju/tidak setuju dengan… karena…

 

Enam perspektif pemikiran kritis mungkin nampak sangat berat di awal, tapi sebenarnya hal ini sangat menyenangkan dengan menggunakan sticky notes yang berwarna-warni. Kode warna tidak hanya merangsang sensasi visual dan ingatan mereka, tetapi juga membantu memotivasi anak untuk membaca. Ini mendorong anak-anak untuk menuliskan proses berpikir mereka dan memudahkan orang tua dan guru untuk melihat bagaimana pemikiran mereka.

Bagaimana cara menggunakan sticky notes untuk membaca? Setiap warna akan mewakili satu perspektif:

Make connections (Menghubungkan) = pink

Ask questions (Memberi pertanyaan)= oranye

Make inferences (Membuat kesimpulan)= kuning

Make predictions (Membuat perkiraan)= hijau

Monitor comprehension (Memantau pemahaman)= biru

Make evaluations (Memberikan evaluasi)= ungu

Saat anak membaca, mereka harus mengikuti peraturan warna, dan menuliskan apa yang mereka pikirkan sepanjang bacaan mereka pada sticky notes.

Untuk anak-anak di usia muda, ketika mereka pertama kali mulai berlatih dengan metode ini, mungkin akan sulit bagi mereka untuk melakukan semua 6 perspektif ini. Jadi, beberapa guru hanya akan memulai dengan satu perspektif atau satu warna, dan menambahkan satu per satu kemudian.

Sebagai contoh “Make connections (Menghubungkan)”, ketika selesai membaca satu paragraf, guru akan berhenti dan bertanya kepada anak-anak tentang paragraf tersebut. Kemudian, membimbing mereka untuk menghubungkan bacaan dengan pengalaman mereka sendiri dan menuliskannya di atas kertas merah muda. Siswa mungkin menulis:

“It reminds me of my pet. The protagonist has a puppy. His puppy is naughty, but my puppy always follows my order.”

Mari kita lihat bagaimana “Make predictions (Membuat kesimpulan)”. Guru dan siswa membaca paragraf pertama bersama-sama, dan setelah paragraf pertama, siswa menulis tentang apa yang mereka pikirkan akan terjadi berikut. Misalnya, dalam paragraf pertama, “The little duckling got lost, he couldn’t find his mom.”, siswa mungkin menulis:

“he sat and cried, not knowing what to do.”

“he is very brave, and decided to look for his mom on his own.”

“he met his friend, the little chicken and the little puppy. They help him to look for his mom. ”

Anda dapat menambahkan kode warna secara bertahap untuk memperluas cakupan pemikiran. Enam perspektif ini dapat membantu anak-anak memahami teks secara mendalam dan menerapkan penilaian mereka tentang apa yang mereka baca.

 

Jika Anda tidak memiliki sticky notes di rumah, Anda juga bisa menyiapkan kertas putih dan beberapa spidol. Setiap warna dapat digunakan untuk mewakili satu perspektif untuk berpikir.

Mari berlatih dengan anak Anda sekarang!