Meningkatkan Listening Skill Dengan Nonton TV Show Ini

2019.03.27
Meningkatkan Listening Skill Dengan Nonton TV Show Ini

Dalam belajar bahasa Inggris, pasti kamu selalu berusaha atau diberikan cara yang menyenangkan untuk mempelajarinya. Kira-kira ada tidak ya cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris terutama untuk mengasah kemampuan mendengar dalam bahasa Inggris? Tentu saja ada.

Menonton TV bisa menjadi salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu bahkan tanpa kamu sadari. Pernah dengar artis Mila Kunis? Artis yang berasal dari Ukraina ini belajar bahasa Inggris hanya dari menonton TV show British dan Amerika.

Kira-kira mengapa ya belajar bahasa dari sebuah TV show menjadi cara yang cukup efektif? Karena, dengan menonton TV show atau TV series, dapat membantu kamu untuk menyerap semua hal yang ada di dalamnya. Seperti slang atau idiom terbaru, percakapan sehari-hari, istilah atau dialog untuk situasi atau tempat tertentu dan juga belajar aksen bahasa Inggris.

Penasaran kan? Selain seru untuk dilakukan, menonton TV series atau TV show juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Saat menonton, kamu bisa menggunakan subtitle bahasa Inggris, sehingga kamu bisa sambil melihat dan mendengar bagaimana mengucapkan kata-kata tertentu.

Nah, kira-kira TV show apa yang harus kamu tonton? Lihat yuk rekomendasi TV show atau TV series di bawah ini!

Rekomendasi TV Series

1. Friends

friends sseries

TV show satu ini menjadi salah satu iconic TV show dan menjadi kesukaan dari banyak orang. Coba tanya orang tua atau kakakmu, siapa tahu mereka menjadi salah satu penggemar dari TV show satu ini. Friends bercerita tentang enam orang dari kota New York yang tinggal bersama. Dengan latar tahun 90’an, kamu juga bisa melihat budaya di tahun tersebut.

Dengan alur, plot dan cerita yang sederhana, ditambah dialog-dialog yang menarik, bisa membuat kamu terbiasa dalam berbicara dalam bahasa Inggris kalau kamu mau mempraktikkannya. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari kosakata-kosakata lama, belaja rmenghapal dan mengetahui konstruksi kalimat untuk sehari-hari.

2. The Big Bang Theory

big bang theory series

Menceritakan tentang 2 orang genius dan nerd yang tinggal bersama. Kedua genius ini memiliki IQ 360 jika kedua IQ mereka di gabung. Lalu datang tetangga baru, seorang perempuan cantik yang senang bersosialisasi. Jadi kebayangkan orang-orang nerd kaya dua sahabat itu kalau kumpul sama tetangga baru mereka?

Nah TV series ini memiliki cerita yang lucu dan menarik untuk kamu ikuti. Acara ini juga cocok untuk kamu yang ingin belajar tentang bahasa Inggris sehari-hari, bahkan sebagai bonus, kamu bisa mempelajari beberapa kosakata mengenai sains dan teknik. Selain itu, kamu juga bisa belajar beberapa aksen untuk mempertajam pendengaranmu karena karakter-karakter yang ada di TV show ini bersifat multikultural.

3. Sherlock

sherlock series

Nah, TV series satu ini cocok untuk kamu yang ingin mempelajari bahasa Inggris british. Berlatar belakang di London, Sherlock bercerita tentang detektif hebat bernama Sherlock Holmes yang sering melakukan investigasi untuk kasus-kasus aneh yang dibantu dengan sahabatnya, Dr. Watson.

Menonton Sherlock bisa menjadi caramu untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris karena di Sherlock sering menggunakan kosakata bahasa Inggris yang tidak terlalu umum di gunakan. Kamu juga bisa membiasakan telingamu untuk mendengarkan aksen british yang sering dianggap sulit itu.

4. The Simpsons

the simpson series

Siapa yang tidak tahu TV series satu ini? Itu loh keluarga Simpsons yang berwarna kuning dengan berlatar belakang di Amerika. Ceritanya menarik dan lucu, jadi kamu dijamin tidak akan merasa bosan menontonnya.

Selain itu, bahasa yang digunakan pun tidak rumit untuk dimengerti dan sangat relatable dengan kehidupan sehari-hari. Psst, umur TV show ini sudah 28 tahun loh, jadi dijamin kamu gaakan ‘kehabisan’ episode untuk menonton The Simpsons.

5. Home and Away

home and away series

Nah, kalau sebelumnya banyak TV show yang berasal dari Amerika dan Inggris, acara satu ini berasal dari Australia. Untuk kamu yang ingin ke Australia, show ini bisa menjadi bahan untukmu belajar tentang Australia itu sendiri. Melalui show ini kamu bisa belajar tentang slang-slang khas Australia dan akses bahasa Inggris masyarakat di sana.

6. Brooklyn Nine-Nine

brooklyn nine nine series

TV show satu ini menceritakan tentang kehidupan di sebuah kantor polisi di Brooklyn. Selain bisa tahu lebih banyak mengenai kepolisian, cerita di dalam Brooklyn Nine-Nine juga seru dan lucu sekali. Dijamin, kamu pasti menyukai aksi lucu tapi keren dari Jake Peralta, salah satu detektif di Precinct 99. Belum aksi lucu dan konyol detektif lainnya dan Kapten Holt.

Nah, kamu bisa mempelajari bukan hanya akses khas Amerika, tapi kamu juga bisa mempelajari dialog-dialog yang ringan dan super lucu. Walaupun banyak membahas tentang kasus dan kejahatan, tapi dialog yang digunakan sangat mudah dimengerti.

Itu dia 6 TV show yang bisa kamu tonton untuk belajar bahasa Inggris khususnya mempertajam skill mendengarmu. Selain menambah ilmu, menonton TV show di atas dijamin bisa jadi ‘great escape’ kalau kamu lagi penat terhadap tugas-tugas di sekolah. Dengan menonton tv show, kamu bisa merasakan serunya belajar bahasa Inggris kan. Kamu juga bisa loh merasakan serunya belajar bahasa Inggris di EF. Mau tau caranya? Klik It’s EF Time untuk mendapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 Juta! Jangan sampai ketinggalan ya EFriends hanya berlaku dari tanggal 20 April sampai 6 Mei 2019. #AkuBisa jago Inggris bersama EF

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_17138ec6773af314558fd72e0b20713d', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_17138ec6773af314558fd72e0b20713d', '1575864254', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)