8 Manfaat Menonton Film Bahasa Inggris

2019.03.28
8 Manfaat Menonton Film Bahasa Inggris

Menonton film seringkali dianggap hanya sebagai hiburan semata untuk kita. Tapi jangan salah, menonton film itu ternyata banyak manfaatnya loh! Misalnya, memahami isu-isu sosial, ataupun mencari inspirasi bisa didapatkan dengan menonton film. Selain itu, kalau kamu berencana bepergian atau bersekolah di luar negeri, kamu dapat belajar bahasa Inggris dari film bahasa Inggris juga loh!

Dalam belajar bahasa Inggris, tidak hanya secara teori tapi penggunaan bahasa Inggris yang benar dalam berkomunikasi harus juga dipelajari. Nah, untuk belajar bahasa Inggris sekaligus latihan belajar bahasa Inggris, kamu bisa melihat contohnya melalui film. Mulai dari tenses, vocab, maupun grammar bisa kamu pelajari penggunaannya melalui film. Dalam artikel ini akan membahas mengenai berbagai manfaat kamu bisa dapatkan dengan menonton film berbahasa Inggris.

Manfaat Menonton Film Bahasa Inggris

1. Meningkatkan Minat Belajar

Apakah kamu terkadang suka jenuh ketika belajar? Memang, terkadang jika kita terus-menerus membaca textbook bisa jadi membosankan. Padahal, cara belajar setiap orang itu berbeda, ada yang secara visual (menyerap pelajaran melalui penglihatan), auditory (memahami pelajaran melalui pendengaran), dan kinestetik (menyerap pelajaran melalui gerakan). Nah, belajar melalui menonton film sangat cocok untuk anak yang memiliki tipe belajar secara visual dan auditory. Melalui gambar dan suara yang ada dari film, akan memudahkan kamu untuk belajar. Selanjutnya, melalui alur cerita yang menarik, tentunya selain terhibur dengan cerita dari film tersebut, minat belajar kamu tentunya juga akan meningkat. Pokoknya kamu tidak akan bosan belajar dengan menonton film.

2. Latihan Listening

Suka mendengar beragam aksen dalam bahasa Inggris? Dengan adanya beragam aksen dalam bahasa Inggris, kadang kita sulit memahami perkataan orang lain dalam bahasa Inggris dengan aksen yang tidak biasa kita dengar. Nah, salah satu solusi untuk menanganinya adalah dengan membiasakan diri mendengar beragam aksen tersebut. Dengan membiasakan diri untuk mendengar percakapan bahasa tentunya akan meningkatkan kemampuan kamu untuk berkomunikasi dengan baik. Karena, kamu akan lebih cepat menangkap perkataan lawan bicaramu dalam bahasa Inggris.

3. Pronunciation

Nah, jika sebelumnya sudah dijelaskan bahwa dengan menonton film dapat meningkatkan kemampuan mendengarmu, kamu juga dapat melatih cara pengucapanmu atau pronunciation dalam berbicara dengan bahasa Inggris. Bagaimana caranya? Dengan mendengar perbincangan yang ada di dalam film, tentunya kamu akan mengetahui bagaimana pronunciation yang benar dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, jika tadi kamu dapat memahami beragam aksen dalam bahasa Inggris melalui mendengar, dengan terbiasa mendengar aksen-aksen tersebut kamu juga dapat melatih pronunciation mu dalam berbicara bahasa Inggris, misalnya berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan aksen British English dan American English, dan kamu bisa mengaplikasikannya sehari-hari.

4. Menambah Kosakata

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu adalah dengan menambahkan pengetahuanmu tentang kosakata baru dalam bahasa Inggris. Nah, hal ini dapat dilakukan dengan menonton film. Dengan percakapan yang dilakukan oleh tokoh-tokoh yang ada di film yang kamu tonton, tentunya kamu dapat menemukan kosakata baru yang bisa kamu pelajari, dan ketika menemukan kosakata tersebut ada baiknya kamu catat, sehingga kamu bisa mencari lebih lanjut mengenai kata tersebut setelah kamu selesai menonton film. Lumayankan bisa membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris?

5. Belajar Budaya

Ketika kamu berpergian atau belajar keluar negeri, sangat mungkin kamu akan terkena culture shock saat menemui beragam budaya baru, dan harus beradaptasi akan itu. Nah, dengan menonton film, kamu akan lebih mudah untuk mempelajari budaya-budaya baru. Sehingga, hal ini dapat membantu kamu agar tidak kaget ketika harus berada di lingkungan yang berbeda.

6. Meningkatkan Kesadaran

Film-film seringkali mengangkat isu-isu yang ada di sekitar kita. Misalnya, isu tentang ekonomi, sosial, dan lainnya. Nah, dengan menonton film tentunya kita akan lebih memahami permasalahan yang ada di sekitar kita. Sehingga kita akan lebih peka dengan lingkungan sekitar, dan tentunya akan meningkatkan perhatian kita akan kasus-kasus tertentu.

7. Inspirasi

Pernah menonton film superhero dimana mereka dapat menyelamatkan duniaa? Atau bagaimana seseorang yang kurang mampu dengan pantang menyerah dapat menjadi salah satu orang terkaya di dunia? Nah, selain ceritanya yang menghibur, film dapat memberikan inspirasi kepada kita untuk bekerja lebih keras. Ketika kamu sedang jenuh atau kehilangan semangat untuk belajar atau hal lainnya, dengan menonton film tentunya dapat meningkatkan semangatmu lagi.

8. Memperdalam Pemahaman

Terkadang ketika belajar di kelas, terdapat beberapa poin dari pelajaran yang kurang di pahami kita. Untuk mengatasi hal tersebut, dengan menonton film dapat memberikan pemahaman lebih dalam mengenai hal tersebut.

Nah, itu tadi 8 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menonton film. Ternyata, selain menghibur, film menjadi salah satu cara menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris. Ingin tau cara seru lainnya untuk belajar bahasa Inggris? Yuk belajar bahasa Inggris seru di EF! Klik It’s EF Time untuk mendapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 Juta! Jangan sampai ketinggalan ya EFriends hanya berlaku dari tanggal 20 April sampai 6 Mei 2019. #AkuBisa jago Inggris bersama EF