Tips Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris

2019.06.28
Tips Percaya Diri Berbicara Bahasa Inggris

Pernahkah kamu merasa gugup berbicara (speaking) bahasa Inggris di depan kelas? Situasi yang tidak familiar membuat kamu merasa tidak nyaman dan menjadi tidak percaya diri. Hal itu wajar saja kok. Namun, ada beberapa trik yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan kepercayaan diri ketika kamu harus berbicara bahasa Inggris di depan kelas atau umum. Mau tau apa saja? Simak artikel di bawah ini yaa.

1. Terus berlatih

Berlatih dan berlatih menjadi cara yang ampuh untuk membangun kepercayaan dirimu. Misalnya, menulis ulang dan mengulang-ulang materi membuat kamu untuk mengingat materi yang akan kamu bicarakan. Latihan pernapasan sederhana juga bisa membantu kamu untuk tetap tenang berbicara di depan umum loh.

2. Review

Mengulang apa yang telah kamu pelajari memang membutuhkan waktu lebih. Namun, trik ini memberikan perbedaaan yang signifikan. Semakin kamu mengulang kosakata dan tata bahasa Inggris yang telah kamu pelajari, semakin lancar kamu berbicara bahasa Inggris.

3. Positive thinking

Sikap dan pola pikir yang kamu tanamkan sama pentingnya dengan ilmu yang sudah kamu pelajari. Tanamkan kepada diri kamu bahwa kamu memiliki tabungan kosakata yang banyak dan kemampuan berbicara yang baik. Cobalah untuk selalu bersikap positif tentang kemampuan bahasa Inggris kamu.

4. Jangan pernah takut salah

Ketika kamu belajar bahasa Inggris, tentu saja kamu pernah melakukan kesalahan. Namun, hal ini jangan dijadikan penghalang untuk terus belajar. Semakin sering kamu belajar dari kesalahan, maka semakin kecil kesalahan yang akan kamu lakukan di kemudian hari.

Itu dia empat trik yang bisa kamu praktikkan untuk meningkatkan kepercayaan diri berbicara bahasa Inggrismu. Jadi, sudah siap untuk berbicara bahasa Inggris di depan kelas?

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!