Tips Berlatih Vokal

2019.03.14
Tips Berlatih Vokal

Bernyanyi tidak hanya memerlukan suara yang indah, namun EFriends perlu mempelajari teknik-tekniknya. Carie Cole, salah satu pelatih vokal di Amerika Serikat, mengatakan bahwa kamu harus memahami bahwa suara merupakan instrumen yang ada di dalam tubuhmu dan kamu harus berlatih untuk menggunakannya secara maksimal. EFriends ingin menunjukkan bakat menyanyi kamu di EF Challenge 2019? Tips latihan vokal berikut ini dapat kamu praktikkan untuk memaksimalkan penampilan kamu di video bakatmu nanti.

1.Berlatih teknik pernapasan

boys sing
Pernapasan perut merupakan teknik pernapasan yang terbaik ketika bernyanyi karena menghasilkan nafas yang panjang, ringan, dan produksi suara menjadi lebih bagus. Untuk melatih teknik pernapasan ini, caranya adalah berdiri lurus dengan santai lalu letakkan jempol di ujung tulang rusuk terbawah. Tarik nafas melalui hidung dan rasakan jempol kamu terdorong ke sebelah luar, sebagai reaksi dari melonggarnya tulang iga. Kemudian keluarkan nafas secara perlahan sambil dikeluarkan dalam bentuk vokal A atau konsonan S. Lakukan hal ini secara rutin agar otot-otot perut kamu menjadi kuat dan kokoh.

2. Minum air putih

girl drinks water
Minum air putih yang banyak, akan melembabkan dan membantu menghilangkan kelebihan lendir di tenggorokan. Kamu juga bisa minum teh hangat sebagai variasi. Kamu sebaiknya menghindari susu, minuman ringan, dan soda karena susu dan gula malah menimbulkan dahak dan lendir di tenggorokan kamu.

3. Hindari makan sebelum bernyanyi

cake
Bernyanyi dalam keadaan kenyang dapat membuatmu susah bernapas loh. Karena makanan yang masuk ke perut menyebabkan diafragma berhenti bergerak ke bawah. Makanlah 2 jam sebelum kamu bernyanyi dan makan makanan ringan seperti biskuit atau crackers. Oh iya, hindari makanan-makanan pedas ya karena dapat menimbulkan lendir di tenggorokan.

4. Jangan memaksakan nada tinggi

girl sing outloud
Jika lagu yang kamu nyanyikan memiliki nada tinggi, jangan memaksakan terlalu keras ya. Karena jika kamu terus memaksanya, malah kamu mengeluarkan suara yang sumbang. Triknya adalah tenangkan diri dan biarkan suaramu naik secara perlahan. Kamu juga bisa sedikit membungkukkan dada dan posisikan dagu kebawah agar kamu memiliki tenaga lebih untuk mencapai nada tinggi.

5. Pilih lagu yang sesuai dengan karakter suaramu

song note
Pemilihan lagu itu penting loh EFriends. Jika lagu yang kamu pilih memiliki nada yang tinggi sedangkan kamu belum mampu menyanyikan nada tinggi, tentu akan menyusahkan kamu sendiri. Pilih lagu yang nyaman kamu nyanyikan. Rekomendasi lagu bahasa Inggris ini dapat menjadi pilihan kamu dalam memilih lagu loh.

6. Have fun!

two boys sing
Setelah berlatih berhari-hari mempersiapkan penampilan terbaikmu, jangan lupa tunjukkan kepercayaan diri kamu di depan penonton ya. Jangan lupa tersenyum agar penampilanmu semakin sempurna.

 

Nah, EF Challenge 2019 sudah dimulai loh. EF Challenge merupakan video kompetisi dan juga kompetisi ajang bakat untuk anak usia 3-9 tahun dan remaja usia 10-17 tahun yang berhadiah EF homestay voucher senilai US $ 5,000! Di EF Challenge 2019, EFriends dapat menunjukkan bakatmu seperti menyanyi, berpuisi, karate, judo, melukis, menari, dan lainnya loh. Yuk segera submit video terbaikmu di EF Challenge 2019 dan tunjukkan dunia bakatmu! #AkuBisa Jadi Juara.