Bagaimana Cara Mengakhiri Presentasi dengan Kesimpulan yang Tak Terlupakan

2018.02.28
Bagaimana Cara Mengakhiri Presentasi dengan Kesimpulan yang Tak Terlupakan

Ada banyak tips untuk memberikan presentasi yang baik, dan meskipun penting untuk membuat penonton tertarik sejak awal, apa yang kamu lakukan di sesi terakhir akan memberikan dampak menyeluruh dan menentukan tingkat kesuksesan presentasi kamu.

Script

A good presentation should end with a closing that is as powerful as the beginning. Before you end a presentation, first, you need to give audience a signal that the end of your presentation is coming. You can say “now I will finalize with the conclusions” or “to sum up….” It also alerts the audience to pay attention.

As people will remember the end of your presentation best, it is a great opportunity to recap and emphasize your main message. At the end of your talk, it’s a good idea to summarize what you’ve spoken about, and help them to see how your ideas were connected.

If the purpose of your presentation is to persuade people to start to do something or change something, you could end it with a strong call-to-action, such as “begin the journey”,” vote today!” Your genuine enthusiasm is the most important element of a compelling conclusion. Your presentation has a purpose; let the purpose shine through in the conclusion of your presentation.

Sebuah kesimpulan sebaiknya memiliki fungsi fungsi berikut ini:

  1. Sinyal akan berakhir .
  2. Pengulangan singkat poin penting presentasi kamu.
  3. Dalam pidato yang informative, bawa topik yang diberikan dengan penutup yang alami dan memuaskan.
  4. Dalam pidato yang merujuk, ciptakan panggilan terakhir untuk melakukan sebuah tindakan atau komitmen.
  5. Ciptakan sebuah slogan – Bentuk motto, ide, atau prinsip kamu menjadi sebuah pernyataan yang kuat dan mudah diingat.

Sebuah kesimpulan sebaiknya tidak melakukan hal ini:

  1. Mengucapkan pernyataan yang membosankan “that’s all I have to say.” “Cukup sekian yang saya sampaikan.”
  2. Mengubah topik kamu atau posisi argumentasi kamu.
  3. Mengucapkan kata-kata yang kurang menarik “thank you” “terimakasih” atau “are there any questions?” “Apakah ada pertanyaan?”
  4. Mengambil waktu lebih dari 10% total pidato kamu.

Mau belajar dan berlatih lebih lanjut?

Unduh Lembar Kerja Bahasa Inggris Gratis Ini!