6 Tips Menghadapi Speaking Test IELTS

2019.03.28
6 Tips Menghadapi Speaking Test IELTS

Apakah EFriends akan mengambil tes IELTS dalam waktu dekat? Sebagai gambaran, International English Language Testing System (IELTS) adalah tes bahasa Inggris yang berstandar internasional. Biasanya hasil dari tes ini dibutuhkan apabila kamu akan bersekolah/ kuliah di luar negeri. Nah, di dalam tes ini terdapat 4 komponen yang akan menguji pemahaman kamu di dalam bahasa Inggris, yaitu reading, writing, listening, dan speaking. Biasanya, banyak orang yang nervous ketika menghadapi speaking test karena kamu akan bertatap muka langsung dengan pengujimu. Namun tidak perlu khawatir, selain sering berlatih bahasa Inggris, tips berikut dapat membantu kamu untuk menghadapi speaking test pada saat IELTS.

Tips-tips untuk menghadapi speaking test pada saat IELTS

1. Persiapkan Dirimu Sebaik Mungkin

Sebelum mengambil IELTS, ada baiknya kamu belajar dan memahami materi-materi yang akan diujikan pada saat IELTS. Struktur dari speaking test sendiri biasanya seperti berikut:

Bagian Durasi Penjelasan
Bagian 1: Perkenalan dan Interview 4-5 menit Pada bagian ini, penguji akan memperkenalkan diri dan memverifikasi data dirimu. Penguji akan menanyakan pertanyaan umum, seperti mengenai hobi, keluarga, dan lainnya.
Bagian 2: Individual long turn 3-4 menit Pada bagian ini, penguji akan memberikan kartu dimana di dalamnya tertera suatu topik dan poin apa saja yang perlu kamu masukan di dalam pembicaraanmu. Kamu akan diberikan waktu selama 1 menit untuk menyiapkan diri, dan akan dipersilahkan untuk berbicara selama 1-2 menit.
Bagian 3: Diskusi 4-5 menit Pada bagian ini, penguji akan memberikan pertanyaan lebih jauh mengenai topik yang baru saja kamu bahas. Pada bagian ini kamu diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan penguji mengenai topik yang terkait dengan bagian sebelumnya.

 

Setelah mengetahui struktur dari speaking test, kamu dapat berlatih sesering mungkin untuk meningkatkan kemampuan berbicaramu. Kamu dapat merekam suaramu saat berlatih, atau bahkan berlatih di depan cermin untuk melatih kepercayaan dirimu.

2. Tenang Ketika Menjawab

Ketika memasuki ruangan ujian dan dihadapkan oleh pengujimu, biasanya akan mulai timbul rasa panik.Tapi disini kamu harus dapat mengendalikan dirimu, karena ketika kamu panik, kamu bisa lupa dengan segala hal yang telah kamu persiapkan. Nah, ketika sesi tes telah dimulai, dan penguji mulai memberikan pertanyaan jawablah secara tenang dan jelas sehingga kamu dapat meyakinkan pengujimu dengan jawaban-jawaban yang kamu paparkan.

3. Menjawab Sesuai Pertanyaan

Ketika kamu diberikan pertanyaan oleh penguji, jawablah sesuai konteks pertanyaannya. Pada awal sesi speaking test, dengarkanlah hingga tuntas pertanyaan yang diberikan, kemudian jawablah dengan jawaban yang sesuai. Jangan terlalu bertele-tele dalam menjawab terutama pada bagian awal. Baru, ketika kamu diminta untuk menjelaskan sesuatu, kamu dapat berbicara lebih banyak dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Pastikan untuk selalu menjawab semua pertanyaan yang diberikan pengujimu ya!

4. Berbicara dengan Jelas

Dalam speaking test, berusahalah untuk menjawab pertanyaan dengan pronunciation yang benar. Hal ini menjadi salah satu hal yang diperhatikan ketika kamu tes nanti. Dengan berbicara yang jelas, benar, dan mudah dimengerti tentunya akan meningkatkan nilaimu juga.

Selain itu, cobalah untuk menjawab pertanyaan dengan terstruktur. Kamu dapat memulai dari pembuka, jawaban, alasan dari jawabanmu, dan penutup. Jangan lupa manfaatkan semaksimal mungkin waktu yang disediakan, jangan sampai pengujimu lebih banyak berbicara daripada kamu ya!

5. Jangan Menghafal

Ketika menjawab pertanyaan pada sesi speaking test, janganlah menjawab terpaku dengan hafalanmu ketika berlatih untuk tes tersebut. Topik yang diangkat di dalam speaking test IELTS biasanya bertemakan situasi sehari-hari atau situasi umum disekitar kita. Seringkali, peserta yang mengikuti IELTS berusaha menghafalkan jawaban yang sekiranya benar. Padahal pada sesi tes ini, bertujuan untuk menguji bagaimana kamu dapat memberi tanggapan secara spontan, dan bagaimana kamu dapat mengelaborasi idemu menjadi jawaban yang baik. Intinya, mereka akan melihat kemampuan kamu dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Ingat, pengujimu sudah sering menguji peserta-peserta yang telah mengikuti IELTS, jadi mereka dapat dengan mudah mengetahui apabila kamu menjawab pertanyaan berdasarkan idemu atau hanya sekedar menghafalkan jawaban yang kamu persiapkan.

6. Jangan Takut untuk Bertanya

Ketika kamu tidak mengerti pertanyaan yang diberikan oleh penguji, kamu dapat bertanya kepada pengujimu loh! Walaupun kamu sedang diuji kemampuannya, tapi bukan berarti kamu tidak dapat bertanya ke pengujimu. Dalam hal ini, pertanyaan yang kamu dapat tanyakan adalah seputar bagian dari pertanyaan yang tidak kamu mengerti. Tapi, bukan berarti kamu dapat menanyakan semua pertanyaan yang diberikan ya! Tanyakanlah bagian spesifik dimana bagian yang kamu kurang mengerti, dan pengujimu akan berusaha untuk menjelaskannya. Jangan sampai kamu salah menjawab pertanyaan yang diberikan, hanya karena kamu tidak mengerti tujuan dari pertanyaan yang diberikan.

Nah, itu tadi 6 tips yang bisa kamu gunakan agar dapat menghadapi speaking test pada saat IELTS. Agar persiapan tes IELTS kamu semakin lancar, yuk belajar bahasa Inggris di EF! Klik It’s EF Time untuk mendapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 Juta! Jangan sampai ketinggalan ya EFriends hanya berlaku dari tanggal 20 April sampai 6 Mei 2019. #AkuBisa jago Inggris bersama EF

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_27892b115686f4bbc97c66664b628b39', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_27892b115686f4bbc97c66664b628b39', '1571149668', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)