Video Belajar Bahasa Inggris: Roddy’s Family

2016.12.22
Video Belajar Bahasa Inggris: Roddy’s Family

Roddy dan Ben sedang berada di rumah dan mereka berbincang-bincang mengenai keluarga masing-masing. Mau berkenalan dengan keluarga Roddy dan Ben? Tonton videonya di EF Blog.

 

Film kartun adalah salah satu media yang dapat menarik minat si kecil. Bagaimana menggunakan kartun untuk membantu mereka belajar bahasa Inggris? Seri kartun bahasa Inggris kami dapat membantu Anda!

Apa yang Anak Anda dapat pelajari dalam unit ini?

 

SSvideo2 Kosakata:

Family Members: Dad, Mum, Grandma, Grandpa, Brother, Sister – Anggota Keluarga: Ayah, Ibu, Nenek, Kakek, Kakak/ Adik laki-laki, Kakak/ Adik Perempuan

Nose, Ears, Eyes, Mouth, Hands, Legs – Hidung, Telinga, Mata, Mulut, Tangan, Kaki

SSvideo2 Pola Kalimat:

Who’s this?

  • This is my Mum.
  • He is my grandpa.
SSvideo2 Step 1: Imitating dialogues

Anda dapat mengikuti dialog dalam video dan mengeluarkan foto album keluarga (atau ponsel Anda yang berisi foto-foto keluarga). Anda dapat memulainya dengan berkata:

“Who’s this?/Who’s she?”

Kemudian bimbing anak Anda untuk menjawabnya dengan kalimat lengkap:

“This is my sister. This is my grandma.”

Anda dapat melakukan ini sebagai latihan rutin dimanapun dan kapanpun!

SSvideo2 Step 2. Repeating key words

Pada unit ini nama anggota keluarga dan bagian dari wajah merupakan kata kuncinya. Untuk itu, Anda dapat melatih kata-kata tersebut berulang kali dengan si kecil agar ia dapat mengingatnya.

Contoh latihan yang dapat dilakukan adalah bermain “Touch your…”.  Sebutkan bagian wajah tertentu dan minta mereka untuk menyentuhnya:

“Touch your nose!” atau “Touch your ear”.

Permainan ini sangat menarik buat anak-anak belajar bagian tubuh mereka.

SSvideo2 Step 3. Creating a semantic field

Semantic field merupakan kata-kata yang dikelompokkan menurut artinya. Pada unit ini kita mengenal “ibu, ayah”. Buat anak-anak dengan kemampuan bahasa Inggris yang lebih tinggi selain mengenal kosakata diatas, Anda dapat mendorong mereka membuat kalimat lengkap untuk memperkenalkan anggota keluarga mereka:

“This is my grandma. She is old. She is also kind. She likes to eat watermelons.”

 

Ada banyak metode pengajaran yang dapat kita gunakan. Anak-anak lebih tertarik dengan menonton kartun, bernyanyi dan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Anda dapat memanfaatkannya untuk melatih kemampuan bahasa Inggris mereka. Di EF Blog kami menyediakan berbagai media yang dapat membantu Anda mengajarkan bahasa Inggris pada si kecil. Temukan juga belajar bahasa Inggris melalui lagu.