Video Belajar Bahasa Inggris: I’m Hungry

2016.10.27
Video Belajar Bahasa Inggris: I’m Hungry

Pada unit ini, Ben dan Vic pergi piknik! Mereka kelaparan dan mencoba mencari buah untuk dimakan. Apa jenis buah yang mereka pilih? Dan berapa jumlahnya? Yuk, temukan jawabannya di video Bahasa Inggris berikut.

 

 

Berikut adalah 3 langkah yang dapat Anda gunakan untuk membantu anak-anak belajar Bahasa Inggris melalui video.

unit6aStep 1. Imitating the dialogues

Setelah menonton video untuk pertama kali, Anda dapat mencoba mengulang kembali dialog dalam video tersebut bersama anak-anak.

Contoh: Saat Ben dan Vic memberi salam pada adegan ini Anda dapat menekan tombol “Pause” dan mengikuti dialog yang ada: “Hello, (nama anak)!” Kemudian mendorong anak Anda untuk membalasnya dengan “Hello, mom/dad.”

Lakukan hal yang sama untuk adegan lainnya sehingga anak Anda dapat belajar berlatih komunikasi dalam bahasa Inggris.

 

unit6a Step 2. Repeating key words

Pada unit ini, kata kunci berada pada nama buah dan angka dalam Bahasa Inggris. Untuk itu, Anda dapat melatih anak-anak mengulang kata kunci agar mereka dapat mengingatnya.

Contoh: gambar buah apel, pisang dan plum pada kertas terpisah atau cari kartu bergambar buah. Tunjukkan pada mereka dan doronglah anak Anda untuk menjawab jenis buah yang Anda tunjukkan dalam Bahasa Inggris. Tambahkan jumlah ke dalam gambar Anda dan bantu mereka menghitungnya, “Three apples.”

 

unit6a Step 3. Creating a semantic field

Semantic field merupakan kata-kata yang dikelompokkan menurut artinya. Pada video kali ini, selain “apple, banana dan plum”, Anda juga dapat memperkenalkan jenis buah lainnya. Selain itu, Anda juga dapat mengajarkan angka dalam Bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan mereka.

Contoh: Jika anak Anda suka makan buah jeruk, Anda dapat memperkenalkan “orange” dan jika ia sudah dapat menghitung hingga 10, Anda dapat menggambar buah jeruk sebanyak 8 buah. Dorong mereka untuk menghitung dan mengucapkannya dalam bahasa Inggris “Eight oranges

 

Berdasarkan ke-tiga langkah diatas, Anda dapat memanfaatkan video diatas untuk membantu anak-anak meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Baca juga tips lain dalam mengajarkan Bahasa Inggris melalui film kartun kesukaan mereka. LIHAT DI SINI!