Pelajaran Fonik: Vow vs. Wow

2018.08.15
Pelajaran Fonik: Vow vs. Wow

Untuk para pelajar bahasa Inggris seperti kita, kemampuan untuk melafalkan bunyi bahasa Inggris dengan baik berperan besar dalam bagaimana orang lain mengukur keterampilan berbahasa Inggris kita. Kamu mungkin merasa kesulitan dalam mengucapkan beberapa bunyi tertentu, dan akibatnya para penutur asli sulit memahami apa yang kamu ucapkan atau bahkan menilai keterampilan berbahasa Inggrismu lebih buruk dari yang sebenarnya.

Dalam seri fonik ini, kamu akan belajar tentang ciri-ciri fonetik bahasa Inggris yang biasanya paling sering dilafalkan secara salah oleh para pelajar bahasa Inggris.

Hari ini, kita akan belajar dua bunyi: /v/ dan /w/

Pertama-tama, cobalah baca kata-kata berikut ini:  vow, vest, wow, west?

Kini, dengarkan cara Courtney, Guru EF, membacanya:

{/v//v/ vow, /v/ /v/ vest; /w//w/ wow, /w//w/west}

 

Untuk melafalkan /v/, rahang berada di posisi hampir menutup. Bagian atas dari bibir bawah perlahan menekan bagian bawah dari gigi atas. Lalu doronglah udara ke luar mulut, antara gigi atas dan bibi bawah.

Pelafalan /w/terjadi saat posisi rahang hampir tertutup dan bibir membentuk lingkaran kecil dan rapat. Karena pelafalan ini menghasilkan suara, maka pita suara harus bergetar selama kita melafalkan bunyi ini. Bunyi /w/ sangat mirip dengan bunyi vocal ‘oo’ /u/; satu-satunya perbedaan adalah posisi bibir sedikit lebih tertutup saat melafalkan /w/.

Kini giliranmu untuk mencoba! Ayo berlatih!

Bacalah kata-kata berikut ini dengan bunyi /v/ dan /w/

Kata dengan bunyi /v/ :

Vibe

Vivid

Victory

Kata dengan bunyi /w/ :

We

Wear

Wind

 

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_0bcc94f5f66bf882a2443734f58694fa', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_0bcc94f5f66bf882a2443734f58694fa', '1576430041', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)