Kosakata Unik dalam Bahasa Inggris yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

2019.03.27
Kosakata Unik dalam Bahasa Inggris yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Dalam belajar bahasa Inggris, kita semua tahu bahwa kosakata merupakan hal yang penting untuk bisa kamu ketahui. Sebagai pelajar bahasa Inggris dan tinggal di lingkungan yang tidak menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian, tentu, kosakata yang kita memiliki mungkin tidak sebanyak orang-orang yang memang dilahirkan dengan bahasa ibu bahasa Inggris, atau tinggal di lingkungan berbahasa Inggris sejak kecil.

Tapi jangan khawatir. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk terus mengasah dan menambah jumlah kosakata bahasa Inggris yang kamu miliki, dimulai dari menonton film, mendengarkan lagu dan membaca buku. Menarik ya? Tentu saja. Belajar bahasa Inggris, kini sudah memiliki cara-cara yang interaktif dan seru dilakukan. Jadi, dijamin, kamu tidak akan merasa bosan.

Nah, kadang, pernah kan kamu mendengar kata-kata tertentu dalam bahasa Inggris yang buat dahi kamu mengkerut? Misalnya, saat kamu mendengar kata precinct, kalau kamu suka menonton series-series seru yang bercerita tentang polisi.

Apa ya precinct itu? Sebetulnya precinct bisa dikatakan memiliki arti yang sama dengan kata area. Hayo, pasti kamu baru mendengar kata ini pertama kali kan? Nah, dalam bahasa Inggris, ada banyak kosakata unik bahasa inggris seperti precinct yang mungkin belum kamu tahu atau bahkan kamu anggap tidak ada sebelumnya. Hmm apa saja ya kira-kira? Berikut list kosakata unik untuk latihan bahasa Inggris kamu

List kosakata unik yang harus kamu ketahui!

1. Kerfuffle (n)

Hah? Kerfuffle? Siapa yang baru pertama mendengar kata ini? Yap, kata ini bukan kata buatan, tapi memang menjadi salah satu kosakata dalam bahasa Inggris. Kerfuffle ini memiliki arti yang sama dengan fuss atau bother. Jadi, kerfuffle bisa digunakan untuk menjelaskan suatu kondisi dimana jika ada dua orang atau lebih yang sedang berdebat karena berbeda pendapat dan menimbulkan keributan atau gangguan.

Contoh penggunaan:

Why are you guys mad at each other? Is it necessary to making such a kerfuffle?

Kenapa kalian marah kepada satu sama lain? Apakah perlu untuk menimbulkan keributan seperti ini?

2. Pilgarlic (adj)

Bukan, bukan. Pilgarlic itu bukan jenis tertentu dari bawang putih. Ya walaupun memang ada kata garlic di dalamnya. Pilgarlic adalah suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan kepala tanpa rambut atau botak. Yup, pilgarlic memiliki arti yang sama dengan kata bald.

Contoh penggunaan:

That man was standing out in the crowd because of his pilgarlic.

Laki-laki itu sangat mencolok di tengah kerumunan orang karena kepalanya yang botak.

3. Serendipity (n)

Apakah kamu pernah tiba-tiba mendapat suatu keuntungan? Misalnya, tiba-tiba memenangkan lomba saat kamu iseng mengikutinya? Atau, tiba-tiba diberi uang saku tambahan oleh orang tuamu? Nah kalau pernah, kamu bisa menggunakan kata serendipity untuk menjelaskan situasi atau kondisi di atas. Serendipity memiliki arti sudden luck, dan bisa dihubungkan dengan kutipan “Great things comes when you’re least expecting it.” Atau artinya, hal baik sering datang saat kamu tidak mengharapkannya.

Contoh penggunaan:

It was pure serendipity when I found the wallet I’ve lost yesterday.

Sebuah keuntungan yang tidak terduga saat aku menemukan dompet ku yang hilang kemarin.

4. Lollygag (v)

Lollygag bukan suatu jenis permen atau permainan, tapi merupakan suatu kata bahasa Inggris. Lollygag memiliki arti yang sama dengan kata idle atau jika dalam bahasa Indonesia, memiliki arti diam atau berdiam diri. Lollygag juga dapat diartikan sebagai bermalas-malasan.

Nah, untuk lebih jelasnya, lihat penggunaan kata ini dalam sebuah kalimat:

He must lollygag all day long since his parent is out of town and he doesn’t seem to get any work his parent gave done.

Dia pasti bermalas-malasan seharian karena orang tuanya sedang ada di luar kota dan dia sepertinya tidak menyelesaikan tugas apapun yang diberikan oleh orang tuanya.

5. Discombobulate (v)

Nah, kalau yang satu ini jangan sampai kalian kira sebuah mantra sihir seperti di film Harry Potter ya, karena ini merupakan kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti ‘bingung’. Discombobulate memiliki arti kata yang sama dengan confuse.

Kata ini biasanya digunakan untuk bercanda dengan orang lain. Jadi, jika kamu ada di sebuah situasi yang kaku dan formal, hindari menggunakan kata ini ya. Kalau tidak, bisa-bisa kamu di pelototin deh sama orang-orang.

Lalu bagaimana ya penggunaan kata ini dalam sebuah kalimat? Lihat contoh berikut ini:

What’s the matter? What is that look on your face? You look funny and a little discombobulated!

Ada apa denganmu? Mengapa mukamu seperti itu? Kamu terlihat lucu dan sedikit bingung!”

Nah, di atas tadi adalah 5 kosakata unik yang harus kamu tahu. Siapa tahu kamu memiliki kesempatan untuk melakukan summerschool atau pertukaran pelajar di luar negeri, kamu bisa menggunakan kata-kata di atas dengan teman-teman barumu disana. Tentunya, mereka juga akan kagum dengan pengetahuan kosakatamu yang luas. Mau tau kosakata unik lainnya? Yuk belajar bahasa Inggris seru di EF! Klik It’s EF Time untuk mendapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 Juta! Jangan sampai ketinggalan ya EFriends hanya berlaku dari tanggal 20 April sampai 6 Mei 2019. #AkuBisa jago Inggris bersama EF