Grammar? Grammar! Semua tentang Tata Bahasa Bahasa Inggris

2016.09.23
Grammar? Grammar! Semua tentang Tata Bahasa Bahasa Inggris

Mungkin buat sebagian besar orang jika mendengar kata “grammar”, hal pertama yang terlintas adalah: bosan! Ya, sebagian besar pelajaran tata bahasa dilakukan dengan cara menjelaskan aturan dasar, mengingat dan mengulangnya – menjadikan pelajaran ini membosankan. Professor Larsen Freeman dari Michigan University memperkenalkan Grammarian Theory. Apa itu dan bagaimana metodenya?

Temukan Cara Cepat dan Menarik Belajar Bahasa Inggris untuk Anak, klik link biru ini ▶Pelajaran Bahasa InggrisFun Learning dan Games Seru hanya di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Kami telah merangkumnya untuk membantu Anda mengajarkan tata bahasa di rumah bersama si kecil.

Berdasarkan teori, ada 3 metode baru yang menjadikan pelajaran tata bahasa menjadi menarik buat anak-anak:

 

grammar5 Figurative method

 

Bagi penutur asli dalam mengajarkan bahasa Inggris, struktur kalimat dan bahasa mendapatkan perhatian khusus. Metode ini dilakukan dengan menggunakan mainan atau benda lainnya sebagai bagian dalam pengaturan struktur kalimat. Ikuti langkah berikut:

 

pencil  Langkah 1: teaching the knowledge of part of speech

 grammar3

Contohnya, kata kerja merupakan hal yang biasa diajarkan pertama kali. Ini memiliki arti sebagai sebuah aksi dan memiliki perubahan bentuk. Untuk itu, kita dapat menggunakan bola merah pada gambar di atas sebagai kata kerja. Sedangkan kata benda cenderung tidak berubah bentuk sehingga kita dapat menggunakan piramid hitam untuk mewakili kata benda.

 

pencil Step2: practice sentence structure

grammar4

Setelah menetapkan perwakilan tiap benda, Anda dapat meminta anak-anak untuk mengatur tiap benda sesuai struktur kalimat yang ada. Dengan cara ini anak-anak dapat bermain dan belajar inti tata bahasa juga secara bersamaan.

 

grammar5 Graphic method

 

Perubahan bentuk kata kerja bukanlah hal yang mudah, terutama bentuk perfect tense (has/had been). Untuk itu, kita dapat menggunakan grafik seperti gambar di bawah:

grammar

star  The present tense – the future tense – the present continuous tense – the Present Perfect Tense

grammar6

star  The past tense – the past future tense – the past Continuous Tense – the Past Perfect Tense

 

Anda dapat mengajarkan grafik di atas dan menerapkannya dalam kalimat. Dengan begitu mereka akan lebih mudah memahami penggunaan “tense” yang berbeda-beda.

 

grammar5 Tabular method

 

Anak-anak biasanya bingung dengan penggunaan adverbs atau modal verbs. Untuk mempermudahnya kita dapat membuat tabel. Contohnya, tabel di bawah. Semakin banyak tanda “plus” menunjukkan frekuensi yang tinggi.

grammar2

grammar5 Making mistake

 

“Don’t be afraid of making mistakes, because mistakes are gifts.”

“Jangan takut membuat kesalahan, karena kesalahan adalah hadiah.”

 

Setiap kesalahan akan membantu kita memahami tata bahasa lebih dalam lagi. Catat kesalahan yang dibuat dan cobalah membuat buku catatan kecil mengenai pelajaran tata bahasa, Ini adalah kesempatan yang baik untuk memperoleh pelajaran sendiri.

 

Metode ini bertujuan untuk menggunakan sifat alami anak-anak dan intuisi mereka untuk bermain serta mengeksplorasi lingkungannya. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah memahami aturan dasar tata bahasa.

Lihat juga tabel bentuk kata kerja bahasa Inggris yang dapat membantu belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah.

 

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_a7f0bb24e0ec33830910f8c4beb43daf', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_a7f0bb24e0ec33830910f8c4beb43daf', '1574219415', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)