Hi EFriends, masih ingat pembahasan tentang present continuous tense? Present continuous tense digunakan untuk menyatakan kegiatan yang sedang terjadi saat ini. Sedangkan past continuous tense digunakan untuk menyatakan kegiatan atau kejadian yang sedang terjadi di masa lampau (past). Penanda waktu yang digunakan di past continuous tense adalah yesterday, last…..(last week, last month), dan ……ago (two minutes ago, three hours ago). Bagaimana cara membuat kalimat past continuous tense? Simak penjelasan di episode 8 EF Tenses Series ini yaa.
Baca Juga : Present Continuous Tense
Formula untuk membuat kalimat Past Continuous Tense adalah
|(+) S + was/were + ving|
- I was waiting for my package yesterday.
- Shella was studying in coffee shop.
- Bob and Jon were running in the hall last afternoon.
- Aku sedang menunggu paketku kemarin.
- Shellas sedang belajar di tempat kopi.
- Bob dan Jon sedang berlari di aula kemarin sore.
|(-) S + was/were + not + ving|
- I was not waiting for my package yesterday.
- Shella was not studying in coffee shop.
- Bob and Jon were not running in the hall last afternoon.
- Aku tidak sedang menunggu paketku kemarin.
- Shella tidak sedang belajar di tempat kopi.
- Bob dan Jon tidak sedang berlari di aula kemarin sore.
|(?) Was/were + s + ving?
W/h question + s + ving?
- Were you waiting for your package yesterday?
- What were you doing yesterday?
- Was Shella studying in coffee shop?
- Where was Shella?
- Were Bob and Jon running in the hall?
- What were Bob and Jon doing last afternoon?
Practice makes perfect. Agar kamu semakin lancar memahami Past Continuous Tense, yuk isi latihan soal tenses bahasa Inggris berikut
1. A: I invited Ann and Rob to my birthday party, but they didn’t come. B: Why not? A: They (be) ____ out of town. They (travel)_____.
2. A: What was I talking about when I called you? B: You (describe) ______ the website you found on the Internet yesterday.
3. A: What was the headmaster talking about? B: He (talk) _____ about our school next event.
4. Yesterday I (read) _____ and my sister (cook) _____.
5. Where (be) ____ you (do) _____ last night?
1. were. were traveling
2. were describing
3. was talking
4. was reading, was cooking
5. were , doing
Berapa jawaban benar yang EFriends dapatkan? Ternyata membuat kalimat past continuous tense mudah kan. Nantikan EF Tenses Series episode berikutnya untuk tau perbedaan antara simple past tense dan past continuous tense yaa.