Double Negative Statement dalam Bahasa Inggris

2019.03.28
Double Negative Statement dalam Bahasa Inggris

Apa sih ‘double negative statement’ itu? Jika ini pertama kalinya kamu mendengar istilah tersebut, sesuai namanya, double negative statement atau lebih dikenal sebagai ‘double negative,’ artinya terdapat 2 kata negatif di dalam 1 kalimat. Sebenarnya, penggunaan double negative dalam bahasa Inggris yang benar seharusnya tidak digunakan, namun secara informal, double negative masih sering digunakan.

Mengapa double negative masih sering digunakan oleh umum? Hal ini dikarenakan sebenarnya sampai abad ke-17, double negative memang digunakan pada masanya. Seperti halnya di dalam karya Shakespeare pada ‘Richard III,’ terdapat penggunaan double negative, yaitu, “I never was nor never will be.”

Sebenarnya, penggunaan double negative baru dikatakan salah di dalam tata bahasa Inggris semenjak tahun 1762, dimana pada tahun tersebut Robert Lowth, menulis buku “A Short Introduction to English Grammar.” Di dalam buku ini, terdapat serangkai aturan mengenai tata bahasa dalam bahasa Inggris (grammar), dan menjadi standar dalam pengajaran bahasa Inggris.

Nah, sebelum membahas mengenai bentuk dari double negative, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai bentuk kalimat negatif yang benar menurut tata bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris yang benar, seharusnya di dalam 1 kalimat seharusnya hanya menggunakan 1 kata negatif.

Contoh kalimat double negative

V She is eating burger
Example She is not eating burger

 

V I can meet you at noon
Example I cannot meet you at noon

 

V He will drive me home
Example He will not drive me home

 

Selain itu, terdapat pula nouns yang bersifat negatif seperti nowhere, nothing, dan no one sehingga jika di dalam suatu kalimat sudah terdapat salah satu kata tersebut seharusnya tidak perlu lagi menggunakan kata negatif di dalam kalimat yang sama. Contoh:

V I bring nothing
X I bring not nothing

 

V You are going nowhere
X You are not going nowhere

 

V No one has answered my phone
X No one has not answered my phone

Atau untuk memberikan makna negatif di dalam suatu kata dapat pula menggunakan awalan un-, dis-, non-, dan in-. Contoh:

stable unstable
like dislike
fiction non-fiction
complete incomplete

Nah, contoh di atas ini merupakan penggunaan kata negatif yang benar di dalam bahasa Inggris. Namun, walaupun double negative dianggap salah secara grammar di dalam bahasa Inggris, tapi kamu perlu tahu juga mengenai double negative.

Pada dasarnya, double negative menggunakan kata negatif pada verb dan pada modifier of noun (adjectives, adverbs, lainnya) atau pada objek. Contoh:

I will not eat no cake

I didn’t see no one last night

Di dalam penggunaan double negative biasanya terjadi kesalahan arti, ketika pengguna double negative ingin menyampaikan pesan negatif. Misalnya pada contoh diatas, “I will not eat no cake” akan menjadi salah artinya apabila seseorang yang menyampaikannya ingin mengatakan bahwa Ia tidak akan makan kue. Padahal, ketika di dalam 1 kalimat menggunakan 2 kata negatif, maka maknanya akan menjadi positif. Jadi, “I will not eat no cake” berarti dia akan memakan kue. Untuk mempermudah, coba lihat tabel berikut:

Positive I will eat cake Saya akan makan kue
Negative I will not eat cake Saya tidak akan makan kue
Double Negative I will not eat no cake Saya tidak akan makan tanpa kue

 

Positive I saw someone last night Saya melihat seseorang tadi malam
Negative I saw no one last night Saya melihat tidak ada siapa-siapa tadi malam
Double Negative I didn’t see no one last night Saya tidak melihat tidak ada siapa-siapa tadi malam

Yang perlu di ingat, apabila kamu berniat untuk menyampaikan sesuatu yang negatif jangan gunakan double negative. Seperti matematika, apabila di dalam 1 kalimat terdapat 2 kata negatif, maka maknanya akan menjadi positif.

Double negative terdiri dari dua jenis, yaitu yang menyampaikan weak positive statement dan strong negative statement. Pertama, kita akan membahas mengenai double negative yang menyatakan weak negative statement.

Jenis 1:

Negative + Negative = Weak Positive

Contoh:

I am not incapable (I am capable)

Our budget is not unlimited (Our budget is limited)

Double negative pada jenis ini sebenarnya secara grammar benar, akan tetapi seharusnya tidak digunakan. Penggunaan double negative jenis ini biasanya ketika seseorang ingin menyatakan sesuatu secara tidak langsung ataupun ketika seseorang tidak ingin menyinggung lawan bicaranya.

Jenis 2:

Negative + Verb + Negative = Strong Negative

Contoh:

I will not drink no juice (I will drink juice)

She doesn’t want nothing (She wants something)

Penggunaan double negative pada jenis biasanya digunakan pada situasi informal, namun baiknya tidak menggunakan kalimat jenis ini apalagi ketika kamu sedang mengikuti tes bahasa Inggris.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai double negative. Sekarang EFriends jadi tahu lebih banyak tentang double negative kan? Latih terus grammar kamu dan jadilah jago Inggris. Ingin lebih jago bahasa Inggris? Yuk kursus bahasa Inggris di EF. Klik It’s EF Time untuk mendapatkan diskon terbatas hingga Rp 2,45 Juta! Jangan sampai ketinggalan ya EFriends hanya berlaku dari tanggal 20 April sampai 6 Mei 2019. #AkuBisa jago Inggris bersama EF