Cara Mudah Menguasai Tenses Bahasa Inggris

2016.10.13
Cara Mudah Menguasai Tenses Bahasa Inggris

Kalau ditanya masalah apa yang paling sering dihadapi mereka yang sedang belajar Bahasa Inggris. Jawaban terbanyak adalah tenses. Di Indonesia, kita nggak banyak melakukan perubahan pada kalimat yang terjadi di masa lalu maupun yang akan datang. Oleh karena itu, seringkali kita mengalami kebingungan saat membuat kalimat dalam Bahasa Inggris yang menggunakan tenses.

Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan waktu (sekarang, masa depan, atau masa lalu) terjadinya suatu peristiwa.

Dalam tata Bahasa Inggris tenses merupakan hal yang penting dan salah satu hal yang sulit juga. Nah, untuk membantumu mengatasi kesulitan ini kami memiliki 3 langkah yang dapat kamu ikuti untuk membantumu menguasai tenses dalam Bahasa Inggris!

teses1  Find out Time Words First/ Cari tahu waktu kejadian terlebih dahulu

Dalam kalimat coba cari kata yang menunjukkan waktu kejadian. Langkah pertama untuk menentukan tenses adalah menemukan kata kunci waktu.

Contoh:

Three hours ago. Last Friday dan this morning – kata kunci waktu ini menunjukkan kejadian yang terjadi di masa lampau (past).

Tomorrow, next Monday dan in two days – kata kunci waktu yang menunjukkan kejadian yang terjadi di masa yang akan datang (future).

Now, currently dan always – menunjukkan kejadian yang terjadi sekarang (presents).

Kalau kamu sudah menemukan kata kunci yang menunjukkan waktu ini, kamu dapat memastikan kapan kejadian tersebut berlangsung.

 

teses2  Then Understand the Status/ Memahami status

Setelah langkah pertama diatas, kamu dapat mencoba memahami apakah kalimat tersebut termasuk kata kerja tetap atau dinamis? Apakah aksi berlangsung dalam jangka waktu yang panjang atau pendek? Akankah terulang atau justru jarang mucul? Pikirkan ketiga pertanyaan diatas dengan baik saat kamu membaca kalimat.

*Kamu dapat menggunakan tabel sederhana berikut:

teses3  Finally Figure out the Actor/ Tentukan aktor

Sekarang kamu hampir selesai! Berhati-hatilah pada tahap terakhir ini. Setelah kamu memperoleh tenses yang tepat. Perhatian selanjutnya harus diberikan pada subyek kalimat. Perlu diingat, subyek tidak selalu harus orang, terkadang subyek kalimat adalah benda namun pelaku dalam kalimat haruslah orang. Untuk itu, saat kamu menghadapi situasi seperti ini kamu dapat menggunakan nada pasif untuk menyelesaikan kalimat.

Apakah kamu sudah memiliki pemahaman yang lebih baik dalam menggunakan tenses Bahasa Inggris sekarang? Meskinpun terlihat sulit, kamu masih dapat mencoba memahaminya dengan menggunakan 3 langkah di atas. Kami juga menyediakan cara mudah mempelajari tata Bahasa/ grammar Bahasa Inggris. Baca cara lengkapnya DI SINI!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_afd62e048f3143c45870de8e5cf9b902', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_afd62e048f3143c45870de8e5cf9b902', '1574435196', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)