Istilah Lari Maraton dalam Bahasa Inggris

2019.06.14
Istilah Lari Maraton dalam Bahasa Inggris

Maraton adalah perlombaan lari jarak jauh sepanjang 42.195kilometer yang dilaksanakan di area terbuka seperti di jalan raya. Kata maraton sendiri diambil dari kota di Yunani yang menjadi saksi sejarah berlangsungnya perlombaan lari tersebut di masa silam. Bagi EFriends yang ingin mengikuti perlombaan ini jangan khawatir karena biasanya dalam setiap perlombaan maratoon terdapat berbagai jenis perlombaan yang bisa diikuti tergantung pada jarak tempuh larinya seperti half maraton yang berjarak setengah dari jarak full maraton yaitu lari dengan jarak 21 kilometer, 10K atau 10 kilometer, 5K atau 5 kilometer dan kids run untuk anak. Jika kalian tertarik untuk mengikuti perlombaan ini, kalian perlu tau istilah-istilah yang sering digunakan. Apa saja sih istilah lari maraton dalam bahasa Inggris? Simak penjelasan berikut ini yaa.

Bib

Bib adalah selembar kertas yang dijadikan identitas yang ditempelkan di dada para pelari maraton yang menunjukkan nomor peserta, nama dan katagori perlombaan. Bib juga berfungsi sebagai pengukur waktu tempuh sang pelari karena biasanya di dalam bib terdapat chip dan kontak darurat untuk situasi yang tidak terduga.

Carbo Loading

Carbo loading berarti kegiatan meningkatkan jumlah asupan karohidrat dalam tubuh sang pelari beberapa hari sebelum melakukan marathon. Pemenuhan kebutuhan karbohidrat berfungsi untuk meningkatkan performa pelari agar otot dapat menyimpan glikogen dua kali lipat dari jumlah normal yang dapat ditampung. Karbohidrat yang dapat dikonsumsi saat carbo loading antara lain nasi, bagel, oatmeal dan pisang.

Pace

Pace merupakan istilah untuk kecepatan berlari. Pace biasanya dihitung dalam satuan jarak baik mil atau kilometer dan menit sebagai satuan waktunya. Pace biasanya akan terlihat pada layar di garis finish atau kalian juga dapat mengetahuinya dari aplikasi di smartphone atau smartwatch kalian.

Pacer

Pacer sering juga disebut dengan pacesetter merupakan pelari yang diutus untuk membantu pelari lainnya agar dapat menyelesaikan perlombaan ke garis finis dengan waktu yang diinginkan. Lebih jauh, sebagai pacer para pelari ini juga dapat memacu semangat para pelari lainnya agar tidak tertinggal dan berlari sesuai dengan tempo yang dikehendaki.

DNF

DNF merupakan singkatan dari do not finish atau tidak dapat melanjutkan perlombaan yang tengah berlangsung. Biasanya pelari yang tidak dapat melanjutkan perlombaan karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesehatan, cuaca dan faktor lainnya.

Water Station

Water station merupakan titik dimana para pelari dapat mengisi energi dalam tubuh dengan air mineral, minuman isotonik dan buah seperti semangka. Jadi kalian tidak perlu khawatir kehausan atau lemas karena kurangnya asupan air.

Check Point

Check point merupakan titik yang digunakan sebagai pencatat bagi para pelari bahwa mereka telah melewati titik-titik tersebut. Dalam marathon, terdapat pencatatan yang dilakukan secara manual di mana petugas akan mencatat nomor bib para pelari atau pencatatan dilakukan secara otomatis dengan chip yang terdapat pada bib pelari.

Finisher

Yup! Sesuai dengan artinya, finisher adalah istilah untuk para pelari yang dapat menyelesaikan pertandingan hingga ke garis finish dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Biasanya dalam perlombaan marathon, pelari yang berhasil melewati garis finish dalam jangka waktu yang ditentukan akan diberikan reward misalnya finisher medal atau finisher tee.

Itu dia istilah-istilah lari maraton yang perlu kamu ketahui sebelum mengikuti lomba maraton. Jadi, apakah kamu sudah siap berlari maraton?