Wisata Museum Seru di Jakarta

2019.06.27
Wisata Museum Seru di Jakarta

Jakarta memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah wisata museum. Di masa lalu, Jakarta memiliki peran penting dalam perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Sehingga Jakarta memiliki tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah, bahkan beberapa di antaranya dijadikan museum. Mau tau museum apa saja yang seru di Jakarta? Simak artikel berikut yaa.

Wisata museum di Jakarta

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah – @fritopassano1

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta yang dibangun sejak tahun 1.600-an sudah menjadi ikon dari wisata sejarah di kawasan Kota, Jakarta Barat. Penggunaan dari bangunan ini pun sudah beberapa kali berubah mulai dari balai kota (stadhuis) pada tahun 1710, kantor Pemerintah Jawa Barat, kantor pengumpulan logistic Dai Nippon, Markas Komando Militer Jakarta Barat hingga tahun 1968 diserahkan kepada pemerintah DKI Jakarta dan dijadikan museum. Koleksi penting yang terdapat di museum ini adalah prasasti Ciaruteun dari Kerajaan Tarumanagara, Meriam Si Jagur, Patung Dewa Hermes dan sel tahanan Belanda yang pernah dihuni oleh tokoh pejuang seperti Untung Suropati dan Pangeran Diponegoro.

2. Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri – @galerifotosaya

Museum yang terletak di seberang Stasiun Kota ini menyimpan koleksi prasasti dan peralatan penunjang perbankan tempo dulu seperti kalkulator, mesin pembukuan, mesin ATM dan juga beberapa koleksi antik lainnya. Selain koleksi yang menarik, museum ini juga memamerkan diorama yang menggambarkan kegiatan ekonomi Indonesia zaman kerajaan dan diorama menabung dalam celengan.

3. Museum Nasional

Museum Nasional – @adeputri.m16

Museum nasional atau yang lebih dikenal sebagai Museum Gajah memiliki koleksi arca yang berasal dari berbagai periode. Gajah yang dijadikan sebagai ikon museum ini merupakan pemberian dari Raja Chulalongkorn dari Thailand. Lokasi dari museum nasional ini cukup strategis, yaitu berseberangan dengan Monumen Nasional atau Monas, sehingga kamu dapat mengunjungi keduanya dengan mudah.

4. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional – @iredonthinksfash

Berbeda dengan museum di atas, Galeri Nasional Indonesia memiliki konsep yang lebih modern karena karya yang dipamerkan beragam, mulai dari lukisan, patung, kria, grafis, fotografi hingga seni media baru. Di sini terdapat pameran karya seni yang tetap, pameran temporer dan pameran keliling. Galeri Nasional Indonesia menjadi tempat yang pas untuk kamu yang ingin mengetahui perjalanan karya seni di Indonesia. Kamu juga bisa loh berfoto-foto karena di sini banyak spot yang Instagram-able.

5. Museum MACAN

Museum MACAN – @museummacan

Jika kamu mengira museum ini adalah museum binatang, kamu salah. Karena MACAN merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Sesuai dengan namanya, museum ini fokus memamerkan koleksi karya seni modern dari Indonesia dan seluruh dunia. Museum MACAN menghadirkan karya seni berupa lukisan dari tahun 1930-an hingga tahun 2000-an dan tidak hanya memamerkan karya seni, di sini kalian juga dapat mengadakan diskusi maupun lokakarya seni. Salah satu pameran yang popular di museum MACAN adalah Yayoi Kusama yang terkenal dengan polkadotnya.

6. Museum Taman Prasasti

Taman Prasasti – @isabell.diary

Sesuai dengan namanya, museum ini berwujud taman di area terbuka dengan koleksi nisan yang beragam. Batu nisan yang menjadi koleksi di museum ini memiliki bentuk yang tidak biasa karena sebagian besar yang dimakamkan di taman ini merupakan keturunan Belanda. Museum ini dapat menjadi alternatif bagi kalian yang menyukai suasana berbeda. Di sini juga terdapat makam istri dari Sir Thomas Stanford Raffles, Olivia Marianne dan H. F. Roll, pendiri sekolah kedokteran STOVIA dan nisan aktivis mahasiswa tahun 60-an, Soe Hok Gie.

Itu dia enam museum yang ada di Jakarta yang bias kamu kunjungi untuk mengisi akhir pekanmu. Jadi, museum mana yang akan kamu kunjungi pertama kali?

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!