Wisata Bersejarah di Bandung

2019.08.01
Wisata Bersejarah di Bandung

Selain wisata Bogor, Bandung menjadi kota favorit warga Jakarta bahkan wisatawan asing untuk berlibur. EFriends tau tidak, Bandung adalah salah satu kota bersejarah di Indonesia loh. Salah satu peristiwa yang paling terkenal adalah peristiwa Bandung Lautan Api. Peristiwa ini diawali dengan adanya keharusan untuk mengosongkan daerah Bandung Utara. Namun, Tentara Republik Indonesia (TRI) dan rakyat Bandung tidak rela mengosongkan wilayah tersebut begitu saja. Atas arahan TRI, rakyat Bandung membakar kota Bandung dengan tujuan agar sekutu tidak dapat menggunakan Bandung sebagai markas strategis militer.

Daftar destinasi wisata Bandung di bawah ini bisa menjadi referensi kamu untuk berwisata sekaligus menambah wawasan sejarahmu.

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

1. Monumen Bandung Lautan Api

Untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api, didirikanlah monumen di Jl. Bkr, Ciateul, Regol, Bandung. Monumen ini memiliki tinggi 45 meter dan sisi sebanyak 9 bidang.

2. Gedung Merdeka

Gedung satu ini merupakan saksi lahirnya Dasasila Bandung yang berisi dukungan negara Asia-Afrika untuk mendukung kedamaian dan kerjasama dunia. Di tahun 1955, Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika diselenggarakan di gedung ini. Gedung Merdeka dirancang oleh Van Galen Last dan C.P Wolff Schoemaker. Beberapa peninggalan dari acara konferensi tersebut dapat kamu lihat secara langsung di sini.

3. Hotel Bidakara

Tidak jauh dari Gedung Merdeka, terdapat Hotel Bidakara. Hotel ini menjadi tempat menginap peserta Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika.

4. Museum Wangsit Mandala Siliwangi

Museum Wangsit Mandala Siliwangi menyimpan benda-benda yang pernah digunakan oleh Pasukan Kodam Siliwangi. Senjata yang disimpan di dalam museum ini sendiri tak hanya terbatas pada senjata militer saja. Namun, ada juga beberapa senjata tradisional yang tersimpan rapi di dalam museum ini. Museum ini merupakan peninggalan Belanda. Awalnya, gedung ini berfungsi sebagai tempat tinggal para perwira Belanda. Namun, ketika masa penjajahan Jepang, gedung ini dipakai oleh pejuang Indonesia untuk melawan Belanda.

5. Gedung Sate

Tak lengkap rasanya jika ke Bandung tapi tidak mengunjungi Gedung Sate. Ikon Bandung satu ini berlokasi di Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Bandung. Gedung Sate mulai dibangun tahun 1920 dan selesai tahun 1924. Apakah kamu tau, Gedung Sate sempat menjadi lokasi pertempuran melawan pasukan Gurkha dari Inggris. Ada tujuh pejuang yang gugur dan mereka dimakamkan di halaman Gedung Sate.

6. Benteng Pasir Ipis

Benteng Pasir Ipis adalah bangunan peninggalan Belanda yang menyimpan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Benteng yang dibangun tahun 1891 ini memiliki panjang satu kilometer yang berfungsi sebagai barikade pertahanan.

7. Goa Belanda dan Jepang

Ketika masa penjajahan Belanda, goa ini digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata tentara Belanda sekaligus tempat pembantaian tentara Indonesia. Makanya, goa ini terkenal horor. EFriends berani mengunjungi goa ini?

Itu dia tujuh destinasi wisata bersejarah yang bias kamu kunjungi ketika berlibur. Mana tempat yang akan EFriends kunjungi pertama?

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_919bc22ceb991ef53d9ad7a63e677345', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_919bc22ceb991ef53d9ad7a63e677345', '1576113145', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)