Menu
percakapan di bandara
News and Lifestyle

Tips Bahasa Inggris di Bandara

2020.04.01

Liburan akan tiba! Apakah Anda sudah tahu apa yang akan Anda lakukan selama liburan? Mungkin sebagian besar dari Anda berencana untuk bepergian ke luar negeri. Bepergian ke negara berbahasa Inggris tidak hanya dapat memperkaya pengalaman, tetapi juga memperluas cakrawala dan melatih gaya bicara bahasa Inggris. Apakah Anda sudah siap berpergian ke luar negeri? Apakah Anda tahu arti dari setiap simbol di bandara? Apakah Anda tahu bagaimana menawar saat Anda berbelanja? Hari ini kita akan membagikan beberapa kosa kata dan kalimat yang sering muncul ketika Anda bepergian. Mudah-mudahan kosakata dan kalimat ini bisa membantu Anda selama perjalanan Anda!

Tidak diragukan lagi, bandara adalah tempat pertama jika kita mengunjungi negara asing. Jadi sangat penting bagi kita untuk memahami makna dari simbol-simbol yang ada di bandara, berikut adalah beberapa simbol yang sering digunakan:

Airport lounges = Lobby bandara

Airports shuttle = Bus antar jemput bandara

Arrivals = Kedatangan

Departures = Keberangkatan

Domestic flights = Penerbangan domestik

International flight = Penerbangan Internasional

Check in area/zone = Area / zona check in

Emergency exit = Pintu keluar darurat

Left baggage = Bagasi tertinggal

Luggage reclaim = Pengambilan kembali bagasi

Currency exchange = Penukaran mata uang

Transfers = Pergantian

Selain dari memahami makna simbol-simbol bandara, kita juga perlu terbiasa dengan beberapa percakapan sederhana yang mungkin akan Anda hadapi di bandara:

airport check-in
Selama di tempat Check-in:

Crew: May I see your passport, please?

Kru: Bolehkah saya melihat paspor Anda?

Passenger: Here is my passport / Here it is.

Penumpang: Ini paspor saya.

Crew: Would you prefer a window or aisle seat?

Kru: Apakah Anda lebih memilih kursi di dekat jendela atau di dekat lorong?

Passenger: A window seat, please.

Penumpang: Tempat duduk di dekat jendela.

Di tempat imigrasi:

Crew: What’s the purpose of your visit?

Kru: Apakah tujuan dari kunjungan Anda?

Passenger: I'm going for holiday with my family.

Penumpang: Saya pergi berlibur bersama keluarga.

Crew: Do you have a return ticket to ××?

Kru: Apakah anda memiliki tiket pulang ke xx?

Passenger: Yes, I already book my ticket two-way.

Penumpang: Ya, saya sudah memesan tiket pulang pergi.

Crew: How long will you be staying in ××?

Kru: Berapa lama Anda akan tinggai di xx?

Passenger: We will stay for 5 days 4 nights.

Penumpang; Kami akan tinggal selama 5 hari 4 malam.

Crew: Where are you staying?

Kru: Di mana Anda tinggal?

Passenger: We will be staying at ABC hotel.

Penumpang: Kami akan menginap di hotel ABC.

imigration lounge
Setelah kedatangan:

Passenger: Where can I get my baggage? Penumpang: Di mana saya bisa mengambil koper saya?

Passenger: Where is the tourist information?

Penumpang: Di manakah tempat informasi turis?

Passenger: Is there an airport shuttle to the city center?

Penumpang: Apakah ada bus antar jemput dari bandara ke pusat kota?

Tempat lain yang juga sangat populer dikunjungi turis adalah mal dan supermarket. Berikut adalah beberapa percakapan yang umumnya terjadi di tempat-tempat ini:

airport mall
Ketika Anda menemukan barang yang ingin Anda beli:

Is there anything I can do for you? – Apakah ada yang bisa saya lakukan untuk Anda?

I’m looking for a black, leather bag. – Saya mencari tas kulit berwarna hitam.

If you need any help, let me know. – Apabila Anda membutuhkan bantuan, harap beri tahu saya.

May I have a look at the watch? – Bolehkah saya melihat arloji itu?

May I try it on? – Bolehkah saya mencobanya?

Ketika melakukan tawar menawar:

Could you give me a discount? – Bisakah Anda memberi saya diskon?

Is the price negotiable? – Apakah harganya bisa ditawar?

Can you give me a better deal? – Apakah Anda bisa memberikan harga yang lebih baik?

I really like it, but the price is beyond my budget. – Saya sangat suka, namun harga yang diajukan melebihi anggaran saya.

Ketika melakukan pembayaran:

Credit or cash? – Kartu kredit atau uang tunai?

Cash back? – Uang tunai kembali?

Here’s your change. – Ini uang kembalian Anda.

Bring your receipt to the customer service, and they will refund you. – Bawa kuitansi Anda ke bagian layanan pelanggan, dan mereka akan mengembalikan uang Anda.

Singkat kata, salah satu cara paling efektif untuk mempelajari sebuah bahasa adalah dengan melatihnya dengan penutur lokal. Sangatlah penting bagi kita untuk mengatasi hambatan bahasa dan berbicara sebanyak mungkin. Hanya ketika Anda mulai berkomunikasi, kemampuan bahasa Anda akan meningkat dan kesalahpahaman bisa dihindari. Akhirnya, semoga liburanmu menyenangkan!