Do’s & Don’ts for Tourists in Indonesia – Tips untuk Turis di Indonesia

2016.08.29
Do’s & Don’ts for Tourists in Indonesia – Tips untuk Turis di Indonesia

Apakah kamu pernah berbicara dengan turis di kotamu? Atau mungkin kamu memiliki teman atau kerabat dari luar negeri yang mau berkunjung ke Indonesia? Ini adalah kesempatan emas untuk melatih bahasa Inggrismu! Sambil berlatih bahasa Inggris, kamu juga bisa memamerkan keindahan kota tempat tinggalmu.

Panduan yang biasanya diberikan kepada turis adalah panduan arah, rekomendasi tempat makan, dan tempat-tempat seru lainnya yang bisa dikunjungi. Namun, selalin itu kamu tentunya juga bisa memberikan panduan budaya. Berikut adalah beberapa tips panduan budaya di Indonesia yang bisa kamu berikan kepada turis.

dad  ‘Remember to smile a lot.’

‘Ingatlah untuk selalu tersenyum.’ Hal ini mungkin aneh bagi para orang dari barat. Jadi, kamu mungkin perlu menjelaskan bahwa di Indonesia, senyum adalah cara umum untuk memulai kontak dengan orang lain, dan sangat wajar untuk selalu tersenyum bahkan dengan orang yang tak dikenal di jalanan!

 

dad  ‘When you give things to people, use your right hand.’

‘Saat memberikan barang ke orang, gunakan tangan kanan’ Selain itu, kamu bisa mengingatkan untuk menggunakan tangan kanan juga saat menerima barang dari seseorang.

 

dad  ‘It’s polite to say ‘thank you’ to people.’

‘Adalah sopan untuk mengucapkan ‘terima kasih’ ke orang lain.’ Dalam budaya barat, sangat umum untuk mengucapkan ‘terima kasih’ dalam berbagai hal. Namun, orang dari berbagai latar belakang budaya mungkin memiliki kebiasaan berbeda. Jadi, nggak ada salahnya untuk mengingatkan tentang hal ini.

 

dad Don’t forget to give tips.’

‘Jangan lupa memberikan tip.’ Tak di semua negara orang harus memberikan tip. Setiap turis perlu tahu tentang kebiasaan memberikan tip supaya mereka tak melakukan kesalahan dan merasa malu.

 

dad  ‘You should take off your shoes when you enter someone’s house.’

‘Kamu sebaiknya membuka sepatu saat memasuki rumah seseorang.’ Untuk turis yang belum pernah berkunjung ke Asia, biasanya tak mengetahui kebiasaan ini. Mereka pasti akan menghargai informasi ini.

Cobalah untuk berlatih menggunakan ekspresi berikut:
– You should… (Kamu sebaiknya…)
– It’s polite to… (Adalah sopan untuk…)

  Selamat berlatih!