10 Tips Membuat Teman Baru Ketika Berjalan-jalan

2017.05.14
10 Tips Membuat Teman Baru Ketika Berjalan-jalan

Selain dari petualangan dan kenangan, bertemu orang baru dan berteman dari seluruh dunia inilah yang membuat perjalanan begitu menyenangkan. Para wisatawan, backpacker, dan pelancong semua mengerti apa artinya pergi ke tempat kamu tidak mengenal siapa-siapa, pada umumnya semua orang adalah orang yang ramah, dan membuat sebuah pembicaraan itu cukup mudah.

Namun, ada dua tipe orang di dunia ini: mereka yang dapat membuat teman dengan sekedar bernafas, dan lainnya yang membutuhkan sedikit dorongan untuk keluar dari zona nyaman. Untuk membuat keseluruhan proses pertemanan lebih mudah, sangat penting untuk bersikap terbuka dan penasaran saat melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menarik minat Anda. Sebaiknya, di salah satu tempat dari 10 tempat ini:

  1. Mengambil Kelas Bahasa Inggris

Apabila Anda akan tinggal disebuah negara untuk lebih dari 2 minggu, kenapa tidak membenamkan diri Anda dengan mengikuti kelas bahasa Inggris? Anda akan dapat mempelajari beberapa ungkapan bagus yang akan membantu Anda dalam kegiatan sehari-hari, sehingga perjalanan akan menjadi lebih menyenangkan. Ditambah juga, teman belajar seringkali dapat menjadi teman berjalan-jalan, dimana artinya Anda mungkin mendapatkan undian berhadiah.

  1. Atau bergabung dengan kelas lainnya

Mungkin Anda sangat jatuh cinta dengan sajian kelinci yang Anda tetap makan di Malta, Anda memutuskan sudah waktunya untuk belajar memasak sendiri, dan Anda mengikuti kelas memasak makanan khas Malta. Atau Anda ingin belajar bagaimana caranya membuat origami angsa yang tepat di Tokyo – dan tentu saja, ada kelas yang tepat untuk itu juga. Apapun kelas yang Anda pilih, Anda dapat membuat teman baru dengan sesame pelajar atau wisatawan – mirip seperti di sekolah, hanya lebih seru karena Anda berada di negara lain.

  1. Tinggal bersama orang-orang lokal

Anda tidak mungkin hanya sekedar muncul di depan pintu seseorang dan meminta mereka membiarkan Anda masuk, memberi makan, dan berteman dengan Anda kan? Tetapi ada banyak kesempatan lain untuk bisa lebih mengerti budaya negara lain dengan gaya hidup lokal mereka – dengan menggunakan aplikasi Couchsurfing atau Airbnb. Tinggal di apartemen atau rumah yang sebenarnya adalah cara yang bagus untuk mengenal kota tersebut melalui pertemuan dengan orang-orang, tetangga, dan penduduk lokal.

  1. Melakukan kegiatan sukarela

Kenapa tidak melakukan sesuatu yang baik untuk jiwa dan komunitas Anda secara sukarela? Ini tidak hanya akan membantu Anda memperbaiki dunia dengan memberi kembali ke tempat Anda tinggal, tetapi juga akan membuat Anda lebih merasakan budaya dan terhubung dengan orang-orang yang peduli untuk tujuan yang lebih besar. (Dan jangan lupa bahwa ini cara yang bagus untuk mengikuti atau menemukan hasrat Anda.)

  1. Makan dan minum

Setiap orang perlu makan dan minum, dan dengan memilih restoran atau kafe yang sama, Anda sudah memiliki kesamaan. Cukup melihat-lihat orang lain yang sedang makan sendirian. Hal ini bisa saca berisiko karena orang tersebut mungkin benar-benar ingin makan sendiri, tapi Anda dapat mendekati mereka dan bilang, “Hei! Saya melihat Anda sedang makan sendirian dan saya ingin tahu apakah saya bisa bergabung dengan Anda?” Anda hanya bisa menang – dengan cara Anda melangkah keluar dari zona nyaman anda dan mungkin menikmati sebuah percakapan yang menyenangkan.

  1. Mengikuti tur sehari atau kegiatan grup

Ada banyak hotel, sekolah, atau kota yang menawarkan tur, wisata, atau aktifitas gratis (atau murah). Ini akan membantu Anda yang jauh dari rumah dan memberi Anda pengetahuan lebih dalam yang tidak dapat Anda temui di buku. Biasanya, Anda melakukan tur dan aktifitas ini dalam grup, jadi Anda akan dikelilingi oleh orang-orang yang Anda dapat ajak bicara atau bersosialisasi. Siapa tahu, mungkin Anda akhirnya memerika restoran yang baru saja Anda lewati, atau Anda terus menjelajah bersama.

  1. Menginap di hostel

Banyak backpacker dan pelancong tunggal tinggal di hostel karena mereka cenderung lebih murah disbandingkan hotel. Oleh karena itu, Anda dapat bertemu dengan banyak orang-orang dengan pikiran terbuka dan situasi yang bersahabat, seperti sarapan ala ruang makan atau aktifitas grup yang memudahkan orang-orang untuk berbaur dengan yang lain. Ditambah, setiap orang biasanya memiliki tips jalan-jalan yang bagus, jadi pasti layak untuk mengobrol, tidak peduli dimana Anda menginap.

  1. Menjangkau jaringan pertemanan Anda

Jika Anda mempunyai teman (atau temannya teman) yang baru saja pergi ke Afrika selatan, kirim mereka pesan singkat untuk mengecek apakah mereka mempunyai saran. Siapa tahu, mereka tidak hanya sekedar memberikan Anda daftar hal yang harus dilakukan dan tempat untuk dilihat, tapi mereka juga bahkan menghubungi teman lokal mereka dan Anda bisa bertemu untuk minum kopi atau wisata keliling.

  1. Menjadi pelanggan tetap

Jika Anda tinggal di kota tertentu untuk sementara waktu dan Anda terus pergi ke kafe atau restoran yang sama, akhirnya para staf akan mengenali Anda. Hal ini merupakan kesempatan yang bagus untuk terlibat dalam obrolan ringan atau mendapatkan rekomendasi untuk hal-hal yang harus dilakukan atau dilihat. Tunggu para staf terbiasa untuk berbicara, memperkenalkan orang-orang, atau membantu pelanggan, sehingga ada kemungkinan ada kesempatan bagus Anda juga dapat melakukan atau melihat beberapa hal bersama-sama

10. Cari dan temukan kelompok social

Hampir semua orang yang mengunjungi kota baru atau pindah kesana akan menemukan beberapa tantangan untuk bertemu orang baru maupun beradaptasi di tempat baru. Oleh karena itu mengapa ada banyak sekali organisasi, seperti Meetup dan Internations, yang telah muncul untuk membantu; perkumpulan mingguan dan bulanan untuk membantu orang-orang memperluas lingkaran social mereka dan mendapatkan persahabatan baru.