10 Pantai Terbaik di Indonesia

2019.05.29
10 Pantai Terbaik di Indonesia

Indonesia terkenal dengan wisata pantainya yang memukau. Buktinya, banyak wisatawan asing yang jauh-jauh datang ke Indonesia untuk menikmati indahnya pantai Indonesia. Pantai-pantai di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Berikut rekomendasi wisata pantai terbaik yang ada di Indonesia yang bisa kamu kunjungi ketika liburan.

10 Pantai Terbaik di Indonesia

1. Pantai Pink, Lombok

Pantai Pink - Lombok
Pantai Pink – Lombok @twidiaa__

Pantai dengan pasir putih sudah biasa. Di Lombok, Nusa Tenggara Timur terdapat pantai unik, yaitu Pantai Pink. Awalnya, pantai ini memiliki nama asli Pantai Tangsi, namun karena karena keunikannya pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Pink. Disebut Pantai Pink karena pasir yang ada di pantai ini berwarna pink. Warna pink di pasir terjadi karena pasir putih yang menyatu dengan butiran-butiran terumbu karang berwarna merah, dan berefek kemerahan setelah bercampur air laut. Pantulan sinar matahari dan terpaan air laut membuat warna pink pada pasir ini semakin terlihat.

2. Pantai Ora, Maluku Tengah

Pantai Ora – Maluku @kakabantrip

Pernahkah kamu melihat foto perahu yang ‘melayang’ di pantai? Jika kamu mengira lokasi pantai itu adalah di luar negeri, maka kamu salah mengira. Pantai tersebut ada di Indonesia tepatnya di Maluku Tengah. Pantai Ora memiliki air yang sangat jernih sehingga kamu bisa melihat langsung keindahan karang-karang dan dunia bawah laut dari atas perahu.

3. Pantai Derawan, Kalimantan Timur

 

Pantai Derawan – Kalimantan Timur @travelsidoarjo

Salah satu pesona alam di Kalimantan Timur adalah Pantai Derawan. Pantai ini masuk ke dalam 15 wilayah yang dilakukan dengan sistem DMO atau Destination Management Organization. Karena masyarakat di sekitar pantai sangat menjaga kebersihan dan keasrian pantai ini, kamu bisa menikmati pesona bawah laut sambil menyelam. Selain itu, di Pantai Derawan terdapat penangkaran penyu hijau di mana kamu bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan pelepasan penyu hijau.

4. Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, Lombok.

 

Gili Trawangan – Lombok @demihoi

Pamor ketiga pantai ini sudah terkenal hingga di kalangan turis asing. Di antara ketiga pantai tersebut, Gili Trawangan menjadi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kamu bisa mengeksplor ketiga pantai tersebut dengan bersepeda atau berkuda karena kendaraan bermotor tidak boleh masuk.

5. Pantai Nihiwatu, Sumba

Pantai Nihiwatu – Sumba @elizastravelemporium

Berada di urutan ke 17 di CNN World’s 100 Best Beaches In The World,Pantai Nihiwatu menjadi salah satu tujuan untuk para peselancar dunia. Para peselancar dari seluruh dunia rela datang ke Pantai Nihiwatu untuk menaklukan ombak.

6. Pantai Tanjung Kelayang, Belitung

Pantai Tanjung Kelayang – Belitung @genwitiongkok

Berkat film Laskar Pelangi, daerah wisata di Belitung ikut terangkat. Salah satunya adalah wisata pantainya. Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi. Di sini kamu bisa melihat kumpulan batuan granit yang menjulang tinggi.

7. Pantai Karimunjawa, Jawa Tengah

Pantai Karimunjawa – Jawa Tengah @hyukaze7

Ingin merasakan sensasi berenang bersama ikan hiu? Karimunjawa tempatnya. Di area terdapat penangkaran hiu yang bisa kamu kunjungi. Selain bisa melihat lebih dekat, kamu juga dapat berfoto-foto hingga menyelam loh.

8. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pantai Banyu Tibo – Pacitan @travlrindonesia

Nama Banyu Tibo sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang artinya ‘air jatuh’. Keunikan yang dimiliki oleh Pantai Banyu Tibo adalah adanya air terjun yang berhadapan langsung ke pantai. Kamu bisa merasakan asiknya mandi di bawah air terjun sambil menikmati keindahan pantai.

9. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma – Jember @catatank

Pantai Papuma dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma,karena letaknya yang menjorok laut. Meskipun kamu tidak bisa snorkling di sini, namun kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang cantik seperti hamparan pasir putih dan batu-batu karang.

10. Pantai Pandawa, Bali

Pantai di Bali sepertinya tidak ada habisnya. Salah satunya adalah Pantai Pandawa. Lokasi pantai ini tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi dan semak-semak. Pantai Pandawa menawarkan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu bisa melakukan olahraga air seperti paralayang.

Itu dia 10 rekomendasi pantai terbaik yang ada di Indonesia. Jangan lupa untuk terus menjaga kebersihan agar keindahan pantai dan juga kehidupan bawah laut terus terjaga. Jadi pantai mana yang akan kamu kunjungi tahun ini?