Macet Panjang, Ini 7 Cara Menikmatinya

2016.10.25
Macet Panjang, Ini 7 Cara Menikmatinya

Semakin banyak kendaraan sama dengan semakin banyak waktu yang terbuang dalam kemacetan. Pernahkah kamu mendengar ungkapan “Time is Money”? Kalau ungkapan ini diterapkan coba kamu bayangkan sudah berapa banyak uang yang terbuang ketika kamu hanya duduk diam menghadapi kemacetan di jalan.

Meskipun ini adalah situasi yang tak terhindari tapi masih banyak hal produktif lainnya yang bisa kita lakukan di tengah kondisi lalu lintas macet parah. Salah satunya mungkin adalah kebiasaan yang sering kalian lakukan, menyalakan radio. Tapi mendengarkan lagu dan perbincangan yang sama setiap hari tentunya nggak membuatmu jadi produktif. Untuk, itu kami punya tips untuk memaksimalkan waktumu dan menjadikannya bermanfaat:

time Listen to an audio book/ Dengarkan buku dengan audio

 

Membaca buku di tengah kemacetan memang bukan pilihan yang pintar. Namun sekarang ada audio book yang bisa jadi alternatif. Coba temukan versi audio dari buku favorit-mu atau buku yang bisa menambah pengetahuanmu. Dengan begitu waktu akan berlalu dengan cepat dan kamu juga memperoleh pengetahuan.

 

 time Learn to sing a song/ Belajar bernyanyi

time2

Buat pecinta musik, mendengarkan lagu pasti sudah jadi kegiatan rutin saat terjebak di kemacetan. Daripada hanya sekedar mendengarkan coba gunakan waktu ini untuk berlatih lirik dan menyanyikannya sendiri. Siapa tahu kamu bisa mengikuti jejak salah satu penyanyi idola-mu bukan? Selain itu, berlatih lirik bahasa Inggris juga dapat membantumu memperdalam kemampuan bahasa Inggris. Baca juga belajar bahasa Inggris melalui lirik lagu DI SINI!

 

 time Tweet/ Manfaatkan Twitter

 

Sudah pasti kamu salah satu orang yang nggak bisa ketinggalan update di media sosial. Coba manfaatkan Twitter untuk membantu memberi info tentang kemacetan atau situasi yang terjadi di sekitarmu. Siapa tahu ini bisa membantu teman-mu. Kalau kamu nggak punya informasi yang bisa di-update, kamu bisa membaca akun berita yang justru membuatmu jadi lebih update dengan sekitarmu.

 

 time Do a car or simple workout/ Lakukan olahraga kecil

time4

Kamu tentu nggak akan mempraktekan pose yoga di mobil. Tapi coba telusuri di internet gerakan olahraga atau peregangan yang bisa kamu lakukan saat berada di mobil . Mulai dari peregangan kepala, latihan punggung ataupun gerakan kaki. Latihan ini kalau dilakukan rutin bisa membuatmu tetap bugar, lho!

 

time Learn a new language/ Belajar bahasa baru

 

Podcast bahasa bisa jadi pilihan buat belajar bahasa baru di mobil. Dengarkan dan ulangi pengucapan yang ada! Meskipun kamu nggak bisa 100% fokus belajar namun dengan cara ini kamu dapat perlahan-lahan mengingat dan terbiasa mendengar bahasa yang sedang kamu pelajari. Sedangkan kalau kamu sudah berada di tingkat mahir, kamu bisa mencoba mendengar radio atau berita dalam bahasa tersebut. (Untuk kamu yang sedang memperdalam bahasa Inggris, kamu bisa mencoba mendengar berita dari BBC maupun CNN.)

 

 time Call a friend you haven’t talked to in a while, or even better, call your mum!/ Telepon teman atau bahkan ibu-mu!

time3

Perlu diingat jangan menelepon saat kamu sedang berkendara namun kalau kamu terjebak dalam kemacetan yang membuatmu tidak dapat bergerak, tips ini bisa kamu gunakan. Adakah teman lama yang sudah lama tidak kamu hubungi atau kapankah terakhir kali kamu menelepon ibu-mu? Sekarang saatnya manfaatkan ponsel-mu untuk mejalin silahturahmi dengan orang-orang di sekitarmu. Kalau menelepon dapat menganggu, kamu masih dapat mengirim pesan singkat atau email kepada mereka.

 

time Find Inspirations/ Cari inspirasi

 

Ini adalah saat yang tepat buat berpikir atau mencari inspirasi. Jika di kampus atau kantor waktumu habis terbuang mengerjakan tugas maka sekarang adalah saat yang tepat untuk berpikir dan mencari ide baru. Pasang lagu yang bisa menggugah inspirasi-mu dan pastikan untuk mencatat ide-mu dalam buku catatan, ya! Supaya kamu nggak lupa dan bisa langsung melaksanakannya.

 

Daripada hanya mengeluh bosan ketika sedang terjebak dalam macet, kenapa nggak manfaatkan waktu yang ada buat hal yang berguna!