Cara Berteman atau Mencari Teman Baru di Sekolah

2015.07.22
Cara Berteman atau Mencari Teman Baru di Sekolah

Memasuki sekolah baru dapat menjadi pengalaman yang cukup menakutkan bagi banyak kawula muda. Apakah kamu harus pindah sekolah karena kamu pindah rumah? Apakah kamu baru akan masuk ke SMP atau SMA? Mencari teman baru bisa menjadi hal yang sulit. Untuk membantumu, EF punya beberapa tips bermanfaat:

 

  1. Compliment people. Memberikan pujian.

Pujian adalah cara bagus untuk ice breaker. Tapi, pastikan kamu  memberikan pujian secara tulus dan tak berlebihan! Jika kamu melihat teman di sekolah dengan potongan rambut yang kamu suka, kamu bisa memberitahunya. Atau mungkin kamu menyukai pakaian seseorang, langsung saja katakan padanya. Misalnya, “Nice T-shirt!”. Mudah kan?

 

  1. Be proactive and observant.  Jadilah proaktif dan jeli.

Kamu tak bisa hanya menunggu untuk orang berteman denganmu. Bukalah mata dan cari kesempatan untuk memulai percakapan dengan orang-orang di sekitarmu. Misalnya, jika kamu mendengar ada anak-anak yang sedang membicarakan tentang band yang kamu juga suka, beri tahu mereka. Dengan begini, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang menyukai hal yang sama denganmu.

 

  1. Get involved. Ikut terlibat.

Errr… Ikut terlibat dalam apa? Mungkin kamu bertanya-tanya. Seringkali ada banyak kegiatan di sekolah. Misalnya, band, tim olah raga, berbagai klub siswa, dsb. Kamu hanya harus mengajukan diri dan bilang “Saya akan membantu!” Orang-orang akan menghargai antusiasmu, dan kamu akan menghabiskan waktu dengan teman di sekolah yang tak pernah kamu kenal sebelumnya.

 

  1. Be trustworthy. Jadilah orang yang dapat dipercaya.

Ada perbedaan besar antara teman kelas yang kamu temui setiap hari dan sahabat yang sebenarnya: kepercayaan. Kepercayaan adalah sesuatu yang harus kamu bangun secara perlahan-lahan. Tunjukan integritasmu dengan menjadi seseorang yang jujur dan adil pada setiap orang. Jika ada teman kelas yang berbicara padamu, pastikan mereka tahu kalau kamu mendengarkan mereka, dan kamu peduli akan apa yang mereka katakan. Lama-lama, orang akan melihatmu sebagai seseorang yang dapat dipercaya.

 

Tak ada yang bilang kalau mencari teman di sekolah baru adalah hal yang mudah. Tapi, jika kamu mencoba beberapa tips di atas, kamu akan tahu kalau mencari teman bukanlah hal yang tak mungkin. Ingat, kamu tak harus berteman dengan semua orang.  Hanya dengan dua atau tiga orang teman, sekolah sudah akan menjadi lebih menyenangkan.

Masih ingat ke-4 tipsnya?

1. Compliment people.

2. Be proactive and observant.  

3. Get involved.

4. Be trustworthy.

Good luck!