10 Karir Terbaik di Bidang Olahraga

2016.08.16
10 Karir Terbaik di Bidang Olahraga

Kamu mungkin salah satu yang bermimpi menjadi atlet profesional. Kebanyakan atlet dunia jatuh cinta pada olahraga pilihannya sejak kecil. Saat melihat atlet profesional dan terkenal di TV, kebanyakan dari kita terinspirasi untuk menjadi seperti mereka.

Temukan Cara Cepat dan Menarik Belajar Bahasa Inggris untuk Anak, klik link biru ini ▶Pelajaran Bahasa InggrisFun Learning dan Games Seru hanya di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Namun pada kenyataannya hanya 1 dari 16,000 siswa SMA dapat menjadi atlet profesional.

Tunggu dulu, jangan patah semangat! Masih banyak, kok pilihan karir lainnya di bidang olahraga yang bisa kamu coba. Ini dia daftarnya:

  1. Coaches (Pelatih)

sports1 What they do: Saat menjadi pelatih maka kamu bertindak sebagai pemimpin tim serta mentor secara bersamaan. Mengadakan latihan dan mengajarkan kerjasama tim merupakan salah satu tugasnya. Pelatih juga bertanggung jawab membuat strategi permainan agar timnya dapat menang.

sports5

sports1 How to get there: Kombinasi antara rasa cinta dengan olahraga yang disukai dan mengajar merupakan modal dasarnya. Dimulai sebagai asisten pelatih kamu dapat memperoleh pengalaman untuk menjadi pelatih utama.

 

2. Photojournalist/Sports Photographer (Fotografer Olahraga)

sports2 What they do: Fotografer olahraga memiliki tanggung jawab mendokumentasikan pertandingan, kegiatan maupun acara olahraga. Foto ini digunakan untuk menemani artikel olahraga atau sebagai media promosi. Mereka tidak memiliki waktu kerja yang pasti karena harus berada di lokasi saat acara olahraga berlangsung; dan untuk mendapatkan foto yang bagus mereka harus hadir sepanjang waktu.

sports2 How to get there: Dimulai sebagai freelancer di media lokal sambil memenuhi portofolio kerja. Sudut pandang yg kreatif dan kemampuan fotografi yang baik merupakan salah satu syaratnya, namun rasa cinta dan pengetahuan akan olahraga tentunya yang menjadikan kalian tampil unggul.

 

3. Sporting Event Planner/Coordinator (Koordinator Acara Olahraga)

sports3 What they do: Sebagai koordinator acara, kamu akan bertemu perwakilan tim atau atlet untuk mendiskusikan kebutuhan acara. Termasuk didalamnya mengatur transportasi, membuat jadwal acara, mempersiapkan keamanan, mengakomodir media hingga semua perlengkapan yang dibutuhkan dalam acara. Kamu juga dapat bertindak sebagai mediator antara tim olahraga dengan penyelenggara acara. Bertanggung jawab melakukan negosiasi atas besarnya kontrak dan memastikan semua berjalan dengan baik saat acara olahraga berlangsung.

sports3 How to get there: Kebanyakan sarjana manajemen pariwisata dengan pengalaman bekerja yang cukup dapat bekerja di bidang ini. Karena bidang kerja ini sedang marak akan lebih baik kalau kamu memiliki sertifikat CMP (Certified Meeting Planner).

 

4. Fitness Director (Direktur Fitness)

sports6

sports4 What they do: Bertanggung jawab terhadap semua hal yang berhubungan dengan administrasi kesehatan di tempat fitness, termasuk di dalamnya membuat jadwal sesi training pribadi hingga mengembangkan program insentif untuk klien. Melakukan penelitian dan membeli perlengkapan keamanan, perlengkapan olahraga serta membuat program kesehatan. Terkadang  juga mengajar di kelas maupun memberikan sesi latihan privat.

sports4 How to get there: Tentunya kamu perlu memiliki pengetahuan yang cukup mengenai latihan olahraga dan fisiologi. Dimulai dari trainer atau instruktur dan rasa cinta terhadap olahraga serta kesehatan, kamu dapat memulai karir ini. Akan lebih baik kalau kamu memiliki pendidikan di bidang kesehatan atau yang berhubungan dengan nutrisi dan pendidikan fisik.

 

5. Physical Therapist (Terapis Fisik)

sports1 What they do: Kamu akan memberikan pelayanan bagi atlet yang berusaha memulihkan kesehatan mereka dari cidera maupun sakit. Melakukan diagnosa, menjalankan rencana pemulihan serta mengajarkan atlet menggerakkan anggota tubuh pasca cidera merupakan bagian dari pekerjaan ini. Bekerjasama dengan suster maupun staf rumah sakit dalam mengukur kemajuan treatmen yang diberikan.

sports9

sports1 How to get there: Tentunya pendidikan di bidang terapi fisik merupakan modal dasar karir ini.

 

6. Sports Psychologist (Psikolog Olahraga)

sports2 What they do: Kehadiran psikolog olahraga adalah untuk membantu atlet meningkatkan performa mereka melalui hubungan yang sehat antara tubuh dan jiwa mereka. Selain itu, kamu juga akan membantu pasien yang mengalami masalah mental, seperti depresi, masalah makan, stress dalam pekerjaan, kecemasan hingga masalah percaya diri.

sports2 How to get there: Psikolog olahraga berada dalam program klinis maupun konseling. Selain itu kelas tambahan di bidang kinesiologi, fisiologi, obat-obatan olahraga, bisnis dan marketing dibutuhkan untuk menunjang karir ini.

 

7. Statistician (Ahli Statistik)

sports3 What they do: Ahli statistik bertanggung jawab mengumpulkan informasi dan menarik kesimpulan darinya. Dalam industri olahraga, ahli statistik perlu mengumpulkan dan menganalisa data mengenai segala hal mulai dari angka-angka pertandingan hingga membuat survey dan mengartikan informasi yang ada untuk membantu proses perekrutan dan membuat rancangan tertentu.

sports3 How to get there: Pendidikan di bidang statistika, matematika atau metodologi survey merupakan persyaratannya. Untuk pekerjaan yang lebih tinggi bahkan membutuhkan gelar Ph.D.

 

8. Umpire/Referee (Wasit)

sports7

sports4 What they do: Wasit bertugas mengawasi jalannya pertandingan olahraga. Mereka bertanggung jawab agar pertandingan berjalan sesuai aturan sehingga pertandingan berlangsung adil dan menentukan pemenangnya.

sports4 How to get there: Kalau kamu bercita-cita jadi wasit, nggak hanya rasa cinta terhadap olahraga tapi juga kamu harus memiliki pengetahuan yang baik mengenai olahraga tersebut. Untuk menjadi wasit profesional, kamu juga harus mengikuti sekolah khusus.

 

9. Broadcaster (Pembawa Berita)

sports1 What they do: Pembawa berita olahraga bertugas melaporkan, memberi komentar dan menganalisa jalannya pertandingan olahraga. Seringkali mereka diminta untuk meneliti olahraga tertentu, menulis artikel atau skrip dan mempresentasikan informasi yang ada secara langsung.

sports1How to get there: Pembawa berita olahraga profesional memulai karir mereka sebagai reporter, asisten produksi maupun operator perlengkapan. Sarjana di bidang penyiaran, komunikasi atau bidang yang berhubungan merupakan salah satu persyaratannya.

 

10. Agents (Agen)

sports3 What they do: Agen olahraga bertugas melakukan negosiasi kontrak bagi atlet. Mereka berusaha memberikan keuntungan bagi klien dan membantu klien mendapatkan perjanjian yang baik. Menangani tanggapan negatif publik serta bernegosisasi mengenai gaji merupakan bagian dari pekerjaan agen.

soccer sport manager in business suit coach and football player

sports3 How to get there: Kebanyakan agen memiliki gelar di bidang manajemen olahraga, hukum olahraga atau bidang lainnya yang terkait. Mengikuti program magang di agensi olahraga dapat membantumu mengenal pekerjaan ini.

 

Jadi buat pecinta olahraga, masih banyak pilihan karir di bidang ini yang bisa kamu geluti. Saatnya meraih cita-cita olahragamu!

 

Referensi:

http://www.thebestschools.org/blog/2013/12/05/top-10-sports-careers-non-athletes/

http://study.com/how_to_become_a_sports_broadcaster.html

http://www.sports-management-degrees.com/faq/what-does-a-sports-agent-do/

 

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_47026004e1ad61c523a52c59b60063b7', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_47026004e1ad61c523a52c59b60063b7', '1569238070', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)