Fakta Tentang Sepeda yang Perlu Kamu Tahu

2019.09.03
Fakta Tentang Sepeda yang Perlu Kamu Tahu

Sepeda adalah kendaraan beroda yang digunakan selain sebagai alat transportasi yang juga sepeda digunakan sebagai alat olahraga. Pastinya EFriends sudah tidak asing lagi dengan alat transportasi ini kan. Berikut ini 3 fakta yang perlu kamu tahu tentang sepeda :

  1. Sejarah Penemuan Sepeda berawal dari Meletusnya Gunung Tambora

Tahukah EFriends bahwa sepeda ditemukan pada tahun 1800-an oleh seorang berkebangsaan Jerman, Karl Drais. Menurut catatan sejarah, penemuan sepeda tidak terlepas dari peristiwa yang terjadi di Indonesia. Nggak percaya? Pada tahun 1815 gunung Tambora yang terletak di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat meletus dan melumpuhkan sebagian besar aktivitas masyarakat dunia akibat lava yang termuntahkan dan abu vulkanik di atmosfer yang dirasakan hingga Benua Amerika dan Eropa. Akibatnya selain langit di belahan bumi utara berubah menjadi gelap, suhu bumi juga turut meningkat.

tambora

Efek tersebut juga berpengaruh pada kuda, hewan yang dijadikan andalan transportasi masyarakat kala itu tidak dapat digunakan secara maksimal dan banyak yang mati. Hal tersebut yang membuat Karl Drais menemukan Laufmaschine atau mesin yang dapat berlari yang kemudian popular dengan sebutan Draisine.

Diskon (((Lagi))) s/d 2,4 Juta di EF Kursus Bahasa Inggris, lebih detail klik link biru ini PROMO ▶Extra FunBelajar Bicara Inggris di EF English First makin menyenangkan!

Bentuk sepeda pada pertama kali dibuat tentu berbeda dengat saat ini. Pada awal ditemukannya sepeda oleh Karl, sepeda yang disebut dengan draisine terdiri dari dua roda yang dihubungkan dengan kayu di bagian atas.  Agar dapat berjalan, kaki penumpang harus digerakkan dan apabila jalan menurun harus menaikkan kaki karena sepeda yang belum memiliki pedal. Sepeda cukup menjadi alternatif pengganti alat transportasi pada saat itu yang umumnya menggunakan kuda.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat Jerman mulai tertarik untuk dapat menggunakan sehingga desain baru bentuk sepeda bermunculan kala itu. Pada tahun 1820 desain sepeda berubah jumlah roda menjadi tiga dan empat yang memudahkan penumpangnya dalam mendapatkan keseimbangan. Pada tahun 1860, desain sepeda berubah seiring berkembangnya zaman dengan ditemukannya pedal pada sumbu roda dan penggunaan metal pengganti bahan kayu. Era 1880-1890 desain sepeda berkembang dengan penggunaan besi sebagai trend rantai sepeda untuk menggerakkannya. Selanjutnya John Dunlop memperkenalkan ban rancangannya yang membuat sepeda terasa lebih lembut dan fleksibel dalam berbagai medan.

  1. Sepeda menemani perjalanan Bangsa & “Founding Father” Ir. Soekarno

Perjalanan Bangsa Indonesia tidak luput dari eksistensi sepeda, loh! Sepeda pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Belanda. Selain bangsa Belanda, sepeda pada saat itu hanya digunakan oleh golongan priyayi dan bangsawan. Alasannya karena pada saat itu sepeda merupakan benda yang mahal, sehingga tidak semua lapisan masyarakat memilikinya. Pada abad ke-20 sepeda menjadi primadona alat transportasi yang disebut dengan “kereta angin”. Kehadiran kereta angin jelas lebih memudahkan masyarakat saat itu karena berbeda dengan kuda yang biasa mereka gunakan. Menggunakan kuda mengharukan pemiliknya untuk merawat dan memastikan kuda dalam keadaan yang aman saat tidak digunakan misalnya memberi makan dan menempatkan kuda dalam kandang yang baik. Hal tersebut juga tertulis dalam novel roman karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul Anak Semua Bangsa. Dalam novel roman tersebut Pram mengungkapkan selain praktis, sepeda atau yang saat itu disebut dengan Velocipide lebih cepat melaju dibandingkan kuda.

soekarno

Sepeda tidak hanya membawa kita ke tempat yang kita inginkan, namun juga dapat mengantarkan seseorang menemukan sebuah gagasan. Hal tersebut terjadi kepada Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Suatu ketika saat Soekarno bersepeda di daerah Bandung, perjalanan dengan sepeda oleh sang founding father bangsa pada perjalanan yang menginspirasi simbol ideologi marhaenisme. Dalam buku biografi Soekarno yang berjudul “Penyambung Lidah Rakyat Indonesia” dikisahkan Soekarno yang sedang bersepeda di daerah Jawa Barat, lalu bertemu seorang petani sederhana bernama Marhaen. Petani tersebut menginspirasi Soekarno tentang bagaimana petani Indonesia hidup dengan sebagaimana semestinya. Nama Marhaen kemudian juga dikenal dengan ideologi yang menentang penindasan baik atas bangsa maupun manusia yang hingga saat ini dikenal oleh masyarakat Indonesia.

  1. Olahraga Sepeda bisa membakar 400 – 1000 kalori

Sepeda telah menjadi sahabat bagi masyarakat selama lebih dari 2 abad. Meski saat ini peran sepeda tidak digunakan sebagai alat transportasi utama seperti masa silam, sepeda tetap digemari oleh masyarakat sebagai sarana olahraga dan gaya hidup. Bersepeda bermanfaat dalam kesehatan, kendaraan yang digunakan secara dikayuh ini dapat membakar 400-1000 kalori dalam satu jam. Selain itu berolahraga dengan sepeda juga dapat meningkatkan kesehatan penggunanya karena dapat membantu membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan mengurangi stress. Tidak heran apabila saat ini sepeda semakin digemari karena selain sehat, sepeda juga lebih hemat dan ramah lingkungan.

Nah, buat kamu yang suka dengan olahraga sepeda atau memiliki rencana untuk mulai berolahraga dengan sepeda ada beberapa pilihan sepeda yang bisa jadi kamu jadikan referensi, MTB (Mountain bike), sepeda balap, city bike, BMX dan sepeda lipat yang merupakan contoh beberapa jenis sepeda yang saat ini dikenal oleh masyarakat.

mountain-bike

Mountain bike merupakan jenis sepeda gunung yang memiliki ciri ringan dengan rangka yang kuat dan sesuai namanya, cocok digunakan dalam medan yang berat. MTB juga memiliki berbagai jenis seperti downhill yang sesuai namanya diperuntukkan untuk medan menurun. Selain downhill, jenis lain dari MTB adalah freeride, yang memiliki bobot yang lebih berat sehingga tidak terlalu cocok untuk melintasi jalur yang menanjak dengan jarak yang jauh. Terdapat pula jenis sepeda gunung cross country yang cocok bagi pemula dan cocok dikendarai di daerah pedesaan yang permukaan jalannya tidak terlalu mulus namun tetap efisien dengan kayuhan yang optimal.

city bike

City bike merupakan sepeda yang biasa digunakan di perkotaan. Bentuk sepeda city bike sering kita temui di film yang mengambil lokasi syuting di luar negeri seperti Belanda dan negara Eropa lainnya. Biasanya jenis sepeda ini mengikuti kebutuhan pemakainya dalam beraktivitas sehari-hari sehingga tidak heran apabila dilengkapi dengan keranjang dan sadel tambahan di bagian belakang.

bmx

Sepeda BMX adalah sepeda yang banyak digunakan oleh kalangan anak-anak hingga dewasa baik untuk penggunaan sehari-hari karena bentuknya yang trendy dan juga dapat digunakan untuk atraksi ekstrim. Bahkan BMX akan diikutsertakan pada perhelatan olahraga terbesar dunia, Olimpiade mendatang tahun 2020 di Tokyo, Jepang. Sepeda BMX cocok banget nih buat EFriends yang suka tantangan.

fixie bike

Fixie atau kependekan dari fixed gear merupakan jenis sepeda yang pernah tren di Indonesia pada tahun 2013. Berbeda dengan sepeda pada umumnya, saat pedal diinjak, lengan engkol fixie akan mengikutinya, memutar gir depan yang menempel, kemudian menarik rantai yang juga secara otomatis menarik gir belakang untuk berputar karena langsung terhubung pada roda belakang. Dengan demikian roda akan berputar dan sepeda dapat berjalan. Karena perbedaan mekanisme inilah yang membuat fixie berbeda dengan sepeda lainnya. Walau agak sulit untuk menjalankannya, peminat fixie tetap banyak dan telah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda hingga sekarang.

sepeda lipat

Sesuai dengan namanya, sepeda lipat memudahkan penggunanya untuk dibawa kemana-mana dengan cara melipat. Dengan desain yang mudah dilipat dan dibawa, sepeda ini dimungkinkan untuk dibawa kemana-mana dan bahkan bisa kalian bawa saat menggunakan alat tranposrtasi umum lain seperti bis dan kereta. Sangat memudahkan sekali, ya!

Sepeda balap adalah jenis sepeda yang memiliki karakteristik cepat dan ringan. Namun sebanarnya jenis sepeda balap juga beragam tergantung dari kondisi jalan dan tipe kompetisi yang diikuti. Ada yang fokus pada kenyamanan, kestabilan dan ada juga yang fokus pada kecepatan.

Sepeda balap tentu erat kaitannya dengan kompetisi ya, EFriends. Nah, salah satu kompetisi balap sepeda tahunan yang paling terkenal adalah Tour de France. Dari bahasa, sudah dapat diketahui bahwa kompetisi ini dilaksanakan di Prancis. Selain di Prancis, perlombaan ini juga mengambil rute di wilayah negara yang berbatasan dengannya seperti Luksemburg, Italia, Jerman, Spanyol, Belanda, Swiss dan beberapa negara lainnya lalu berakhir di Paris, Prancis. Perlombaan ini berlangsung 23 hari dan tentunya seluruh media tertiuju pada perlombaan ini. Kompetisi yang telah ada sejak tahun 1903 ini diikuti oleh atlet sepeda dari seluruh dunia, salah satunya tim EF Pro Cycling.

Apa itu EF Pro Cycling? EF Education First dengan bangga mempersembahkan tim balap sepeda professional yang terdiri dari berbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Italia, Belanda dan masih banyak lagi. Tim EF Pro Cycling juga turut berpartisipasi dalam perlombaan Tour de France. Ssst.. kabarnya tim ini dapat berbicara berbagai macam bahasa dunia loh. Keren banget ya! Kalian juga gak boleh ketinggalan, ya! Yuk tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian bersama EF.