Belajar Berenang dalam 5 Langkah Mudah – How to Swim in Five Easy Steps

2015.05.22
Belajar Berenang dalam 5 Langkah Mudah – How to Swim in Five Easy Steps

Belajar berenang atau belajar bahasa Inggris? Bagaimana kalau kita melakukan keduanya? Berikut adalah tips untuk belajar berenang dalam lima langkah mudah dalam bahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Kamu dapat belajar berenang sambil mengasah keterampilan membaca bahasa Inggris kamu!
 
1. Kemananan Nomor Satu. Seseorang harus selalu menemanimu saat kamu belajar berenang. Pelajaran pertama sebaiknya dilakukan di kolam yang tak terlalu dalam. Kamu harus bisa berdiri dan bernafas leluasa di dalam kolam. Suhu air juga penting, jangan berenang di air yang terlalu dingin. Jika kamu mau, bisa mengenakan kaca mata renang atau topi renang.

Put your safety first. Someone should always accompany you when you are learning how to swim. It is also recommended that your first lesson takes place in steady water that isn’t too deep. You have to be able to stand up and breathe. The temperature of the water is also important – it mustn’t be very cold. If you prefer, you can wear goggles or a water cap.
 
2. Biasakan diri dengan air. Berendam di kolam sampai kepalamu berada di dalam air, gerakan kaki sehingga kamu tetap mengapung, dan bergerak di air. Dalam bahasa Inggris coba untuk untuk ‘tread the water’ berarti menggerakan kaki dengan gerakan melingkar, mendorong air dengan kaki, dan menggunakan tangan untuk mendorong air dari depan ke samping badan. Terus berlatih gerakan tread the water ini sampai kamu bisa terus menjaga kepala untuk berada di atas air tanpa menginjak dasar kolam.

Get comfortable with the water. Put your head underwater, tread the water, and move in the water. What does ‘tread the water’ mean? Move your legs in a cycling motion, pushing the water down with your feet, and use your hands to push water from the front of your body to your sides. Practice this until you can keep your head above water without touching the bottom of the pool with your feet.
 
3. Belajar mengapung. Pegang bagian samping kolam (atau minta tolong orang yang mengawasimu untuk memegangmu) dan biarkan perut dan kakimu untuk mengapung di atas permukaan air. Jangan takut – ini akan terjadi dengan sendirinya jika kamu rileks dan membiarkan mereka untuk terapung. Setelah ini, balikan badan dan lakukan gerakan yang sama.

Learn how to float. Hold on to the side of the pool (or ask the person helping you to hold you) and let your stomach and legs drift to the surface of the water. Do not be afraid – this will happen naturally if you relax and allow them to float. After this, turn onto your back and try the same thing.
 
4. Berlatih membuang nafas di dalam air. Ambil nafas yang dalam, lalu masukan kepala ke dalam air. Buang nafas perlahan-lahan melalui hidung hingga tak ada udara yang tertinggal, lalu keluarkan kepala dari dalam air. Jika ini terlalu sulit atau tak nyaman, tutup hidung dengan tangan (atau penutup hidung khusus renang) dan buang nafas melalui mulut.

Practice exhaling underwater. Take a deep breath and then go underwater just enough for your head to be covered. Exhale slowly through your nose until you’re out of breath, and then return to the surface. If this is too hard or too uncomfortable, hold your nose closed (or use a nose plug) and exhale through your mouth.
 
5. Temukan gayamu. Ada banyak teknik berenang: gaya lumba-lumba, gaya kupu-kupu, gaya dada, dan gaya samping misalnya. Tentukan dahulu apakah kamu lebih nyaman untuk melampung terlentang atau tengkurap dengan perut menghadap bawah, lalu mulai dengan gerakan seperti merangkak. Ini adalah gerakan dasar untuk pemula yang akan membantumu bergerak di dalam air. Jika kamu lebih suka terlenatang, kamu akan merangkak terbalik: angkat satu lengan ke atas, memutar di bagian bahu melewati kepala, dan kembali ke dalam air. Setelah lengan masuk ke dalam air, lekuk lengan agar dapat diposisikan lurus di sebelah badan. Ulangi gerakan secara bergantian kiri – kanan, dan pada saat bersamaan tenang air dengan kakimu. Lakukan gerakan yang sama jika kamu lebih memilih posisi tengkurap dengan perut di bawah.

Find your style. There are many swimming techniques: dolphin stroke, butterfly stroke, breaststroke and sidestroke, just to name a few. See first if you are more comfortable floating on your back or on your stomach, and then try doing a crawl. This is a basic move for a beginner that will help you move in the water. If you prefer floating on your back, you will do a back crawl: lift one arm straight into the air, rotating it at the shoulder to bring it over your head and then back into the water. Then, once it’s underwater, bend your arm to bring it back to a straight position next to your body. Repeat this movement, alternating with each arm, and at the same time kick the water with your legs. It works similarly if you are floating on your stomach.
 
Latih kelima langkah di atas dengan sabar dan aman. Dijamin kamu akan menjadi perenang handal. Sekarang kamu tinggal menyiapkan baju berenang, teman dan keluarga, dan selamat bersenang-senang!

Practice the steps above patiently and safely and you’ll eventually become a skilled swimmer. All you need now is to grab a bathing suit and family or friends, and then let the fun times begin!