5 Fakta Tentang Olimpiade Yang Tak Kamu Ketahui

2016.08.08
5 Fakta Tentang Olimpiade Yang Tak Kamu Ketahui

Sekarang adalah bulan Olimpiade! Semua tim berkumpul di Rio untuk mengikuti berbagai kompetisi olah raga pada Olimpiade musim panas tahun ini. Kamu mungkin tahu kalau pemenang Olimpiade akan mendapatkan medali emas. Kamu juga tahu bahwa Olimpiade akan berlangsung selama hampir sebulan. Tetapi, kami tak akan memberitahu semua hal yang sudah kamu ketahui, melainkan kami akan membagikan 5 hal tentang Olimpiade yang tidak kamu ketahui!

1. Gold medals were not awarded in the first modern Olympic Games.

Olympics_Facts_1

Ironisnya, medali Olimpiade yang kita ketahui sekarang ini dihapuskan pada Olimpiade modern yang pertama di Athena, Yunani, pada musim panas 1896. Para atlit yang memenangkan pertandingan diberikan mahkota tradisional yang terbuat dari daun zaitun, yang merupakan penghargaan asli pada Olimpiade masa lalu. Selain mahkota dari daun zaitun, mereka juga mendapatkan medali perak yang bergambar Zeus bergandengan dengan dewi Nike, lambang kemenangan. Pada tahun 1904, di Olimpiade St. Louis, para atlit baru mulai mendapatkan medali emas, perak, dan perunggu yang kita kenal sampai sekarang.

2. Olympic champions last received solid gold medals in 1912.

Olympics_Facts_2

Para juara kedua dan ketiga bisa bernafas tenang mengetahui bahwa tak ada banyak perbedaan dalam kandungan medali perak dan medali emas pada Olimpiade sekarang ini. Medali emas murni terakhir diberikan kepada atlit pada tahun 1912. Medali emas yang diberikan kepada atlit sekarang ini terbuat dari 93% perak dan 6% perunggu, dan hanya 6 gram emas.

3. The Summer Olympic used to span months, starting in the spring and ending in the fall.

Olympics_Facts_3

Menurutmu 17 hari Olimpiade terlalu panjang? Durasi itu tak seberapa dibandingkan dengan Olimpiade Musim Panas pertama di London pada tahun 1908 yang berlangsung selama 188 hari. Olimpiade tersebut diawali dengan kompetisi racquets pada tanggal 27 April dan berakhir pada tanggal 31 Oktober dengan pertandingan final hockey lapangan. Selain itu, Olimpiade Paris tahun 1900, Olimpiade St. Louis tahun 1904, dan Olimpiade Antwerp tahun 1902 berlangsung selama lebih dari 5 bulan.

4. A gymnast with a wooden leg won six medals, including three gold medals.

Olympics_Facts_4

Mungkin kamu pernah mendengar nama Pistorius yang dikenal sebagai the Blade Runner. Akan tetapi, seorang atlit Jerman-Amerika telah memenangkan medali emas sebelum Pistorius. Pada Olimpiade 1904 di St. Louis, George Eyser, yang tertabrak kereta dan kehilangan kakinya saat masih remaja, memenangkan medali emas pada cabang papan paralel, kuda-kuda panjang, dan panjat tali. Ia juga memenangkan dua medali perak pada kuda-kuda samping dan kompetisi menyeluruh. Dan memenangkan satu medali perunggu pada papan horisontal.

5. The colors featured in the Olympic rings do not represent a specific continent.

Olympics_Facts_5

Menurut Komite Olimpiade, cincin Olimpoade saling berkaitan untuk menunjukkan sifat universal Olimpade dan pertemuan para atlit selama pertandingan Olimpoade. Warna biru, kuning, hitam, hijau, dan merah ditampilkan di atas bendera putih. Keenam warna ini mewakili seluruh bangsa di dunia, dan bukan hanya benua-benua tertentu. Bahkan, setidaknya salah satu dari keenam warna ini pasti ada dalam bendera setiap negara yang berpartisipasi.

Mau memenangkan hadiah seru dari EF English First? Ikuti EF Rio Quiz SEKARANG dan kamu bisa memenangkan hadiah setiap hari!

Tahukah kamu? Beberapa jawaban kuis dapat kamu temukan pada artikel di atas? Selamat bersenang-senang dan semoga berhasil memenangkan hadiah!