Tradisi Unik Hari Pertama Sekolah

2019.07.08
Tradisi Unik Hari Pertama Sekolah

Hari pertama sekolah memang menjadi hari yang istimewa. Saking istimewanya, orangtua beramai-ramai mengantarkan ke sekolah. Di Indonesia, ada tradisi unik di hari pertama masuk sekolah yaitu berebut bangku paling depan. Tradisi ini dijalankan karena orangtua percaya anak akan lebih fokus dan menjadi lebih pintar jika duduk di deretan paling depan.

Tradisi hari pertama sekolah tidak hanya terjadi di Indonesia loh. Beberapa negara juga memiliki tradisi unik di hari istimewa ini. Mau tau negara apa saja yang memiliki tradisi unik? Simak artikel di bawah ini yaa.

Jepang

Hari pertama sekolah di Jepang dimulai ketika musim semi. Di hari pertama, siswa baru mendapat hadiah utama yaitu randoseru atau tas kotak yang keras dan meja belajar baru di rumah.

Jerman 

Hari pertama sekolah di Jerman disebut Einschulung. Di hari pertama masuk sekolah, siswa sekolah dasar (SD) mendapat tas berbentuk kerucut yang disebut schultute (tas sekolah). Di dalamnya terdapat permen, hadiah, dan juga perlengkapan sekolah. Isi dari dalam tas tersebut diambil dan tas yang kosong dikumpulkan kembali untuk digantung di langit-langit kelas. Tujuannya untuk mengingatkan murid bahwa sekolah itu menyenangkan.

Rusia

Di Rusia, sekolah-sekolah mengadakan upacara penyambutan khusus untuk siswa baru dan keluarganya. Para siswa memakai baju terbaik dan membawakan bunga untuk guru-guru. Siswa baru akan mengikuti tradisi lonceng pertama. Yaitu, siswa baru akan naik ke pundak kakak kelas dan memutari halaman sekolah sambil membunyikan lonceng sekolah.

Bulgaria

Hampir sama dengan Rusia, di hari pertama sekolah para siswa membawakan bunga untuk guru-guru. Sekolah pun mengadakan berbagai acara seperti menyanyi, menari, pembacaan puisi, dan mengadakan berbagai macam permainan agar para siswa saling mengenal satu sama lain.

Cina 

Di Cina terdapat tradisi upacara Qi Meng (pencerahan) di mana para siswa memberikan penghormatan dengan cara sujud kepada orangtua dan guru yang ada di sekolah.

Selandia Baru

Untuk menyemangati siswa baru, sekolah di Selandia Baru mengadakan upacara penyambutan menggunakan adat suku Maori yang disebut Powhiri. Guru akan meneriakan panggilan semangat selamat datang dan kakak kelas menari penuh semangat. Adapun tariannya disertai tepuk tangan, hentakan kaki dan tarian penuh semangat.

India

Upacara penyambutan anak baru di India berlangsung meriah. Penyambutan siswa baru yang disebut dengan praveshanolsavam diadakan dengan berbagai cara seperti menyelenggarakan pawai sekolah. Siswa baru akan keliling lingkungan sekolah dengan iringan arakan musik dan balon. Ada juga yang menyelenggarakan chendamelan, yaitu pertunjukan musik drum yang dilakukan sekelompok kakak kelas laki-laki untuk menyambut adik kelas mereka.

Arab Saudi

Hari pertama sekolah di Arab Saudi dirayakan secara besar-besaran. Selama tiga hari berturut-turut, siswa berkesempatan untuk menjalin persahabatan dengan teman baru untuk tahu satu sama lain. Sedangkan para guru akan membawa bunga dan makanan untuk muridnya. Selama tiga hari, belum ada kegiatan belajar mengajar. Sekolah menyediakan buku, pulpen, pensil, dan alat tulis lainnya bagi para siswanya.

Itu dia tradisi unik dari enam negara. Tujuan dari dilangsungkannya tradisi ini adalah untuk membangkitkan semangat siswa untuk belajar dan menggapai cita-cita. Agar kamu semakin semangat kembali ke sekolah, yuk belajar bahasa Inggris seru dan menyenangkan hanya di EF. Segera klik Semangat Sekolah untuk mendapatkan diskon hingga Rp 2,5 juta dan bonus merchandise eksklusif EF. Yuk tunggu apalagi daftar sekarang dan raih cita-citamu bersama EF.

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_7b8172a8b0197c5ba1e60e9c88decec3', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_7b8172a8b0197c5ba1e60e9c88decec3', '1573697715', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)