Sebagai Anak Berbakti, Lakukan Ini Pada Orang Tuamu

2017.12.18
Sebagai Anak Berbakti, Lakukan Ini Pada Orang Tuamu

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata “Ibu”? Pasti langsung teringat pada sosok seorang perempuan yang sangat berjasa dalam kehidupan kita. Peran dan kasih sayang seorang Ibu yang diberikan pada anaknya tidak bisa diukur dan dibalas dengan apapun. Mungkin sampai saat ini, masih ada di antara kamu yang masih disiapkan bekal untuk dibawa ke sekolah? Itulah salah satu kasih sayang seorang Ibu. Ada pribahasa juga mengatakan, “Kasih sayang seorang Ibu sepanjang masa”, tak pernah ada putusnya.

Ingatkah kamu kalau sebentar lagi, tanggal 22 Desember kita merayakan Hari Ibu? Sebenarnya, tak perlu menunggu tanggal 22 Desember, kamu baru memberikan perhatian spesial atau kado istimewa untuk Ibumu. Hal tersebut bisa saja dilakukan setiap hari untuk menunjukkan rasa sayang pada Ibumu.

Sebagai anak berbakti, coba kamu lakukan beberapa hal ini untuk menyenangkan hati Ibumu.

  1. Komunikasi yang baik

Berbicara soal komunikasi sebenarnya bukan terhadap orang tua saja, kamu harus menjalin komunikasi yang baik, kepada siapapun seyogyanya dapat menjalin sebuah komunikasi yang baik. Karena awal sebuah hubungan antar sesama akan lebih baik jika membangun komunikasi yang baik pula. Pernahkah, orang tuamu merasa khawatir jika kamu tidak ada kabar sehabis pulang sekolah? Mungkin bagimu, hanya main ke rumah teman sebentar rasanya tidak perlu memberi kabar pada Ibumu karena nantinya kamu juga tetap pulang ke rumah. Tapi tahukah kamu kalau Ibumu di rumah menunggumu dengan cemas, karena di jam yang biasanya kamu sudah pulang sekolah, kamu belum sampai rumah. Oleh karenanya, mulailah bangun komunikasi yang baik dengan orang tuamu.

  1. Tunjukkan melalui perbuatan

Tidak selamanya, kasih sayang itu hanya diungkapkan melalui perkataan saja lho. Sesekali kamu juga harus membuktikannya melalui tindakan. Kamu bisa mencoba membuatkan teh atau kopi ketika Ibumu pulang sehabis kerja atau dengan membantu Ibumu memasak di rumah.

  1. Prestasi

Siapa Ibu yang tidak bangga melihat anaknya memiliki prestasi yang cemerlang? Bukan hanya Ibumu saja, bahkan keluarga besarmu pasti ikut bangga melihatnya. Sebagai anak berbakti, tunjukkanlah rasa sayangmu melalui prestasi yang baik selama di bangku pendidikan.

Selain pendidikan formal yang kamu jalani di sekolah, kemampuan bahasa asing kamu juga perlu ditingkatkan lho. Kebayang nggak, kalau kamu bisa mendapat beasiswa ke luar negeri. Pasti betapa bangga dan bersyukurnya hati orang tua kamu melihat anaknya mendapat beasiswa di luar negeri. Sebelum kamu memutuskan mengejar beasiswa ke luar negeri, kamu juga harus memastikan kemampuan bahasa Inggris kamu juga sudah yang terbaik.

Dan masih banyak lagi hal lain yang bisa kamu lakukan atau tunjukkan untuk membahagiakan Ibumu. Apapun itu, lakukanlah yang terbaik untuk mereka. Betapa senangnya jika kita bisa melihat Ibu tersenyum atas perbuatan yang kita lakukan untuk beliau.

Selamat hari Ibu untuk semua Ibu hebat di luar sana.