Resolusi Tahun Baru – New Year’s Resolution

2016.12.31
Resolusi Tahun Baru – New Year’s Resolution

Setiap tahun, ketika tahun baru segera tiba, orang-orang berbicara tentang membuat resolusi tahun baru atau dikenal dalam bahasa Inggris dengan New Year’s Resolution. Apakah itu sebenarnya resolusi tahun baru?

Sebuah resolusi adalah sebuah janji yang kamu buat dengan dirimu sendiri untuk melakukan sesuatu yang baik dan menghentikan sesuatu yang buruk. Sesuai dengan namanya, janji ini harus mulai dilakukan di awal tahun. Misalnya: “Tahun ini saya akan membersihkan kamar tidur sekali seminggu” (This year I will start cleaning my room once a week).

Banyak orang berpikir keras untuk membuat daftar resolusi mereka. Ada yang kesulitan dalam membuat daftarnya, dan ada juga yang memiliki terlalu banyak janji sehingga mereka lupa setengah dari janji-janji mereka. Untungnya, kita bisa mengatur dan memilih sendiri resolusi tahun baru milik kita pribadi.

Bagaimana kalau kita mulai membuat daftar resolusi tahun baru 2017 masing-masing dalam bahasa Inggris? Artikel EF kali ini memberikan beberapa ide resolusi yang bisa kamu tambahkan dalam daftar milikmu:

Beberapa contoh resolusi untuk mengembangkan diri sendiri:

• I would like to say thank you more often
• I will clean up my things and put them where they belong.
• I want to help people in need more
• I want to become better in school

Beberapa contoh resolusi untuk menghentikan kebiasaan buruk:
• I want to stop eating so much candy
• I want to quit smoking
• I want to stop going to bed so late
• I want to stop wasting time on TV

Seperti yang bisa kamu lihat dari beberapa contoh di atas, untuk membuat resolusi tahun baru, kita biasanya menggunakan I will… (saya akan…), I would like to… (saya ingin/mau…), dan I want to… (saya ingin/mau…).

Kalimat yang diawali dengan “I want to…” memiliki arti yang lebih kuat dibandingkan dengan kalimat yang diawali dengan “I would like to…”, yang merupakan versi lebih sopan.

Bagaimana? Apakah kamu puas dengan daftarmu? Mungkin kamu bisa berbagi resolusi dengan keluarga dan sahabat sehingga mereka bisa membantumu mewujudkannya.

Semoga berhasil!