Kenapa Orang Makan Ayam Kalkun pada Hari Thanksgiving?

2015.11.17
Kenapa Orang Makan Ayam Kalkun pada Hari Thanksgiving?

Hari Thanksgiving telah tiba. Orang-orang berkumpul untuk makan bersama keluarga dan sahabat. Apa yang mereka makan? Ayam kalkun! Kenapa mereka makan ayam kalkun dan bukan daging ayam atau daging sapi? Begini ceritanya.

Pada tahun 1620, beberapa Puritan Inggris yang menginginkan revolusi nasional membuat sebuah agama baru yang menarik perhatian para pemimpin di Inggris. Para pemimpin ini tak suka dengan keberadaan agama baru tersebut, dan mencoba menghancurkannya. Oleh sebab diskriminasi ini, para Puritan pun melarikan diri dari negaranya dan mencari wilayah baru. Mereka berlayar melewati Atlantik dan sampai ke benua Amerika.

Pada saat itu, Amerika belum tersentuh pendatang lainnya, dan tak memiliki tanaman pangan. Di sana hanya ada ayam kalkun dan beberapa hewan liar. Pada saat musim dingin, sangat sulit bagi para pendatang untuk hidup. Di saat itulah, bangsa Indian datang membantu dengan mengirimkan makanan dan peralatan untuk bercocok tanam.

Ternyata ayam kalkun merupakan binatang lokal di benua Amerika, dan bangsa Indian sudah menjinakan ayam kalkun sejak lama. Untuk berterima kasih pada bangsa Indian yang telah membantu bangsa Puritan, mereka berburu ayam kalkun dan membuat sajian makanan untuk banggsa Indian. Mereka merayakan pesta untuk merayakan panen bersama.

Sejak saat itu, setiap hari Kamis ke-4 di bulan November, orang-orang berkumpul bersama dan makan ayam kalkun. Tradisi memakan ayam kalkun pada hari raya Thanksgiving berlanjut hingga sekarang.