International Teacher’s Day – Hari Guru Sedunia

2016.10.11
International Teacher’s Day – Hari Guru Sedunia

Coba kamu hitung ada berapa jam selama seminggu yang kamu habiskan di dalam kelas. Kalau kamu masih duduk di bangku sekolah, tentunya sebagian besar waktumu dihabiskan di dalam kelas. Siapakah yang berada di dalam kelas bersamamu dan mengajarkanmu pengetahuan baru? Ya, guru-mu. Bulan Oktober tepatnya tanggal 5 dirayakan sebagai hari Guru Se-dunia. Yuk, cari tahu fakta seru hingga cara mengungkapkan rasa terimakasihmu pada mereka.

 

teacher6Fun Facts

 

Sudahkah kamu menghargai usaha keras gurumu selama ini? Kalau belum sekaranglah saatnya. Di Cina dan Korea Selatan, guru memiliki nilai yang tinggi dan sangat dihargai. Berdasarkan survey dari Varkey Gems Foundations yang mengikutsertakan 21 negara,  berikut daftar 10 negara yang menghargai pekerjaan guru:

 

10. Inggris (United Kingdom)

teacher7

9. Amerika Serikat (United State of America)

8. Belanda (Netherlands)

teacher8

7. Singapura (Singapore)

6. Mesir (Egypt)

5. Selandia Baru (New Zealand)

teacher9

4. Korea Selatan (South Korea)

3. Turki (Turkey)

2. Yunani (Greece)

teacher3 Cina (China)

teacher10

* Di Cina, profesi guru dinilai setara dengan dengan dokter.

 

teacher6West vs East

 

Setiap negara tentu memiliki metode pengajaran yang berbeda. Jika membandingkan satu persatu pasti akan menghabiskan banyak waktu. Untuk itu, kami mencoba merangkum beberapa perbedaan signifikan antara metode pengajaran di negara Barat dan Asia.

  1. Creativity vs. Effort (Kreativitas vs Usaha)

Pendidikan di Asia adalah mengenai usaha dan perjuangan. Siswa mendapatkan banyak pekerjaan rumah dan diajarkan untuk berusaha keras untuk mencapai hasil. Sebaliknya, siswa di negara Barat memiliki waktu luang lebih dan menekankan pada kreativitas individu.

  1. Participation vs Reception (Partisipasi vs Penerimaan)

teacher12

Di Barat, siswa didorong untuk berpartisipasi aktif dalam kelas melalui interaksi dengan guru dan pertanyaan akan pelajaran yang berlangsung. Di Asia, siswa lebih banyak menerima pelajaran yang diberikan dengan sikap yang lebih pasif.

  1. Fulfillment vs Result (Pemenuhan vs Hasil)

Sistem pendidikan di Asia lebih menekankan pada hasil dan bertujuan untuk menghasilkan individu yang produktif. Sedangkan di Barat, siswa memiliki kesempatan untuk memilih pelajaran yang mereka sukai.

 

teacher6Say it!

 

Mengungkapkan rasa terimakasih kepada guru nggak susah, kok! Kamu bisa melakukannya dengan cara sederhana tapi penuh makna, katakan langsung kepada mereka atau ungkapkan rasa terimakasihmu melalui sebuah kartu. Kalau kamu masih bingung, kamu bisa gunakan kutipan inspiratif berikut ini:

teacher4

teacher2

teacher

Jangan lupa buat katakan “Happy Teacher’s Day” untuk semua gurumu, ya!

 

Referensi:

http://www.huffingtonpost.com/2013/10/03/countries-respect-teacher_n_4032354.html

https://www.thepensters.com/blog/west-east-education/

World Teacher’s Day 2016: 10 heart-warming and inspirational quotes about teachers