Tips Sukses Ujian TOEFL dan IELTS

2016.10.18
Tips Sukses Ujian TOEFL dan IELTS

Tes TOEFL dan IELTS nggak hanya diperlukan buat mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Sekarang, semakin banyak perusahaan yang mencantumkan minimal skor kedua tes ini dalam persyaratan proses seleksi mereka. Untuk, itu TOEFL dan IELTS menjadi salah satu ujian Bahasa Inggris yang penting. Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri mengikuti ujian ini, jangan khawatir. Relax!

EF punya tips khusus yang dapat membantumu mempersiapkan diri mengikuti ujian ini dan berhasil:

 

toefl Familiarize yourself with question types

Baik TOEFL maupun IELTS memiliki format umum yang dapat kamu pelajari. Contohnya: dalam tes TOEFL bagian membaca, tipe pertanyaannya berbentuk pilihan ganda. Untuk berhasil pada bagian ini kamu dapat menggunakan strategi skimming dan scanning agar waktumu tidak terbuang banyak pada bagian ini. Baca juga TIPS Scanning dan Skimming DI SINI! Sedangkan pada tes IELTS, kamu perlu lebih memperhatikan bagian isian.

Agar sukses dalam ujian, kamu perlu mengenal dengan baik setiap bagian pada tes yang akan kamu ikuti. Perhatikan waktu, jumlah kata yang diperbolehkan dan persyaratan khusus lainnya. Strategi pengisian tes juga perlu kamu pelajari baik-baik. Ini semua dapat kamu peroleh melalui buku persiapan maupun mengikuti kursus khusus persiapan tes.

 

toefl Do practices

 

“Practice makes perfect.”

Setelah memahami tes yang akan kamu ikuti, kamu perlu berlatih. Empat area penting yang perlu kamu latih dalam bahasa Inggris adalah listening, reading, writing dan speaking. Latihan soal merupakan salah satu cara mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL dan IELTS. Semakin kamu terbiasa menjawab tipe soal yang serupa dengan tes sesungguhnya, membuatmu lebih tenang dalam mengerjakan tes nantinya.

 

toefl Find an advisor

toefl3

Advisor yang dimaksudkan adalah guru bahasa Inggris ataupun teman yang dapat dipercaya untuk membantumu berlatih. Tidak ada salahnya belajar sendiri namun akan lebih baik kalau kamu dapat memperoleh pengetahuan langsung dari penutur asli (native speaker) maupun seseorang yang berpengalaman. Mereka dapat membantumu memberi saran, motivasi hingga mengkoreksi pekerjaanmu.

 

toefl Get accustomed to the exam schedule

Tes TOEFL memakan waktu kurang lebih 4 jam sedangkan IELTS 3 jam. Selama kamu mengerjakan tes ini kamu tidak diperbolehkan untuk meninggalkan ruangan pada 2 jam pertama. Kalaupun  terdesak untuk pergi ke kamar kecil maka waktu pengerjaan tes-pun jadi terbuang. Nah, kamu perlu terbiasa dengan lamanya waktu pengerjaan ini. Ini bisa kamu lakukan dengan berlatih sendiri seakan-akan kamu mengikuti tes sesungguhnya atau kamu dapat mengikuti tes percobaan yang ada.

 

toefl Try and relax!

Tips terakhir ini terlihat sederhana namun sangat penting. Siapapun pasti akan merasa stress ketika menghadapi ujian. Coba temukan cara yang dapat membantumu merasa santai ketika menghadapi sesuatu yang membuatmu tertekan. Ingat kembali latihan yang sudah kamu lakukan dan jangan panik ketika menghadapi pertanyaan yang tidak terduga.

Agar persiapan ujianmu lebih maksimal kamu perlu tahu lebih lagi tentang TOEFL dan IELTS. Untuk itu baca juga artikel EF Blog yang menjelaskan mengenai kedua tes ini DI SINI!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_0d11c33278cadb4875bbb2ff8c47c73b', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_0d11c33278cadb4875bbb2ff8c47c73b', '1574039851', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)