Tips Jitu Mengingat Kosakata Bahasa Inggris

2019.08.01
Tips Jitu Mengingat Kosakata Bahasa Inggris

Bahasa Inggris memiliki banyak sekali vocabulary (kosakata). Vocabulary tentu penting ketika kamu belajar bahasa Inggris karena digunakan dalam writing (menulis) dan speaking (berbicara). Nah, bagaimana caranya agar kamu selalu ingat vocabulary bahasa Inggris? Berikut tips jitu mengingat kosakata bahasa Inggris.

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

1. Teknik Memori

Cara yang populer untuk mengingat kosakata adalah dengan menggunakan metode mnemonic, yaitu cara singkat secara mental untuk mengingat konsep atau kata-kata yang rumit. Kamu bisa membuat asosiasi antara kata-kata ataupun dengan membuat akronim seperti contohnya: untuk mengingat daftar belanjaan saat pergi ke toko (STORE) mengingat Spaghetti, Tomatoes, Olives, Rice, Eggs. Satu masalah dari cara ini adalah kamu harus masih mengingat akronim, lagu, atau asosiasi yang digunakan. Akan tetapi dengan sedikit latihan, kamu akan menjadi lebih pintar dengan menciptakan hal-hal kreatif dan dapat menghubungkan kata yang berguna. Selain itu, semakin lama kamu memikirkan akronim atau asosiasinya, semakin mudah juga kamu mengingat kata-kata yang muncul dari asosiasi atau akronim tersebut.

2. Manfaatkan flashcard

Flashcard atau kartu flash dapat membantumu untuk mengingat kosakata dengan cepat. Cara bermainnya pun mudah. Cetak flashcards yang sudah kamu unduh atau download. Kamu bisa mendapatkan flash cards secara gratis di sini. Tutup kartu dan pisahkan antara kartu gambar dengan kartu tulisan. Kemudian ambil satu kartu gambar dan satu kartu tulisan. Jika gambar dan tulisan cocok, maka kamu bisa mengambil kedua kartu tersebut. Namun, jika tidak cocok anak harus mengembalikkan kedua kartu dan mencobanya kembali.

3. Bermain games 

Permainan seperti scrabble terbukti dapat membantumu dalam mengingat kosakata dan mendapatkan kosakata baru. Ketika kamu bermain scrabble, kamu bisa menggunakan bantuan kamus sehingga tabungan kosakata kamu bertambah banyak.

4. Membaca buku dan menonton film

Buku dan film merupakan sumber yang baik untuk menambah kosakata baru sekaligus mengingat kosakata. Selain itu, buku dan  juga membantu kamu mengingat kosakata karena mereka selalu diasosiasikan dengan adegan, orang, atau acara di kehidupan nyata. Jadi, kamu bisa membaca buku atau menonton bioskop dalam bahasa asing (dengan subtitles) dan mencari tau apa maksud kata-kata tersebut. Jika kamu mendengar atau melihat kosakata yang belum pernah kamu ketahui, catat kosakata tersebut dan cari tau artinya di kamus.

5. Praktik langsung

Meskipun kamu sudah mengingat banyak kosakata, tidak ada artinya jika kamu tidak pernah menggunakannya secara langsung karena lama-kelamaan kamu akan lupa. Jika kamu malu mempraktikkan dengan orang lain, coba praktikan di lingkungan keluarga terlebih dahulu.

6. Terus berlatih

Practice makes perfect. Semakin sering kamu berlatih, semakin mudah bagi kamu untuk mengingat dan menguasai kosakata-kosakata baru.

Itu dia enam tips jitu mengingat kosakata bahasa Inggris yang bisa kamu coba sekarang. Selamat mencoba EFriends!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_dbb955f84afcba638e933b4352f9eb5f', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_dbb955f84afcba638e933b4352f9eb5f', '1576114089', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)