Trik Menyelesaikan Tugas Dengan Efektif

2019.07.16
Trik Menyelesaikan Tugas Dengan Efektif

“Tugas ini dikumpulkan besok. Jangan sampai telat,” kata guru Matematika. “Anak-anak, buat tulisan tentang liburan sekolah besok dikumpulkan ya,” kata guru bahasa Inggris. Pernahkah kamu mendapat tugas sekolah yang diberikan gurumu berturut-turut? Pasti sering kan. Menjadi seorang murid memang disibukkan dengan berbagai macam tugas sekolah. Tapi, asalkan kamu tau cara mengerjakan tugas dengan efisien, kamu bisa menyelesaikan tugas dengan cepat. Mau tau bagaimana caranya? Simak tips and trick berikut ini yaa.

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

 

Jauhkan hal-hal yang mengganggu 

Selain melawan rasa malas, jangan biarkan pikiranmu terganggu untuk hal-hal yang tidak penting. Matikan tv dan jauhkan hp kamu karena dua benda ini menyita perhatian dan menyebabkan kamu tidak bisa berkonsentrasi mengerjakan tugas. Kamu bisa meminta orang tua atau adik kamu untuk menyimpan hp kamu untuk sementara waktu. Jika kamu mengerjakan tugas menggunakan laptop atau komputer, log out dari semua sosial media yang kamu miliki.

Buat prioritas

Jika kamu mendapat tugas lebih dari satu, buat prioritas mana tugas yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Kerjakan dari tugas yang menurut kamu paling mudah dikerjakan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak akan membuang banyak waktu untuk mengerjakan tugas.

Targetkan waktu

Paksakan dirimu untuk memenuhi target waktu. Tetapkan berapa lama kamu bisa mengerjakan satu tugas. Berapa soal atau paragraf yang bisa kamu kerjakan dalam waktu satu jam. Lalu beri penilaian apakah menurut kamu terlalu cepat atau terlalu lambat. Jika terlalu lambat, maka kamu harus meningkatkan temponya.

Jangan lupa istirahat

Jangan mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam karena hasilnya tidak akan maksimal. Dan jangan juga mengerjakan tugas tengah malam karena akan mengganggu kesehatanmu. Setelah selesai mengerjakan tugas, jangan lupa beristirahat. Bila perlu, berikan hadiah kecil untuk dirimu sendiri seperti membeli camilan kesukaanmu.

Itu dia empat tips menyelesaikan tugas dengan efektif. Selamat mencoba EFriends!