Tips Sukses Menghadapi Ujian

2019.04.29
Tips Sukses Menghadapi Ujian

Hi EFriends, sebentar lagi musim ujian tiba. Bagaimana persiapanmu menghadapi ujian nanti? Sudah siap? Tips berikut ini bisa membantu kamu agar sukses mengerjakan ujian nanti.

Tips Sukses Menghadapi Ujian

1. Belajar Dari Jauh-Jauh Hari

taking notes

Siapa yang masih belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS)? Apakah kamu tau, SKS itu bisa membuat kamu kekurangan waktu untuk istirahat dan malah membuat kamu kehilangan fokus ketika ujian loh. Kurang istirahat membuat asupan oksigen ke otak berkurang sehingga kinerja otakmu melambat. Jadi, kamu akan sering kehilangan fokus ketika mengerjakan soal ujian dan membuat soal-soal yang mudah terasa sulit. Mulailah belajar dari jauh-jauh hari agar kamu memiliki waktu istirahat yang cukup sehingga kinerja otakmu menjadi maksimal.

Biasakan untuk membuat catatan belajar tentang materi yang sudah kamu pelajari. Cara ini akan membuat kamu terus mengingat materi yang sudah kamu pelajari. Buatlah catatan kamu semenarik mungkin misalnya dengan memberikan warna-warna atau stiker-stiker. Dengan begitu kamu tidak akan bosan membaca catatan dan kamu akan mudah mengingat materi

2. Perbanyak Latihan Soal

Latihan soal penting karena bisa meningkatkan kemampuan kamu untuk menjawab berbagai jenis soal yang kemungkinan akan keluar di ujian. Semakin banyak kamu tau jenis-jenis soal, semakin besar peluang kamu untuk menaklukan soal-soal ujian. Kamu bisa menemukan latihan soal bahasa Inggris di sini.

3. Atur Pola Tidur dan Jaga Kesehatan

Menjelang ujian, ada baiknya kamu menjaga asupan gizi agar kamu terhindar dari penyakit. Pastikan kamu makan makanan bergizi dan bila perlu, minum multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sempatkan untuk  Kamu juga harus menghindari begadang ya EFriends. Kurang tidur akan menurunkan kemampuan otakmu sehingga kamu jadi sulit fokus dan bahkan tidak bisa mengerjakan soal.

4. Tenang

Memang, ujian membuat hati deg-degan dan tidak tenang. Tapi, cobalah untuk tetap tenang dan yakin kamu bisa menyelesaikan ujian dengan baik. Kamu bisa mencoba menghirup aroma terapi kesukaanmu agar kamu lebih rileks. Pikiran yang tenang akan memudahkan kamu memahami dan menjawab soal.

5. Membayangkan Liburan yang Akan Datang

holiday academy

Setelah kamu bekerja keras mempersiapkan ujian, kamu berhak mendapatkan liburan yang menyenangkan. Apakah kamu tau, membayangkan liburan akan menambah semangat belajar kamu loh!  Salah satu kegiatan liburan sekolah seru yang bisa kamu ikuti adalah Holiday Academy.

Di Holiday Academy, tidak hanya minat dan bakatmu saja yang akan diasah kemampuan bahasa Inggris kamu juga akan dilatih. Sehingga bekal untuk meraih cita-citamu semakin kuat. Holiday Academy memiliki lima program liburan sekolah menarik yang bisa kamu pilih yaitu; Storytellers (untuk usia 3-7 tahun), Phonics (untuk usia 4-7 tahun), dan On Stage (untuk usia 9-17 tahun). Ketiga program ini akan kemampuanmu dalam mendengar, berbicara sekaligus meningkatkan kepercayaan diri kamu melalui bermain peran.

Kemudian ada program Reading Science (untuk usia 9-13 tahun) dan Writers Guild (untuk usia 11-13 tahun). Kedua program ini dirancang untuk mengasah kemampuan kamu dalam memahami teks ilmiah dan membuat berbagai macam tulisan. Tak ketinggalan kegiatan eksperimen ilmiah seru yang mengasah kemampuan percakapan kamu.

Jika kamu bosan dengan liburan yang itu-itu saja, Holiday Academy menjadi kegiatan yang terbaik untuk kamu.  Yuk segera ikutan dan klik Holiday Academy untuk mendapatkan harga spesial mulai dari Rp 725 ribu!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_1f58d5226119d3dfa59cde172e2753b1', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_1f58d5226119d3dfa59cde172e2753b1', '1571358428', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)