Tips Mudik Nyaman Bersama Anak

2019.05.23
Tips Mudik Nyaman Bersama Anak

Libur lebaran sebentar lagi tiba. Bagi sebagian keluarga, mudik menjadi tradisi yang tidak terlewati ketika lebaran. Apakah Anda akan mudik tahun ini? Jika iya, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh. Apalagi, jika Anda mudik bersama anak. Yuk simak tips berikut ini agar perjalanan mudik bersama anak berjalan lancar dan nyaman.

5 Tips Mudik Nyaman Dengan Anak

1. Periksa Kondisi Kendaraan

checking car

Jika Anda mudik dengan kendaraan, pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima ya. Karena kondisi kendaraan yang baik sangat berpengaruh kepada keselamatan Anda dan keluarga. Sebelum berangkat, bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk melakukan pengecekan fisik dan mesin. Pastikan juga kondisi ban cadangan juga dalam keadaan baik ya.

2. Siapkan Kondisi Fisik yang Sehat

healthy boy

Perjalanan mudik yang panjang membutuhkan kondisi badan yang sehat. Oleh karena itu, pastikan kondisi anak dalam kondisi yang sehat sebelum berangkat. Jangan mudik ketika kondisi anak sedang tidak sehat karena kondisi anak bisa saja memburuk di perjalanan. Berikan vitamin minimal 2 minggu sebelum mudik untuk meningkatkan daya tubuh anak.

3. Persiapkan Perlengkapan Anak

packing time

Perlengkapan anak adalah hal yang tidak boleh ketinggalan ketika mudik. Nah, agar tidak ada yang ketinggalan, buatlah daftar barang yang akan dibawa secara detil. Contoh perlengkapan yang tidak boleh ketinggalan adalah baju, obat-obatan, perlengkapan mandi, mainan, dan cemilan. Bagilah perlengkapan tersebut ke dalam 2 tas; satu tas diletakkan di bagasi, satunya lagi diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. Di tas yang mudah dijangkau, persiapkan beberapa baju-baju ganti yang berbahan nyaman, lembut, dan mudah menyerap keringat, obat-obatan seperti minyak kayu putih atau telon, plester, dan obat anti mabuk, tabir surya, cemilan untuk anak, selimut dan kaos kaki untuk antisipasi jika anak kedinginan, dan hiburan untuk anak seperti buku dan mainan.Jangan lupa siapkan minuman agar terhindar dari dehidrasi selama perjalanan. Bila perlu bawa cooler box agar minuman/makanan tetap terjaga kesegarannya. Agar anak semakin nyaman di perjalanan, siapkan juga bantal dan boneka kesukaannya.

4. Pilih Waktu Mudik yang Tepat

kid with map

Pilih waktu keberangkatan ketika anak biasanya istirahat, misal ketika jam tidur siang. Karena selain mengurangi kemungkinan anak rewel, berangkat di siang hari cenderung lebih aman karena Anda akan lebih berkonsentrasi dan lebih waspada terhadap situasi dan kondisi di jalan.

5. Jangan Paksakan Diri

Ketika Anda sudah mulai lelah di jalan, jangan paksakan diri untuk melanjutkan perjalanan karena akan meningkat resiko berbahaya selama di perjalanan. Lebih baik Anda beristirahat terlebih dahulu di tempat peristirahatan atau di penginapan. Jika kondisi sudah bugar, baru lanjutkan perjalanan.

Jika Anda tidak mudik, Anda bisa mengikuti program Holiday Academy. Holiday Academy adalah program yang dirancang oleh EF khusus untuk liburan sekolah. Di Holiday Academy, tidak hanya minat dan bakat anak saja yang akan diasah kemampuan bahasa Inggris anak juga akan dilatih. Sehingga bekalnya untuk meraih cita-cita semakin kuat. Anda bisa mengikutsertakan anak Anda untuk mengikuti program Storytellers (untuk usia 3-7 tahun), Phonics (untuk usia 4-7 tahun), dan On Stage (untuk usia 9-17 tahun), Reading Science (untuk usia 9-13 tahun) dan Writers Guild (untuk usia 11-13 tahun). Yuk segera ikutan dan klik Holiday Academy untuk mendapatkan harga spesial mulai dari Rp 725 ribu!